Home » Seputar Logistik » 5 Cara Ekspor Daun Pisang: Negara Tujuan dan Harga Terbaik

5 Cara Ekspor Daun Pisang: Negara Tujuan dan Harga Terbaik

cara ekspor daun pisang

Daun pisang merupakan daun berasal dari tanaman pisang. Daun pisang ini memiliki berbagai fungsi seperti membungkus makanan hingga memberikan aroma khas pada makanan. Sehingga tidak jarang banyak orang penasaran bagaimana cara ekspor daun pisang dikarenakan semakin banyaknya permintaan dari luar negeri.

Daun pisang memiliki ukuran, kelenturan hingga nilai estetik sehingga sangat cocok untuk berbagai kegunaan. Daun pisang menjadi komoditi eksklusif di berbagai benua seperti Asia, Australia hingga Amerika.

Sehingga potensi bisnis ekspor daun pisang sangat besar. Bagi Anda yang ingin ekspor bahan tersebut, penting untuk mengetahui cara mengekspor. Daun pisang bisa digunakan sebagai wadah atau pembungkus makanan. Anda juga bisa membuat makanan dengan cara dikukus menggunakan daun pisang.

Makanan akan memiliki aroma rasa khas jika dibungkus hingga dikukus menggunakan daun pisang. Pisang tumbuh subur di negara tropis seperti di Indonesia.

Sedangkan hidangan dengan menggunakan daun pisang banyak disukai berbagai negara seperti seperti Jepang, Amerika hingga Jerman sehingga perlu mengimpornya dari negara penghasil pisang seperti Indonesia. Nah melalui artikel ini kami akan membagikan informasi mengenai cara ekspor daun pisang ecara lengkap.

Baca Juga: 3 Cara Ekspor Arang Briket: Negara Tujuan Harga Terbaik 

5 Cara Ekspor Daun Pisang 

cara ekspor daun pisang

langkah-langkah cara ekspor daun pisang

Untuk Anda yang berencana memulai bisnis ekspor daun pisang. Berikut ini adalah beberapa cara ekspor daun pisang supaya prosesnya berjalan dengan lancar, diantaranya : 

1. Siapkan Daun Pisang Berkualitas

Cara ekspor daun pisang pertama, pastikan daun pisang yang akan diekspor memiliki kualitas baik. Pilih daun segar, tanpa cacat atau kerusakan. Hindari daun terlalu tua atau terlalu muda. Kualitas produk baik akan meningkatkan daya saing di pasar internasional. 

Daun pisang memiliki berbagai jenis, seperti pisang raja, pisang hias, atau daun pisang untuk keperluan upacara. Pilih jenis daun sesuai dengan permintaan pasar tujuan ekspor Anda. Lakukan riset pasar untuk memahami preferensi pelanggan di negara menjadi target ekspor.

2. Temukan Buyer Terpercaya

Setelah daun pisang siap, selanjutnya adalah mencari buyer atau pembeli di luar negeri. Buyer dapat ditemukan melalui berbagai cara, seperti melalui internet, mengikuti pameran perdagangan, atau melalui jasa konsultan ekspor.

3. Pastikan Memiliki Izin Usaha Ekspor

Ekspor daun pisang harus dilengkapi dengan izin ekspor dari pemerintah. Izin ekspor dapat diperoleh dari Kementerian Perdagangan atau Kementerian Pertanian.

Baca Juga: 5 Cara Kirim Paket Koper Aman Sampai Tujuan

4. Gunakan Jasa Pengiriman Ekspor Terpercaya

Pilihlah jasa pengiriman terpercaya serta mempunyai pengalaman untuk mengirimkan barang ke luar negeri. Jasa pengiriman yang terpercaya akan memastikan bahwa barang Anda sampai ke tujuan dengan selamat.

Anda bisa mencari layanan pengiriman yang dapat dipercaya untuk mendapatkan tarif ekspedisi yang lebih terjangkau. Cara ekspor daun pisang ini juga menuntut Anda untuk menyelesaikan dokumen yang diperlukan, seperti formulir purchase order hingga informasi perencanaan ekspor. Beberapa dokumen tambahan, seperti daftar kemasan, faktur komersial, bukti pembayaran bea cukai juga harus dilengkapi.

5. Menentukan Layanan Pengiriman

Cara ekspor daun pisang terakhir, pilihlah perusahaan pengiriman ekspor sesuai dalam melaksanakan proses ekspor dengan sukses, serta pastikan kelancaran pengalaman pengiriman. Terdapat berbagai metode pengiriman ekspor, seperti : 

Door to Door

Proses pengiriman dimulai dengan pengirim (eksportir) mengambil barang dan mengirimkannya ke gudang pembeli (importir) di luar negeri.

Port to Port

Mulai dari pelabuhan keberangkatan hingga pelabuhan di negara penerima, proses pengiriman ini diurus oleh layanan pengiriman. Di sisi lain, tugas Anda adalah mengorganisir transportasi dari gudang atau tempat penyimpanan. Setelah sampai di pelabuhan tujuan, pembeli (importir) kemudian memegang tanggung jawab untuk proses pengeluaran dan pembongkaran muatan.

Baca Juga: 5 Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri 

Syarat Ekspor Daun Pisang

Syarat Ekspor Daun Pisang

syarat melakukan ekspor daun pisang

Setelah mengetahui cara ekspor daun pisang, Anda perlu mengetahu syaratnya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Persyaratan kualitas

Daun pisang yang akan diekspor harus memenuhi persyaratan kualitas yang ditetapkan oleh negara tujuan. Persyaratan kualitas tersebut meliputi ukuran, kebersihan, dan kesegaran.

Ukuran daun pisang yang umum digunakan untuk ekspor adalah 50 cm x 70 cm. Daun pisang harus bersih dan bebas dari kotoran, debu, serta hama. Kualitas juga harus segar dan tidak busuk.

2. Persyaratan fitosanitasi

Daun pisang yang akan diekspor harus memenuhi persyaratan fitosanitasi yang ditetapkan oleh negara tujuan. Persyaratan fitosanitasi tersebut meliputi batas toleransi residu pestisida, persyaratan label dan tanda, serta ketentuan pengemasan.

Batas toleransi residu pestisida adalah jumlah residu pestisida yang masih diperbolehkan berada pada daun pisang. Persyaratan label tanda adalah informasi yang harus dicantumkan pada label daun pisang, seperti nama produk, nomor izin edar, hingga negara asal. Ketentuan pengemasan adalah standar pengemasan yang harus dipenuhi untuk melindungi daun pisang dari kerusakan selama proses pengiriman.

Baca Juga: 6 Cara Membungkus Paket dengan Kardus, Anti Ribet!

3. Izin ekspor

Ekspor daun pisang harus dilengkapi dengan izin ekspor dari pemerintah. Izin ekspor dapat diperoleh dari Kementerian Perdagangan atau Kementerian Pertanian.

4. Pengujian kesehatan dan keamanan

Daun pisang yang akan diekspor harus diuji kesehatan serta keamanannya oleh laboratorium yang terakreditasi. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan bahwa bahan aman dikonsumsi serta tidak mengandung bahan berbahaya.

5. Pengemasan

Pengemasan daun pisang untuk ekspor harus dilakukan dengan baik untuk menjaga kualitas. Pengemasan baik dapat melindungi daun pisang dari kerusakan selama proses pengiriman.

Baca Juga: 5 Cara Mengirim Paket Ke Luar Kota  Perlu Dipersiapkan 

Kirim Daun Pisang Lebih Murah di Troben!

Sudah membaca cara ekspor daun pisang diatas? Bagi Anda yang ingin kirim daun pisang dalam negeri dengan ongkos kirim murah, dijemput dan tracking mudah via aplikasi, yuk pakai jasa pengiriman barang dari Troben. Dengan ongkir mulai 3.000/Kg, kini Anda bisa melakukan pengiriman daun pisang ke seluruh pelosok negeri.

Selain itu Troben juga memiliki beberapa rute ekspedisi favorit, seperti:

  1. Ekspedisi Jakarta Makassar
  2. Ekspedisi Jakarta Medan
  3. Ekspedisi Jakarta Sigli
  4. Ekspedisi Jakarta Surabaya
  5. Ekspedisi Jakarta Bali

Demikian informasi tentang cara ekspor daun pisang dan juga berbagai syarat yang harus Anda penuhi ketika ingin ekspor. Semoga artikel memberikan manfaat untuk Anda yang berencana untuk punya bisnis ekspor daun pisang!

Troben tidak menyediakan layanan ekspor daun pisang ke luar negeri, tapi kami menyediakan jasa pengiriman daun pisang ke seluruh wilayah Indonesia dengan ongkir paling murah. Untuk melakukan cek ongkir daun pisang, Anda mengunjungi halaman cek ongkir cargo Troben atau bisa dengan mendownload aplikasi pengiriman barang di Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel