Home » Seputar Logistik » 5 Cara Cepat Packing Barang dengan Prosedur yang Aman

5 Cara Cepat Packing Barang dengan Prosedur yang Aman

5 Cara Cepat Packing Barang dengan Prosedur yang Aman

Mempacking sebuah barang perlu memerlukan keahlian khusus dengan berbagai macam pendukung untuk membantu proses packing barang secara optimal. Sebuah packingan tidak bisa dibuat secara asal-asalan karena dalam proses pengirimannya, barang tersebut akan dikirimkan bersamaan dengan barang milik orang lain.

Hal tersebut, mengharuskan Anda untuk mengetahui bagaimana cara cepat packing barang dengan prosedur yang aman. Walaupun dalam mempacking barang membutuhkan ketelitian dan tingkat keamanan yang tinggi yang harus kita perhatikan, cara mempacking dengan efisien juga perlu Anda terapkan agar tidak memakan waktu dalam membuat packingan.

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda terapkan dalam mempacking barang yang akan engkau kirimkan ke alamat tujuan!

Cara Cepat Packing Barang dengan Beberapa Langkah yang Wajib Anda Ketahui

Cara Cepat Packing Barang dengan Beberapa Langkah

Cara Cepat Packing Barang dengan Beberapa Langkah Mudah

Sebelum mengirimkan barang yang Anda miliki kepada pihak jasa pengiriman barang, Anda harus terlebih dahulu mempacking barang yang akan Anda kirimkan untuk menjaga keamanan barang selama masa pengiriman barang. Penjelasan dibawah ini adalah cara cepat packing barang yang bisa Anda lakukan: 

1. Persiapkan Kemasan yang Sesuai Dengan Ukuran Barang

Langkah pertama  cara cepat packing barang yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan sebuah kemasan yang nantinya akan Anda pakai untuk mempacking barang yang akan Anda kirimkan. Pastikan kemasan yang Anda persiapkan memiliki ukuran yang sesuai dengan barang yang akan Anda kirimkan.

Tujuan dilakukannya hal tersebut, untuk meminimalisir adanya ruang kosong yang ada didalam space packingan. Apabila terdapat sebuah ruang kosong yang ada di dalam packingan akan menimbulkan barang yang ada di dalam packingan memiliki ruang gerak dan meningkatkan resiko terjadinya benturan barang terhadap lapisan packaging.

Baca Juga: 9 Langkah Cara Packing Barang Pecah Belah Dijamin Aman!

2. Gunakan Bubble Wrap Sebagai Pelapis

Cara kedua cara cepat packing barang yang perlu Anda lakukan adalah gunakan bubble wrap sebagai pelapis untuk memberikan pengamanan yang lebih aman terhadap barang yang Anda packing. Bubble wrap merupakan sebuah bahan untuk mempacking barang yang terbuat dari plastik yang memiliki tekstur gelembung di seluruh lapisan.

Gelembung udara yang ada di seluruh lapisan bubble wrap sangat bisa untuk membantu Anda dalam melindungi lapisan packaging yang Anda miliki. Biasanya lapisan bubble wrap akan digulung hingga beberapa lipatan untuk membuat lapisan yang tebal dan bisa melindungi barang packingan Anda untuk menghindari terjadinya kerusakan akibat benturan.

Baca Juga: Cara Packing Barang Besar, Mudah Dikirim dan Aman

3. Bungkus Barang Secara Terpisah

Langkah ketiga cara cepat packing barang yang bisa Anda lakukan adalah, membungkus barang secara terpisah dan tidak ditumpuk secara bersamaan di dalam satu wadah tempat. Penggunaan langkah ini untuk mencegah terjadinya gesekan antar barang yang dapat membuat sebuah barang menjadi rusak saat proses pengiriman barang.

Bungkus barang yang Anda miliki secara terpisah dengan peletakan yang teratur, Anda bisa membungkus setiap barang packingan Anda dengan ukuran yang kecil, agar memberikan ruang yang banyak untuk nantinya diisi oleh barang lain. Barang-barang berbentuk cairan dan mudah pecah lebih baik di packing secara terpisah.

Baca Juga: 5 Cara Packing Kayu yang Aman Untuk Kirim Barang

4. Gunakan Wadah yang Kuat

Dalam usaha untuk menjaga keamanan barang yang ada di dalam packaging, perlu diperhatikan penggunaan wadah maupun kemasan untuk nantinya digunakan sebagai tempat untuk mempacking barang. Semakin kuat wadah yang Anda gunakan, dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan terhadap lapisan packaging maupun barang.

Beberapa jenis wadah yang bisa Anda gunakan antara lain seperti, plastik, kardus, styrofoam hingga packingan dari kayu. Semua hal tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah packingan yang aman dan beberapa barang tersebut bisa Anda kombinasikan untuk memberikan keamanan extra terhadap barang bawaan Anda.

Baca Juga: 8 Cara Packing Paket yang Aman Untuk Kirim ke Luar Kota 

5. Pastikan Packingan Terjaga dengan Baik

Selalu lakukan double checking terhadap packingan yang akan Anda kirimkan. Pastikan lapisan packaging yang Anda gunakan sudah aman dan tidak ada minus cacad maupun kerusakan pada packingan yang sudah Anda buat. Jangan sampai terjadi adanya kebocoran atau bolongan pada packingan.

Hal tersebut perlu dihindari karena bisa merusak barang yang ada di dalam packingan tersebut. Pastikan packingan yang Anda buat sudah terpacking dengan baik secara rapi dan sudah rapat dari segala sisi packingan, Anda bisa menggunakan perekat seperti selotip maupun lem untuk merekatkan lapisan packingan.

Baca Juga: 6 Cara Packing Komputer & PC Agar Tidak Rusak Sampai Tujuan

Penutup

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk cara cepat packing barang, Anda bisa meminta bantuan teman maupun keluarga Anda untuk membantu Anda dalam melakukan proses packing barang agar cepat selesai. Semakin banyak personil yang membantu Anda, semakin cepat juga pengerjaan yang Anda lakukan.

Jangan lupa untuk menggunakan jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya agar Anda tidak perlu khawatir terhadap kondisi barang yang Anda kirimkan. Salah satu jasa pengiriman barang terpercaya yang bisa Anda gunakan adalah Troben. Pengiriman barang yang kami tawarkan meliputi seluruh daerah di Indonesia dengan tarif ongkir yang murah.

Gunakan jasa pengiriman barang kami sekarang juga! Anda bisa mendownload aplikasi cargo di App store dan aplikasi pengiriman cargo di Google Play secara gratis. 

Baca Juga: 5 Cara Packing Sepatu Untuk Dikirim Agar Aman Sampai di Tujuan 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel