Home » Seputar Logistik » Catat! Ini Contoh dan Format Pengiriman Barang Benar!

Catat! Ini Contoh dan Format Pengiriman Barang Benar!

Format Pengiriman Barang Aman Sampai Tujuan

Pada era perkembangan e-commerce semakin pesat di Indonesia saat ini, aktivitas pengiriman barang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mau itu Anda sebagai pelaku bisnis online yang melayani pengiriman produk atau individu seringkali mengirimkan barang pribadi. Sebelum mengirimkan barang, Pastikan Anda mengetahui contoh & format pengiriman barang secara benar.

Sehingga menuliskan contoh dan format ekspedisi barang tentu menjadi hal sangat penting. Dengan alamat yang jelas & akurat menjadi salah satu jaminan agar barang Anda sampai pada penerima, dan tentu saja, Anda tidak ingin barang Anda tersasar ke alamat orang lain.

Meskipun terkadang ada potensi missroute sering terjadi akibat kelalaian pihak ekspedisi, namun tidak ada salahnya Anda tetap harus memperhatikan beberapa contoh & format pengiriman barang yang benar agar meminimalisir kejadian tidak diinginkan.

3 Contoh dan Format Pengiriman Barang

3 Contoh dan Format Pengiriman Barang

Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket Pengiriman Barang yang Benar

Contoh dan format pengiriman barang memberikan fungsi agar dapat memperlihatkan informasi yang diperlukan untuk menemukan lokasi penerima. Meskipun tidak ada aturan baku mengenai cara menulis format pengiriman barang dari pihak ekspedisi masing-masing, namun agar lebih saling memudahkan, di bawa sini ada contoh format pengiriman barang bisa kamu ikuti.

Untuk itu, yuk cari tahu & baca sampai habis agar Anda bisa kirim barang dengan selamat & tepat di lokasi penerima, Dengan contoh kami berikan.

Pastikan Nama Penerima dan Pengirim dengan Jelas

contoh serta format pertama yang harus diperhatikan adalah identifikasi nama dari kedua pihak. Pastikan untuk mencantumkan nama lengkap baik penerima maupun pengirim. Selain itu, jika memungkinkan, Anda juga dapat memasukkan nama panggilan pada umumnya dikenal di lingkungan sekitar. Dengan begitu, jika kurir mengalami kesulitan dalam menemukan alamat penerima, mereka dapat bertanya kepada tetangga mungkin mengenal nama panggilan tersebut.

Sebagai contoh, Jika nama penerima ialah Junita Jamet namun sering dipanggil sebagai Junet, maka Anda bisa tuliskan penerima dengan nama panggilan “Junet” untuk memudahkan proses identifikasi & ekspedisi. begitulah salah satu contoh & format pengiriman barang

Alamat Penerima dan Pengirim

contoh dan format selanjutnya ialah menulis alamat barang barang dengan benar, perlu untuk sangat memperhatikan alamat penerima. Ini penting agar menghindari kebingungan kurir dalam mencari alamat penerima, sehingga format pengiriman sebelumnya yang sudah dibuat berjalan lancar.

Pastikan alamat penerima terinci dengan lengkap, mencakup nomor rumah, nama jalan, kode pos benar, serta hal penting lainnya seperti RT/RW, desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, semuanya perlu dicantumkan dalam informasi alamat.

Bahkan patokan alamat pun kalau bisa juga ditulis seperti contoh rumah Anda di bawah pohon beringin, maka bisa diberikan keterangan rumah berada di bawah pohon beringin.

Nomor Telepon

Selanjutnya, hal penting dan perlu dicantumkan adalah nomor telepon penerima & pengirim. Menyertakan nomor telepon dalam informasi ekspedisi memiliki banyak manfaat, terutama jika kurir mengalami kesulitan dalam menemukan alamat pengirim.

Jika nomor telepon yang tertera pada barang sudah benar, kurir dapat menghubungi pengirim untuk mendapatkan arahan lebih jelas. Selain itu, ketika penerima tidak berada di lokasi saat pengiriman, nomor telepon tersebut memungkinkan kurir untuk mengonfirmasi pengiriman secara langsung melalui telepon dengan surat yang sudah dibuat berdasarkan format ekspedisi. Pastikan pula format nomor telepon sudah benar serta mudah dibaca. Contoh caranya dengan memberikan titik pada beberapa bilangan nomor telepon.

Jika semua step-step tersebut sudah Anda lakukan dengan benar, maka agar tidak kebingungan lagi, bisa Anda ikuti format penulisan alamat berikut agar barang Anda bisa mendarat dengan tepat ke tangan penerima:

Penerima:

Nama: Nisa Sabyan (Nisut)

Alamat: Jl. A.H. Tebet No. 22, RT 001/RW 002, Kelurahan Trawl, Kecamatan Pack, Kota Jakarta, 40614, Indonesia.

Nomor Telp: 0815-6456-xxxx

Pengirim:

Nama: Junita Jamet (Junet)

Jl. Taman mini No. 129 RT 01/02, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cimahi, Kota Jakarta Timur, 19412. 

No. Telp: 081972727272.  

Penutup

Itulah contoh dan format pengiriman barang yang sudah kami paparkan untuk Anda. Sekarang, Anda sudah memahami bagaimana cara menulis format pengiriman paket yang tepat, bukan? 

Diharapkan dengan pengetahuan ini, pentingnya memahami format  dari pengiriman paket agar berjalan lancar dan aman, tiba di alamat tujuan tanpa masalah. Jangan sampai karena tidak tahu mengenai bentuk dari format pengiriman malah membuat barang kamu nyasar ke tempat lain. Kan tidak lucu kalau barang sudah kamu nantikan malah diterima oleh orang lain.

Terutama bagi Anda sebagai pebisnis online, penerapan format pengiriman yang benar & tepat sangat penting untuk memastikan bahwa paket Anda sampai ke pelanggan dengan keamanan & kecepatan diinginkan. pastikan menerapkan segala contoh diatas ya! Yuk jangan lupa kirim barang menggunakan Tropack di aplikasi Ekspedisi terpercaya sekarang juga!

Ingin mencari jasa ekspedisi cargo terpercaya dengan tarif Lebih Hemat? Segera Download Aplikasi Pengiriman Barang sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel