Home » Seputar Logistik » 5 Cara Ekspor Ikan ke Luar Negeri Dengan Harga Terbaik

5 Cara Ekspor Ikan ke Luar Negeri Dengan Harga Terbaik

cara ekspor ikan ke luar negeri

Cara ekspor ikan ke luar negeri patut Anda ketahui. Indonesia merupakan negara kepulauan dimana Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Hal ini didukung oleh luasnya wilayah laut Indonesia dimana mencapai 70% dari total wilayah negara. Potensi perikanan Indonesia tersebut telah memberikan kontribusi dengan signifikan terhadap perekonomian nasional.

Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk perikanan Indonesia adalah melalui ekspor. Ekspor ikan ke luar negeri dapat memberikan keuntungan lebih besar bagi pelaku usaha perikanan dibandingkan dengan hanya memasarkan produknya di dalam negeri. Sebelum berencana untuk ekspor ikan, penting untuk mengetahui cara ekspor ikan ke luar negeri.

Baca juga: 5 Cara Ekspor Daun Pisang: Negara Tujuan dan Harga Terbaik

Cara Ekspor Ikan ke Luar Negeri

Jika Anda ingin memulai ekspor ikan ke luar negeri, berikut ini adalah cara-cara melakukan ekspor ikan yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Pendaftaran Eksportir

Langkah pertama dalam cara ekspor ikan adalah mendaftarkan diri sebagai eksportir. Pada tahapan cara proses pendaftaran ini dilakukan melalui Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan dan pada tahapan cara pertama eksportir dapat mengakses pendaftaran secara online melalui website Ditjen Perdagangan Luar Negeri. Jangan lupa untuk mengisi form pendaftaran pada website tersebut.

2. Perizinan Ekspor

Langkah berikutnya pada cara ekspor ikan ke luar negrei adalah eksportir harus memperoleh izin ekspor dari Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri. Pada tahapan cara proses ini eksportir perlu mengajukan permohonan izin ekspor dan memenuhi semua persyaratan. Perolehan izin pada cara ini memastikan bahwa ikan yang diekspor memenuhi standar kualitas & keamanan yang ditetapkan.

3. Penyediaan Dokumen Ekspor

Tahapan selanjutnya dalam cara ekspor ikan adalah eksporter harus menyediakan menyiapkan dokumen ekspor, termasuk:

  • Faktur komersial (Commercial Invoice)
  • Daftar kemasan (Packing List)
  • Bill of Lading (B/L)
  • Surat Keterangan Asal (SKA)
  • Sertifikat Kesehatan Hewan (SKH)
  • Sertifikat Mutu (SNI)

4. Pengemasan dan Transportasi

Untuk melanjutkan proses ekspor, tahapan cara selanjutnya adalah jika Anda ingin mengekspor ikan, maka ikan tersebut harus dikemas dengan baik untuk menjaga kualitas dan keamanannya selama proses transportasi. Pada tahapan cara ini pengemasan ikan untuk ekspor umumnya menggunakan kontainer untuk memastikan keamanan dan kebersihan.

5. Penyerahan Barang ke Pelabuhan

Langkah terakhir dari cara ekspor ikan adalah menyerahkan ikan yang telah dikemas beserta semua dokumen ekspor yang diperlukan ke pelabuhan. Pastikan bahwa proses penyerahan pada tahapan cara ini dilakukan sesuai dengan prosedur pelabuhan untuk memastikan pengiriman berjalan lancar.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara di atas, Anda dapat memahami secara rinci bagaimana cara ekspor ikan dengan baik dan meningkatkan kesuksesan dalam bisnis ekspor Anda.

Baca juga: 3 Cara Ekspor Arang Briket: Negara Tujuan dan Harga Terbaik 

Syarat Ekspor Ikan ke Luar Negeri 

Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga hasil laut negara kita sangat melimpah. Selain dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Ikan yang melimpah juga bisa diekspor ke luar negeri sehingga meningkatkan nilai jualnya. 

Jika Anda berencana ekspor ikan ke luar negeri, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya: 

1. Sarana dan prasarana pengolahan yang memadai

Sarana dan prasarana pengolahan yang memadai diperlukan untuk menghasilkan produk ikan yang berkualitas dan memenuhi persyaratan ekspor. Sarana & prasarana tersebut meliputi fasilitas produksi, peralatan pengolahan, dan tenaga kerja yang terampil.

Ketika ikan akan diekspor ikan tersebut haruslah berkualitas & memenuhi standar yang tinggi. Ikan dengan kualitas baik tentunya diinginkan konsumen dan juga bisa memberikan citra positif bagi negara.

2. SDM yang Mumpuni

Sumber daya manusia yang memadai diperlukan untuk mengelola usaha perikanan dan memenuhi persyaratan ekspor. Sumber daya manusia tersebut meliputi tenaga kerja terampil dan memiliki pengetahuan tentang standar kualitas & keamanan pangan.

Untuk ekspor ikan, sumber daya manusia penting diperhatikan mulai dari nelayan, pengolah ikan, hingga beberapa pihak lainnya. Kualitas ikan akan terjamin sejalan dengan sumber daya manusia ketika mengelolanya.

3. Kualitas dan Kelayakan Produk

Produk ikan yang akan diekspor harus memenuhi persyaratan kelayakan & kualitas yang ditetapkan oleh negara tujuan. Persyaratan tersebut meliputi persyaratan mutu, keamanan pangan, dan kesehatan.

Baca juga: 5 Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri

4. Tata Tertib Administrasi

Tata tertib administrasi yang baik diperlukan untuk kelancaran proses ekspor. Tata tertib administrasi tersebut meliputi pendaftaran eksportir, perizinan ekspor, dan dokumen ekspor.

5. Eksportir memiliki badan hukum yang sah

Eksportir harus memiliki badan hukum yang sah untuk dapat melakukan ekspor ikan. Badan hukum tersebut dapat berupa perseroan terbatas (PT), firma, atau koperasi.

6. Surat Keputusan Pajak 

Untuk ekspor ikan ke luar negeri, eksportir harus taat undang-undang perpajakan, salah satunya harus memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Selain itu, eksportir juga harus ditetapkan sebagai PKP atau Pengusaha Kena Pajak. Jika sudah memiliki NPWP & tercatat sebagai PKP, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai pengekspor ikan.

7. Memiliki Izin dari Pemerintah

Untuk mengekspor ikan ke luar negeri, Anda perlu mendapatkan izin resmi dari pemerintah. Ada berbagai jenis izin yang perlu didapatkan, seperti: 

  • Bila Anda berperan sebagai produsen ikan, maka harus memiliki izin dari Dinas Perindustrian.
  • Bila Anda bukan produsen atau penghasil produk laut, maka harus memiliki izin usaha dari Departemen Perdagangan
  • Terakhir, Anda harus memiliki sertifikat Induk Kepabeanan.

Baca juga: Inilah 9 Cara Mengirim Sofa Terbaik dan Aman

Demikianlah informasi tentang cara ekspor ikan ke luar negeri & juga syarat ekspor ikan. Semoga informasi di atas dapat memberikan pengetahuan bagi Anda yang berencana untuk ekspor ikan ke luar negeri. Bila Anda ingin mengetahui informasi menarik lainnya, silahkan kunjungi halaman website kami.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel