Home » Seputar Logistik » Cara Mengirim Motor ke Luar Kota yang Aman

Cara Mengirim Motor ke Luar Kota yang Aman

cara mengirim motor ke luar kota

Motor menjadi salah satu kendaraan yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kendaran ini merupakan transportasi paling banyak digunakan di Indonesia karena fleksibel dapat menjangkau jalanan sempit sekalipun. Penggunaan yang tinggi, juga berdampak pada meningkatnya kebutuhan pengiriman Motor. Pengetahuan akan cara mengirim motor ke luar kota yang aman menjadi penting diketahui.

Tak heran, jika produksi sepeda motor terus meningkat setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat. Ketika seseorang pindahan rumah atau bahkan pergi merantau untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan, motor menjadi salah satu barang yang wajib dibawa untuk memudahkan aktivitas sehari-hari.

Namun mengirim motor tak seperti mengirimkan barang pada umumnya, motor menjadi barang yang rentan rusak, sehingga saat mengirim motor perlu dilakukan dengan perencanaan.

Untuk Anda yang berencana ingin mengirim motor ke luar kota, kali ini kami akan memberikan cara mengirim motor ke luar kota dengan benar dan aman. Dengan memperhatikan cara mengirim motor dibawah ini, motor akan sampai dengan aman dan bisa langsung digunakan.

Baca Juga: Cara Mengirim Hampers Yang Praktis dan Aman Melalui Ekspedisi

5 Cara Mengirim Motor ke Luar Kota 

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara mengirim motor ke luar kota, berikut ini adalah cara-cara yang perlu dilakukan, diantaranya :

1. Siapkan Kelengkapan Surat

Sebelum mengirim motor ke luar kota, Anda perlu menyiapkan berbagai surat-surat penting supaya pengirimannya lancar. Siapkan STNK asli aktif dan masih berlaku, fotocopy KTP, fotocopy BPKB, dan juga surat jalan dari kepolisian. Anda juga perlu menyiapkan kunci motor. Dokumen-dokumen tersebut dibutuhkan sebagai identitas sepeda motor yang akan dikirimkan.

Baca Juga: 10 Cara Kirim Paket Kulkas ke Luar Kota yang Benar dan Aman

2. Packing Motor dengan Benar dan Aman

Jika semua kelengkapan surat sudah disiapkan, selanjutkan packing motor Anda dengan benar dan aman. Semua orang yang mengirimkan motor, tentu tak mau motor lecet ketika sampai di alamat tujuan. Untuk itu, pengemasan motor jadi hal krusial dilakukan. 

Bahkan, Anda bisa melindungi seluruh bagian motor dengan aman kecuali ban motor. Bila Anda tak mengetahui bagaimana cara packing motor yang benar, silahkan cari tahu melalui video tutorial di YouTube. Ada berbagai jenis material packing yang bisa digunakan mulai dari menggunakan bubble wrap, karton, hingga menggunakan karung goni. Bahkan jika motor yang dikirim jenis Motor Gede, bisa menggunakan packing extra dengan palet kayu.

3. Pastikan Mesin Motor Mati

Untuk menghindari konsleting secara tiba-tiba, penting untuk memeriksa arus listrik pada motor, termasuk kabel-kabel dan aki. Pastikan semua sambungan listrik dalam kondisi baik tanpa kerusakan yang dapat menyebabkan masalah selama pengiriman.

Hal ini sangat penting untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak pengiriman yang tidak bertanggung jawab. Pastikan motor beroperasi dengan baik dengan memeriksa lampu jauh, speedometer, lampu rem, dan komponen lainnya.

4. Lakukan Pengecekan Ekstra

Sebelum motor dikirim, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan ulang lebih detail pada tiap bagian motor. Anda bisa memfoto seluruh bagian motor untuk memastikan tidak ada bagian motor yang lecet. Foto tersebut juga bisa menjadi bukti jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan selama pengiriman motor. 

5. Gunakan Jasa Ekspedisi Terpercaya

Cara mengirim motor ke luar kota yang bisa dilakukan supaya bisa sampai dengan aman adalah dengan memilih jasa ekspedisi terpercaya. Saat ini tak sulit mencari jasa ekspedisi yang memiliki layanan pengiriman motor.

Anda perlu memperhatikan layanan yang ditawarkan mulai dari layanan packing, jaringan pengiriman, asuransi pengiriman, hingga pelacakan motor. Dengan menggunakan jasa ekspedisi terpercaya untuk mengirim motor ke luar kota, motor akan tiba dengan aman tanpa lecet sedikitpun.

Penutup

Itulah cara mengirim motor ke luar kota yang bisa Anda lakukan. Sebelum motor diserahkan kepada jasa ekspedisi untuk membantu proses pengiriman motor, pastikan Anda melakukan double checking dengan teliti. Pastikan seluruh lapisan motor terlindungi dengan baik, dan dokumen juga sudah disiapkan semuanya dengan lengkap. 

Bila saat ini Anda sedang mencari jasa ekspedisi jasa ekspedisi murah dan aman untuk membantu mengirim motor ke luar kota. TrawLbens hadir melalui layanan TrawLpack sebagai jasa kirim motor yang aman dan terpercaya.

Bersama kami, Anda bisa kirim motor dengan merek dan jenis beragam seperti motor matic, motor kopling, dan motor gigi. Kapasitas mesin motor yang bisa dikirim melalui kami mulai dari 100 cc hingga lebih dari 250 cc. 

Jasa kirim motor kami juga memiliki banyak keunggulan sehingga memudahkan proses pengiriman seperti ongkir murah, asuransi pengiriman, layanan pengemasan motor. Bagi Anda yang ingin mengirim motor ke luar kota bersama TrawLbens, silahkan mulai pemesanan melalui aplikasi kirim motor TrawLbens. Download aplikasi kirim motor TrawLbens di Play Store atau App Store dan kirimkan motor kesayangan Anda sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel