Home » Seputar Logistik » Takut kirim Salah Alamat? Ini Cara Cek Barang Melalui Resi

Takut kirim Salah Alamat? Ini Cara Cek Barang Melalui Resi

cara cek barang melalui resi

Ketika Anda melakukan pengiriman barang, seringkali merasa khawatir jika barang belum sampai di alamat tujuan. Biasanya jasa pengiriman menyediakan layanan tracking untuk melacak lokasi barang. Untuk cek barang, Anda bisa menggunakan nomor resi pemesanan. Lalu bagaimana cara cek barang melalui resi? Cara cek barang melalui resi sangat penting, supaya saat barang yang dikirim hilang, delay, maupun terjadi kerusakan selama proses pengiriman, Anda bisa langsung mengetahuinya. Dalam artikel berikut, kami akan menjelaskan apa itu nomor resi, fungsi nomor resi dan juga cara cek barang melalui resi. Untuk itulah, simak terus pembahasan kami dibawah ini.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Packing Barang dengan Prosedur yang Aman

Apa itu Nomor Resi?

Ketika seseorang kirim barang melalui jasa pengiriman barang, biasanya mereka akan mendapatkan nomor resi. Nomor resi merupakan nomor unik yang didapatkan saat melakukan proses pengiriman maupun menerima barang.  Nomor resi menjadi identitas paket dan berfungsi untuk melacak keberadaan barang selama proses pengiriman. Saat melakukan pengiriman barang, menerima barang maupun belanja online, Anda akan mendapatkan nomor resi.  Cara cek barang melalui resi bisa dilakukan dengan tiga cara seperti melalui website perusahaan jasa pengiriman, aplikasi, maupun dengan menghubungi Customer Service jasa pengiriman. Nomor resi biasanya terdiri dari campuran huruf dan angka ataupun berupa angka saja. Biasanya nomor resi ini terletak di bagian bawah lembar bukti pengiriman. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Inventory Control, Fungsi, dan Tugasnya 

Apa Saja Fungsi Nomor Resi? 

Sebagai nomor identitas barang saat dikirim, nomor resi mempunyai fungsi diantaranya : 

Lokasi Paket

Nomor resi berfungsi untuk mengetahui lokasi paket mulai dari gudang, selama perjalanan, sampai dengan mengetahui bahwa paket sudah sampai di alamat tujuan.

Rincian Pengiriman

Nomor resi berfungsi memberikan informasi tentang rincian pengiriman mulai dari nama pengirim, nama penerima, alamat pengirim dan tujuan pengiriman, nomor telepon pengirim dan informasi lainnya. 

Status Pengiriman

Nomor resi juga berfungsi untuk mengetahui status pengiriman. Apakah barang sudah dikirim dan dalam proses pengiriman sampai dengan mengetahui bahwa barang sudah sampai 

Tanggal Pengiriman

Nomor resi juga memberikan informasi tanggal paket diterima oleh jasa pengiriman dan juga perkiraan paket tiba di alamat tujuan. Dengan mengetahui nomor resi pengiriman, Anda bisa melakukan pelacakan barang dan memastikan bahwa paket tiba sesuai dengan perkiraan. 

3 Cara Cek Barang Melalui Resi 

Untuk cek barang melalui resi, Anda bisa melakukannya dengan 3 cara yaitu melalui website, aplikasi, atau dengan langsung menghubungi CS jasa pengiriman. Berikut ini adalah informasi lengkap cara cek barang melalui resi : 

1. Cara Cek Barang Melalui Resi via Website

Untuk cek barang melalui resi via website resmi caranya sangat mudah, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan : 

  • Kunjungi website resmi jasa ekspedisi yang Anda gunakan untuk membantu pengiriman barang.
  • Cari kolom “Cek Resi” maupun kolom “Lacak Barang”
  • Selanjutnya masukkan nomor resi pengiriman yang Anda dapatkan saat melakukan pemesanan. 
  • Klik tombol “Lacak Barang”
  • Secara otomatis website akan memberikan informasi tentang status pengiriman.

2. Cara Cek Barang Melalui Resi via Aplikasi

Selain cek barang melalui resi via website, Anda juga bisa cek sistem pelacakan barang melalui aplikasi, jasa ekspedisi cargo murah  kami juga memberikan banyak kemudahan mulai dari penjemputan barang, layanan packing barang dan juga asuransi pengiriman. Pesan layanan Tropack kami dengan mudah melalui aplikasi Troben sekarang! resi melalui aplikasi. Jika aplikasi yang digunakan berbasis aplikasi, tentu sangat memudahkan proses pelacakan. Berikut ini adalah cara cek barang melalui resi yang bisa Anda lakukan : 

  • Unduh aplikasi resmi dari jasa ekspedisi yang digunakan
  • Jika aplikasi sudah terinstall, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran.
  • Jika sudah terdaftar, silahkan masuk di aplikasi dan cari menu “Cek Resi”
  • Selanjutnya masukkan nomor resi pengiriman.
  • Terakhir, silahkan klik tombol “Lacak Barang”.
  • Dengan begitu, Anda akan mengetahui informasi lokasi barang terupdate. 

3. Cara Cek Barang Melalui Resi via Customer Service 

Cara cek barang melalui resi yang terakhir bisa dilakukan dengan menghubungi Customer Service jasa pengiriman. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan : 

  • Pada halaman website jasa pengiriman tersedia nomor CS untuk bertanya maupun melakukan pemesanan.
  • Hubungi kontak layanan tersebut via WhatsApp maupun telepon
  • Setelah terhubung, berikan nomor resi pengiriman Anda dan minta informasi terkini status pengiriman barang
  • CS jasa pengiriman akan memberikan informasi terupdate yang Anda butuhkan. 

Penutup

Dengan mengetahui cara cek barang melalui resi. Anda tak perlu khawatir bila barang belum sampai selama proses pengiriman. Anda mencari jasa ekspedisi murah yang menyediakan layanan pelacakan barang mudah dari aplikasi? Troben jawabannya! Troben merupakan perusahaan logistik dan cargo berbasis aplikasi di Indonesia. Melalui aplikasi cargo Ekspedisi, Anda bisa melakukan pemesanan dengan mudah sampai dengan cek resi barang melalui resi via aplikasi.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel