Home » Seputar Logistik » 7 Daftar Peralatan Pindahan Rumah yang Wajib Dimiliki

7 Daftar Peralatan Pindahan Rumah yang Wajib Dimiliki

Untuk pindahan rumah membutuhkan perencanaan yang matang. Anda perlu mempersiapkan berbagai hal mulai dari kapan waktu pindahan, barang apa saja yang akan dibawa dan ditinggalkan, sampai dengan peralatan pindahan rumah.

Peralatan pindahan rumah menjadi alat pendukung untuk membuat proses pindahan jadi lebih efektif. Berbagai peralatan tersebut juga berfungsi sebagai pelindung barang-barang pindahan rumah. 

Lalu apa saja peralatan yang dibutuhkan ketika Anda melakukan pindahan rumah? Dalam artikel ini kami akan menjelaskannya secara lengkap untuk Anda!

Baca Juga : 9 Rekomendasi Kado Pindahan Rumah Berkesan

Inilah 7 Peralatan Pindahan Rumah!

Pindahan rumah merupakan serangkaian aktivitas yang menguras waktu, tenaga dan juga uang. Anda perlu membuat perencanaan kapan waktu untuk mengemas barang, mengelompokkan barang-barang sesuai jenisnya, sampai dengan waktunya tiba yaitu hari pindahan dari rumah lama ke rumah yang baru. 

Peralatan pindahan rumah menjadi peralatan penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai pindahan rumah. Berbagai peralatan ini untuk memastikan proses pindahan barang rumah berjalan lancar dan barang-barang sampai dengan aman. Berikut adalah 7 peralatan penting yang perlu dipersiapkan saat pindahan rumah, antara lain : 

1. Tempat Penyimpanan

Peralatan pindahan rumah pertama yang perlu dipersiapkan ketika Anda akan melakukan proses pindahan rumah adalah menyiapkan tempat penyimpanan atau box barang. Tempat penyimpanan seperti kotak-kotak dan wadah plastik sangat penting untuk menyimpan dan mengatur barang-barang selama proses pindahan. 

Kotak-kotak ini membantu Anda mengelompokkan barang berdasarkan jenisnya seperti pakaian, buku, atau peralatan rumah tangga. Carilah box dengan ukuran besar dan supaya bisa menyimpan barang dalam jumlah yang banyak. 

Pastikan juga kotak tersebut kuat dan tidak mudah pecah. Wadah penyimpanan yang tahan lama akan melindungi barang dari kerusakan selama pengiriman dan memudahkan proses pembongkaran ketika sampai di rumah baru.

2. Gerobak Dolly

Peralatan pindahan rumah selanjutnya adalah gerobak dolly. Gerobak dolly merupakan alat bantu yang sangat berguna untuk memindahkan barang-barang berat atau besar dengan mudah.

Biasanya, gerobak dolly digunakan oleh pekerja pasar untuk memindahkan barang. Namun gerobak ini juga bisa menjadi peralatan pindahan rumah. Gerobak ini dilengkapi dengan roda yang memudahkan pergerakan barang dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus mengangkatnya secara manual. Jadi, gerobak dolly bisa mengangkut barang dalam jumlah banyak sekaligus. 

Dengan menggunakan gerobak dolly, Anda dapat mengurangi risiko cedera dan mempermudah proses pindahan, terutama jika Anda harus memindahkan perabotan besar atau barang berat.

3. Material Pengemasan

Untuk melapisi barang supaya tidak langsung bersentuhan dengan kotak penyimpanan, maka Anda perlu material pengemasan. Material pengemasan seperti bubble wrap, kertas koran, dan styrofoam, sangat penting untuk melindungi barang-barang pecah belah dan rapuh selama proses pindahan. 

Material ini digunakan untuk membungkus dan melindungi barang dari benturan dan goresan. Misalnya saja gelas, sebelum dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan, Anda bisa melapisinya dengan kertas koran. Barang elektronik yang mudah rusak juga bisa dilapisi terlebih dahulu menggunakan bubble wrap. 

Dengan pengemasan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa barang-barang tetap aman dan dalam kondisi baik ketika sampai di rumah baru. 

4. Label

Jika barang sudah dipacking dan dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan, Anda membutuhkan perlengkapan lainnya untuk mempermudah Anda menemukan barangnya. Perlengkapan itu adalah label.

Label sangat membantu dalam mengorganisir  dan mengidentifikasi kotak-kotak selama pindahan. Dengan menempelkan label pada setiap kotak yang menunjukkan isi dan ruang tujuan, Anda dapat memudahkan proses pembongkaran dan penataan di rumah baru. Dengan adanya label barang ini, Anda tak akan bingung untuk mencari barang dan menatanya kembali sesuai ruangannya. 

5. Perkakas

Peralatan lainnya yang dibutuhkan saat pindahan rumah adalah perkakas. Peralatan pindahan rumah ini seperti obeng, palu, dan kunci inggris sangat diperlukan untuk membongkar dan merakit perabotan serta peralatan lainnya. 

Selama pindahan, Anda mungkin perlu melepaskan rak, meja, atau furniture lainnya sebelum dipindahkan dan merakitnya kembali di rumah baru. Untuk itu, mempunyai perkakas akan membantu prosesnya jadi lebih efisien.

6. Terpal

Ketika barang dimasukkan ke dalam truk pengangkutan, seringkali membutuhkan penutup supaya terlindungi dari hujan dan panas sehingga tidak merusak barang-barang tersebut. Terpal atau pelindung terbuat dari bahan tahan air yang berguna untuk melindungi barang-barang dari hujan atau cuaca buruk selama proses pindahan. 

Terpal dapat digunakan untuk menutupi barang-barang di truk pindahan atau saat barang-barang disimpan di luar ruangan sementara menunggu proses pemindahan selesai. Terpal ini membantu menjaga barang-barang tetap kering dan aman.

7. Tali

Peralatan pindahan rumah yang terakhir adalah tali. Tali digunakan untuk mengikat dan mengamankan barang-barang selama proses pindahan. Tali dapat membantu mencegah barang-barang agar tidak bergerak atau terjatuh selama proses pemindahan. Tali ini juga berguna untuk mengikat kotak-kotak atau perabotan besar agar tetap stabil dan mudah diatur di dalam kendaraan pengangkut.

Dengan mempersiapkan peralatan-peralatan ini, Anda dapat menjalani proses pindahan rumah dengan lebih efisien dan mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan barang.

Baca Juga : 8 Tips Memilih Jasa Pindahan Rumah Terbaik dan Hemat

Pindahan Rumah Lebih Mudah Dengan Sewa Truk di Troben 

Proses pindahan tak akan berlangsung jika tidak ada armada pengangkutan barang. Jika Anda tak mempunyai mobil pengangkutan yang muat barang dalam jumlah besar dan banyak tak perlu khawatir. Karena Anda bisa menyewa truk melalui layanan Troben Truk.

Kami menyewakan truk berbagai ukuran untuk memastikan pindahan berjalan lancar. Armada kami siap mengangkut barang dengan aman dan hati-hati. Anda bisa sewa truk mulai dari Pick up, CDE, CDD, Fuso dan lainnya untuk pindahan. Taif kami yang terjangkau dan kemudahan pemesanan memberikan Anda keuntungan. Yuk sewa truk dengan cara download aplikasi sewa truk Troben untuk pindahan rumah sekarang!

banner trawlpack ongkir murah

Yuk, klik button di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel