Home » Seputar Logistik » 10 Cara Kirim Paket Kulkas ke Luar Kota yang Benar dan Aman

10 Cara Kirim Paket Kulkas ke Luar Kota yang Benar dan Aman

Pelajari Cara Kirim Paket Kulkas

Kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang memiliki fungsi sebagai pendingin untuk menjaga makanan maupun minuman tetap awet dan tahan lama. Karena fungsinya cukup penting, tak heran jika hampir setiap rumah membutuhkan kulkas. Proses kirim kulkas biasanya akan dilakukan ketika seseorang melakukan pindahan rumah maupun distributor barang elektronik melakukan proses kirim ke pelanggan. Saat akan mengirimkan kulkas, maka Anda mengetahui cara kirim paket kulkas secara baik dan benar wajib diketahui.

Kulkas menjadi barang elektronik rentan rusak bila terkena guncangan saat proses kirim. Sehingga, mengirimkan kulkas tak bisa dilakukan sembarangan. Perlu dilakukan dengan hati-hati mulai dari cara pengemasan hingga pemilihan jasa kirim kulkas yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara kirim paket kulkas ke luar kota dengan aman. Penting untuk membaca informasi di bawah ini hingga selesai agar saat mengirim kulkas, tak terjadi masalah seperti kulkas mengalami kerusakan.

Baca juga: 8 Cara Kirim Paket Kasur yang Tepat dan Benar

10 Cara Kirim Paket Kulkas

cara kirim paket kulkas

cara kirim paket kulkas

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa kulkas menjadi barang elektronik rentan rusak. Sehingga bila Anda berencana untuk mengirimkan kulkas ke luar, maka perlu mengetahui cara kirim paket kulkas secara tepat. Berikut ini adalah 10 cara mengirimkan kulkas yang harus diketahui, diantaranya : 

1. Pastikan Tidak Ada Aliran Listrik

Cara kirim paket kulkas pertama, sebelum kulkas dikirim, pastikan tidak ada aliran listrik yang terhubung ke kulkas. Cabut kabel penghubung aliran listrik terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada komponen selama pengiriman. Kulkas yang akan dikirim ke luar kota harus dalam keadaan mati.

2. Bersihkan Kulkas

Cara kirim paket kulkas kedua. Setelah mencabut kabel aliran listrik, bersihkan seluruh isi kulkas. Sisa-sisa makanan dan minuman  menempel bisa menyebabkan aroma tidak sedap. Untuk itu, penting bagi Anda membersihkannya. Habiskan seluruh makanan dan minuman sisa. Jangan lupa untuk membuang sisa air endapan di bawah kulkas.

Baca juga: 7 Cara Mengirim Barang Melalui Ekspedisi 

3. Gunakan Selotip atau Lakban

Cara kirim paket kulkas ketiga. Jika kulkas sudah dalam keadaan bersih, rekatkan rak-rak atau bagian kulkas menggunakan selotip atau lakban. Kulkas terdiri rak-rak yang berfungsi menyimpan makanan sesuai jenisnya. Rak tersebut mudah bergerak saat terjadi guncangan. Sehingga untuk meminimalisir guncangan, Anda perlu merekatkannya menggunakan selotip atau lakban. 

4. Tambahkan Styrofoam

Jika bagian kulkas sudah dipastikan bersih dan rak-rak tidak mudah bergerak saat terjadi guncangan. Cara selanjutnya Anda bisa memasukkannya ke dalam kardus. Namun sebelum dipacking menggunakan kardus, tambahkan dengan menggunakan styrofoam pada setiap sudut kulkas. Styrofoam ini berfungsi sebagai penahan, supaya kulkas tidak mudah bergeser. 

5. Packing Menggunakan Kardus Asli

Cara kelima, masukkan kulkas ke dalam kardus asli. Saat Anda membeli kulkas, tentu akan mendapatkan kardus asli bawaan dari pabrik. Kami sarankan untuk tidak membuang kardus tersebut, karena akan sangat berguna ketika mau pindahan dan membawa seluruh barang atau paket termasuk kulkas. Packing menggunakan kardus asli sangat disarankan karena ukurannya sudah sesuai. Bila Anda menggunakan kardus dengan ukuran sangat besar, tentu akan banyak sisa ruang kosong dan malah membuat kulkas bergeser selama berlangsung proses kirim. 

6. Berikan Perlindungan Tambahan

Cara keenam, berikan perlindungan tambahan. Pengiriman kulkas akan berlangsung berhari-hari, sehingga untuk memberikan perlindungan tambahan selama proses kirim, gunakan packing kayu.

7. Lengkapi dengan Stiker Fragile

Cara kirim ketujuh, tempelkan stiker fragile. Stiker fragile ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada jasa pengiriman bahwa paket kiriman merupakan paket mudah rusak sehingga butuh perlakuan khusus dan hati-hati. 

8. Kirim Menggunakan Jasa Pengiriman yang Tepat

Hal tak kalah penting diperhatikan ketika Anda kirim paket kulkas adalah kirimlah kulkas dengan menggunakan jasa pengiriman tepat. Saat ini tak sulit bagi Anda menemukan jasa pengiriman barang yang akan membantu pengiriman barang termasuk kirim kulkas. Pilihlah jasa pengiriman yang paling banyak memberikan keuntungan saat Anda mengirimkan kulkas seperti layanan penjemputan, keamanan barang terjamin, asuransi pengiriman, dan tarif pengiriman terjangkau.

9. Gunakan Asuransi Pengiriman

Cara kirim paket kulkas kesembilan. Jika sudah menemukan jasa kirim barang atau paket yang tepat, jangan lupa untuk menggunakan asuransi pengiriman. Asuransi ini untuk meminimalisir hal-hal tidak diinginkan selama proses kirim berlangsung seperti kulkas hilang atau tertukar. 

10. Lacak Pengiriman secara Berkala

Cara kirim paket kulkas terakhir, untuk memastikan kiriman kulkas sampai ditujuan dengan aman, Anda bisa melacak pengiriman secara berkala. Saat mengirimkan kulkas, tentu akan mendapatkan nomor resi. Nomor resi tersebut yang bisa digunakan untuk mengetahui lokasi kulkas selama proses kirim.

Baca juga: 6 Cara Packing Paket Makanan yang Aman

Demikian informasi tentang cara kirim paket kulkas ke luar kota secara benar dan aman. Dengan mengetahui informasi diatas, dijamin kiriman kulkas akan aman ketika sampai di alamat tujuan. 

Bila saat ini Anda sedang mencari jasa ekspedisi murah murah untuk membantu kirim kulkas. Maka Troben hadir dengan layanan Troben pack khusus untuk kirim barang cargo. Anda bisa mengirimkan berbagai jenis barang atau paket termasuk barang elektronik seperti kulkas. 

Dengan kirim kulkas melalui Troben, Anda akan mendapatkan banyak kemudahan mulai dari layanan door to door, layanan asuransi pengiriman, layanan pelacakan barang atau paket secara real time, dan tentunya tarif ongkir murah. 

Pesan jasa pengiriman barang kami juga sangat mudah. Mulai pesan hanya dari aplikasi Troben. Cukup unduh aplikasi pengiriman barang dari Troben melalui Play Store ataupun App Store dan percayakan proses kirim kulkas bersama kami sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel