Home » Seputar Logistik » Cara Packing Barang Besar, Mudah Dikirim dan Aman

Cara Packing Barang Besar, Mudah Dikirim dan Aman

cara packing barang besar

Setiap jenis barang memiliki cara packing sendiri yang dapat disesuaikan dengan ukuran. Semakin besar ukuran dimensi barang yang akan dikirim maka memerlukan teknik sendiri untuk melakukannya. Tujuannya ialah supaya barang mudah dikirim dan aman selama proses pengiriman berlangsung. 

Maka dari itu ada cara packing barang besar yang perlu diketahui. Bila dilihat pastinya akan terlihat sangat gampang melakukan packing barang besar, namun ternyata hal ini dapat menjadi lebih susah ketika barang memiliki ukuran besar. Karena ketika mengemas barang besar hal yang diutamakan ialah keamanan. Lalu bagaimana cara packing barang besar yang sesuai dengan prosedur pengiriman? Berikut akan dibahas pada artikel ini. 

Cara Packing Barang Besar

cara packing barang besar

cara packing barang besar

Berikut beberapa cara packing barang besar yang bisa Anda lakukan. 

Baca Juga: Cara Packing Aman Tanpa Bubble Wrap

1. Mengetahui Dimensi Barang 

cara packing barang besar

cara packing barang besar

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah mengetahui pasti dimensi barang yang akan dikirim.  Ada banyak cara untuk bisa mengetahui dimensi barang yang akan di packing, biasanya barang memiliki informasi mengenai spesifikasi, dari situlah Anda dapat memperoleh ukuran dimensi barang. 

Bila tidak ada informasi mengenai spesifikasi barang, maka Anda bisa mengukur dimensi dengan menggunakan bantuan alat ukur, contohnya seperti meteran. Dengan begitu nantinya akan mendapatkan gambaran jelas untuk menentukan packing barang. 

Baca Juga: 9 Cara Packing Motor Dijamin Aman dan Mudah!

2. Memahami Sifat dan Jenis Barang 

Setiap barang yang akan dikirim pasti memiliki sifat dan jenisnya sendiri, sehingga Anda perlu memahami sifat dan jenis barang yang akan dikemas. Tujuannya ialah supaya Anda bisa mengetahui perlakuan atau tindakan yang pas. Untuk mencegah barang terhindar dari resiko bahaya, biasanya akan ada perlakuan khusus seperti barang pecah belah dan barang yang wujudnya cair. 

3. Menggunakan Pembungkus yang Tepat 

Banyak sekali jenis packing barang yang dapat Anda gunakan dalam membungkus barang besar. Mulai dari bahan yang digunakan seperti kardus, kayu, plastik, styrofoam, dan masih banyak lagi. Untuk memilih jenis packingan yang pas maka harus disesuaikan dengan sifat serta jenis barang. 

4. Menambahkan Perlindungan Ekstra 

Bila Anda merasa jenis packingan yang digunakan masih kurang melindungi maka Anda dapat menambahkan perlindungan ekstra supaya kualitas barang akan aman selama proses pengiriman. Biasanya tambahan perlindungan dengan menggunakan bubbe wrap, plastik, styrofoam, dan kayu.

Jenis bahan dari packingan tersebut sangat pas untuk dijadikan perlindungan ekstra barang besar. Karena pastinya akan menghindari berbagai resiko yang bisa membuat barang mudah rusak. 

5. Melakukan Packingan Dengan Rapi 

Dalam melakukan pengemasan barang akan lebih baik lagi bila dilakukan dengan rapi. Hal ini dapat membantu dalam proses pengiriman. Walaupun akan lumayan sulit ketika mengemasnya, namun dengan kesabaran dan keterampilan yang dimiliki pastinya akan dengan mudah untuk melakukan pengemasan dengan rapi. Untuk dapat dengan mudah melakukannya mungkin Anda perlu untuk mencermati dahulu di setiap bagian sisi barang. Setelah itu Anda bisa menentukan bentuk packingnya, dan bisa membungkus dengan rapi. 

6. Menambahkan Stiker Khusus 

Barang dengan ukuran besar biasanya memiliki sensitivitas yang perlu untuk dilindungi. Karena bila tidak terlindungi akan membuat barang mudah mengalami kerusakan. Oleh karena itu dibutuhkan stiker penanda khusus untuk mencegah barang dibanting atau dilempar selama proses pengiriman. 

Biasanya hal ini sering terjadi selama proses pengiriman, dimana biasanya pihak jasa pengiriman ingin cepat selesai ketika melakukan proses pemindahan barang. Namun bila barang memiliki stiker peringatan maka barang akan diproses dengan perlahan. 

7. Memilih Jasa Pengiriman Barang Terpercaya 

cara packing barang besar

cara packing barang besar

Setelah mengetahui cara packing barang besar dan selesai mengemas barang maka Anda perlu untuk memilih jasa pengiriman barang terpercaya. Karena akan sama saja bila packing dilakukan dengan sebaik mungkin namun jasa pengiriman tidak terpercaya sama saja bohong. Pilihlah jasa ekspedisi yang terpercaya dan memiliki kualitas baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir selama proses pengiriman.

Baca Juga: 4 Tips Packing Barang yang Aman dan Siap Kirim

Penutup 

Setelah melakukan semua cara packing barang besar di atas, langkah berikutnya adalah memilih layanan pengiriman barang yang ingin digunakan. Disini Anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang besar dari TrawLbens. Trawbens adalah layanan ekspedisi, pengiriman barang dan motor, sekaligus merupakan layanan cargo dan logistik murah serta berkualitas.

Memiliki layanan door to door membuat Anda tidak perlu repot mengantar barang ke gerai pengiriman karena barang akan diambil oleh tim TrawLbens. Untuk info lebih lanjut hubungi CS TrawLbens yang siap membantu Anda. Download Aplikasi Cargo TrawLbens sekarang juga!

 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel