Home » Seputar Logistik » Delivery Order : Pengertian dan Manfaatnya

Delivery Order : Pengertian dan Manfaatnya

delivery order

Untuk Anda yang sering melakukan pengiriman barang, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah delivery order. Dalam proses pengiriman barang dari penjual ke pembeli, terdapat dokumen yang dikenal dengan sebutan delivery order. Delivery order merupakan dokumen yang memuat informasi terkait barang atau produk yang sedang dikirim. Istilah delivery order dan surat jalan dianggap sama meskipun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Untuk Anda yang masih bingung perbedaan antara delivery order dan surat jalan, kami akan menjelaskan perbedaan antara delivery order dan surat jalan. Untuk itu, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Baca juga: Apa Itu Misroute: Pengertian, Penyebab, & Cara Mengatasinya 

Apa itu Delivery Order? 

Delivery order adalah dokumen yang berfungsi sebagai instruksi pengiriman barang yang dikeluarkan oleh pihak penjual kepada penyedia jasa ekspedisi. Dokumen ini berisi perintah untuk penyedia jasa ekspedisi supaya segera melakukan proses pick-up barang berdasarkan pesanan dari pembeli, seperti pembeli yang berada di dalam kota, luar kota, maupun luar negeri. Biasanya, delivery order dibuat setelah ada kesepakatan antara pihak penjual dan pembeli agar tidak terjadi kebingungan saat barang telah dikirim. Oleh karena itu, dalam delivery order akan tercantum secara detail mengenai barang yang telah dipesan, termasuk jumlah dan harga barang tersebut. Proses pembuatan delivery order dimulai dengan pembuatan dokumen oleh perusahaan yang kemudian diberikan kepada staf gudang untuk menyiapkan barang-barang yang akan dikirim. Setelah itu, dokumen ini menjadi acuan bagi staf gudang saat menyusun surat jalan, yang selanjutnya akan dibawa oleh kurir saat mengirim barang ke lokasi tujuan.  Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa orderan berisi instruksi dan informasi penting terkait dengan proses pengiriman barang, seperti:

  • Informasi Pengirim: Nama, alamat, dan nomor telepon pengirim.
  • Informasi Penerima: Nama, alamat, dan nomor telepon penerima.
  • Detail Barang: Jenis, jumlah, dan deskripsi barang yang akan dikirim.
  • Metode Pengiriman: Layanan ekspedisi yang dipilih, estimasi waktu pengiriman, dan biaya pengiriman.
  • Informasi Pembayaran: Cara pembayaran yang digunakan untuk transaksi.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Inventory Control, Fungsi, dan Tugasnya 

Manfaat Delivery Order

Delivery order memiliki banyak manfaat untuk proses pengiriman barang. Berikut ini adalah manfaatnya, diantaranya :

1. Mengatur Proses Pengiriman

Delivery Order membantu mengatur proses pengiriman barang secara sistematis dan terstruktur. Dokumen ini memberikan petunjuk yang jelas kepada jasa pengiriman tentang jenis barang yang akan dikirim, tujuan pengiriman, serta waktu pengirimannya.

2. Bukti Transaksi

Delivery Order berfungsi sebagai bukti sah bahwa suatu transaksi pembelian atau pemesanan barang telah terjadi antara penjual dan pembeli. Dokumen ini mencatat detail barang yang dikirim, jumlahnya, serta keterangan lain yang diperlukan untuk pelacakan dan administrasi.

3. Memfasilitasi Pembayaran

Dalam beberapa kasus, sistem ini dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan pembayaran atau penyelesaian transaksi antara penjual dan pembeli. Dokumen ini membantu memverifikasi bahwa barang telah dikirim sesuai dengan pesanan sebelumnya.

4. Pemantauan Pengiriman

Dengan adanya sistem ini, penerima dapat memantau status pengiriman barang mereka. Mereka dapat menggunakan nomor referensi atau informasi yang tertera dalam DO untuk melacak posisi dan perkembangan pengiriman barang tersebut.

5. Menghindari Kesalahan Pengiriman

Penggunaan sistem ini membantu mengurangi risiko kesalahan atau kekeliruan dalam pengiriman barang. Dengan adanya dokumen yang jelas tentang barang yang akan dikirim, tujuan pengiriman, dan instruksi lainnya, kemungkinan terjadinya kesalahan pengiriman dapat diminimalkan.

6. Menjaga Kepatuhan Hukum

pemesanan pengiriman juga merupakan alat yang penting untuk menjaga kepatuhan hukum dalam transaksi bisnis. Dokumen ini mencatat persetujuan antara kedua belah pihak dan dapat digunakan sebagai bukti dalam penyelesaian sengketa atau perselisihan yang mungkin timbul. Dengan demikian, penggunaan order dalam pengiriman barang memberikan manfaat yang signifikan bagi semua pihak yang terlibat dalam proses transaksi bisnis. Dokumen ini tidak hanya memudahkan pengiriman barang secara efisien, tetapi juga membantu menjaga transparansi, kepatuhan hukum, dan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Cara Packing Barang Besar, Mudah Dikirim dan Aman

Penutup

Demikian informasi tentang delivery order mulai dari pengertian dan manfaatnya untuk pengiriman barang. Jika Anda ingin mengirimkan barang dan butuh jasa pengiriman barang murah dan dijamin aman, Troben memiliki layanan Tropack yang siap membantu pengiriman barang dengan aman. Anda bisa kirim berbagai jenis barang mulai dari peralatan rumah tangga, perlengkapan sekolah, produk UMKM, sparepart dan lainnya dengan minimal 10 kg. Kami memiliki banyak keunggulan seperti layanan door to door, asuransi pengiriman, pelacakan barang, dan juga layanan packing. Pesan layanan Tropack kami dengan mudah melalui aplikasi cargo ekspedisi sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel