Home » Seputar Logistik » Inilah 10 Cara Packing Jaket Paling Aman!

Inilah 10 Cara Packing Jaket Paling Aman!

cara packing jaket

Packing barang ke dalam koper atau tas seringkali menjadi tugas menyebalkan saat akan berlibur. Selain itu, jika tidak tahu cara menyusun barang dengan baik, ruang di dalam koper atau tas tidak akan termanfaatkan secara maksimal. Agar liburan menjadi lebih santai dan ringan, ada beberapa trik yang dapat digunakan. 

Baca Juga: Cara Packing Barang Besar, Mudah Dikirim dan Aman

10 Cara Packing Jaket di Koper yang Efektif

Banyak orang sering menggunakan metode tradisional dalam cara packing jaket di koper ketika bepergian. Meskipun metode tersebut mudah dan telah diajarkan sejak kecil, namun kurang efisien karena menghabiskan banyak ruang yang sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk barang lain. 

Mencari ruang cara packing jaket dalam koper seringkali menjadi tantangan tersendiri, membuat proses pengemasan terasa sulit. Jika semua jaket yang dibawa memiliki ukuran sama, proses cara packing jaket mungkin akan lebih mudah. Namun, dalam kenyataannya, hal ini jarang terjadi. 

Packing semua barang ke dalam koper seringkali menjadi tugas sulit dan memakan waktu. Sebaliknya, membongkar koper untuk mencari barang tertentu justru menjadi lebih mudah daripada mengemasnya kembali. 

Untungnya, ada beberapa metode cara packing jaket di koper yang dapat membantu memudahkan proses pengemasan dan memaksimalkan ruang tersedia. Berikut 10 cara packing jaket yang akan membuat liburanmu praktis, tapi tetap tampil maksimal:

1. Pilih jaket yang akan dibawa

Sama seperti membuat itinerary perjalanan, cara packing jaket di koper perlu perencanaan. Kumpulkan semua jaket yang dibutuhkan, lalu pilih setengahnya saja untuk dibawa. Atur yang paling dibutuhkan. Kalau packing jaket karena berjaga-jaga saja, berarti Anda tidak membutuhkannya. 

Sebaiknya, tidak usah packing dan membawa tas tersebut ketika berlibur serta jangan mengepak pada menit-menit terakhir. Sebaiknya, luangkan waktu mulai mengepak 2-3 hari sebelumnya. Hal tersebut agar masih memiliki waktu mengeluarkan jaket yang mau atau tidak untuk dibawa.

Baca Juga: 9 Langkah Cara Packing Barang Pecah Belah Dijamin Aman!

2. Gulung

Banyak menyarankan cara packing jaket di koper dengan menggulungnya. Memang, menggulung jaket bisa membuatnya kusut. Namun, hal tersebut memungkinkan lebih hemat tempat daripada menyimpannya secara klasik. Sehingga, dapat membawa barang lebih banyak atau meringkas penggunaan koper.

Untuk mengurangi kerutan, letakkan jaket yang sudah digulung dan paling mudah kusut di bagian terluar koper. Sedangkan, pakaian tidak mudah kusut, seperti jaket dan jeans, diletakkan pada bagian tengah.

Cara tersebut memberi ruang ‘lebih luas’ untuk jaket bahan mudah kusut, seperti linen dan katun, untuk mengurangi kusut. Ikat pakaian yang digulung menggunakan karet supaya bentuk gulungannya tetap terjaga dan isi koper tetap dalam kondisi teratur dan rapi sepanjang perjalanan.

3. Kotak Kemasan (Packing Cubes)

Selanjutnya untuk cara packing jaket di koper adalah dengan menggunakan kotak kemasan atau packing cubes. Kotak kemasan ini juga dikenal dengan sebutan travel organizer, pouch traveling, atau travel bag storage. Sebelum langsung dimasukkan ke dalam koper, susunlah jaket-jaket tersebut terlebih dahulu dalam packing cubes. 

Kelebihan menggunakan packing cubes adalah bisa memuat lebih banyak jaket, menjaga agar jaket tetap tersusun rapi, dan tidak perlu membongkar semua susunan jika ingin mencari sesuatu. Selain itu, penggunaan packing cubes juga akan memaksimalkan penggunaan semua ruang tersedia dalam koper.

4. Metode Vakum

Kadang-kadang, meskipun sudah menggunakan cara packing jaket di koper seperti di atas, masih terasa bahwa jaket yang dibawa terlalu banyak dan tidak ada ruang kosong di dalam koper. Untuk mengatasi masalah ini, dapat menggunakan metode vakum untuk mengepak jaket yang akan dibawa.

Caranya adalah dengan packing pakaian menggunakan kantong-kantong plastik vakum dan mengeluarkan udara dari dalam kantong tersebut. Proses pengeluaran udara ini dapat dilakukan secara manual dengan menekan kantong atau menggunakan alat pompa vakum untuk menyedot udaranya.

Dengan menggunakan metode vakum ini, volume jaket terlipat dapat berkurang hingga 80 persen, memberikan lebih banyak ruang di dalam koper untuk jaket dan barang bawaan lainnya. Metode ini juga cocok untuk jaket berukuran besar, seperti jaket atau mantel musim dingin.

Untuk melaksanakan metode ini, memerlukan beberapa peralatan tambahan, seperti kantong-kantong khusus pengemasan vakum dan alat pompa udara. Saat ini, sudah banyak tersedia alat pompa udara khusus ukuran kecil sehingga mudah dibawa dan disimpan dalam koper.

5. Melipat dari Belakang ke Depan

Salah satu teknik efektif cara packing jaket adalah dengan melipat pakaian dari belakang ke depan, sehingga membentuk persegi panjang, dan kemudian menumpuknya secara vertikal di dalam koper. Cara ini mirip dengan teknik melipat jaket menggunakan metode konmari. 

Dengan cara ini, bisa dengan mudah melihat jaket yang sudah dikemas tanpa perlu mengangkat lapisan-lapisannya, seperti sering terjadi jika disusun secara horizontal. Teknik ini tidak hanya menghemat tempat, tetapi juga membuat penyusunan barang menjadi lebih rapi. Namun, satu-satunya risiko mungkin timbul adalah kemungkinan kusut.

6. Prioritaskan Pakaian Dalam

Penting diingat bahwa pakaian dalam menjadi paling utama ketika mengepak koper. Meskipun mungkin tergoda membawa banyak jaket bagus dan spesial, kecuali ada acara khusus dalam perjalanan, sebenarnya tidak perlu membawa terlalu banyak jaket. 

Namun, pastikan membawa cukup pakaian dalam untuk perjalanan. Untungnya, saat ini sudah banyak tersedia celana dalam disposable yang dikemas secara ringkas dan mudah digunakan. Ini akan memberikan lebih banyak ruang di dalam koper untuk barang-barang lainnya dan membuat penyusunan barang menjadi lebih teratur.

7. Lapisi dengan Kantong Dry-Cleaning

Salah satu trik cara packing jaket bisa digunakan adalah menggunakan kantong dry-cleaning plastik untuk membantu cara packing jaket di dalam koper. Permukaan licin dari kantong dry-cleaning dapat membantu mengurangi risiko kusut pada jaket yang dilipat. 

Jika menyusun jaket secara bertumpuk di dalam koper, masukkan kantong dry-cleaning di antara setiap tumpukan. Ketika perlu mengambil jaket dari tumpukan tertentu, cukup tarik kedua ujung tas kantong untuk mengeluarkannya dengan mudah.

8. Letakkan jaket paling ringan di Bagian Atas

Salah satu strategi efektif cara packing jaket adalah meletakkan jaket dari paling ringan hingga paling berat di dalam koper. Misalnya, mulai dari jaket paling ringan seperti kaos atau pakaian dalam, lalu susun secara bertahap hingga jaket paling berat seperti sepatu atau mantel.

Dengan cara ini, ketika hendak menutup koper, Anda tidak perlu menekannya terlalu kuat agar muat dan tertutup dengan rapi. Teknik ini biasanya lebih efektif saat koper diletakkan dalam posisi horizontal, bukan ketika koper berdiri tegak.

9. Sisakan tempat kosong

Salah satu teknik cara packing jaket direkomendasikan selanjutnya adalah menyisakan sekitar 10 persen tempat kosong di dalam koper. Ini merupakan prinsip diusung oleh Marie Kondo. Tujuannya memberikan ruang ekstra bagi barang-barang baru atau souvenir yang ingin dibawa pulang. 

Dengan menyisakan sedikit ruang kosong ini, juga dapat mencegah agar beban barang bawaan tidak terlalu berat, baik saat pergi maupun pulang. Hal ini akan membuat perjalananmu menjadi lebih nyaman dan praktis.

10. Pilih Jaket yang tidak mudah kusut

Saat memilih jaket untuk dibawa liburan, pertimbangkan juga kepraktisannya. Pilihlah jaket tidak mudah kusut, sehingga tidak perlu repot-repot menyetrika saat tiba di tujuan. Hindari bahan mudah berkerut ketika dilipat. Jaket dari bahan parasut atau adalah pilihan terbaik karena tidak mudah kusut dan cocok untuk iklim dingin. 

Ekspedisi Aman Mengirim Jaket dengan Troben

Apakah Anda mencari solusi jasa ekspedisi murah dan terbaik untuk mengirimkan jaket? Troben adalah jawabannya. Dengan layanan ekspedisi handal, Troben menyediakan opsi terjangkau dan aman mengirimkan jaket ke tujuan dengan mudah. 

Tidak perlu khawatir tentang biaya pengiriman tinggi atau keamanan barang, karena Troben memberikan solusi ekspedisi efisien dan terpercaya. Dengan menggunakan layanan ekspedisi Troben, Anda dapat yakin bahwa jaket akan sampai tepat waktu dan dalam kondisi prima. 

Dukungan pelanggan responsif dan tim profesional Troben akan memastikan bahwa pengiriman berjalan lancar tanpa hambatan. Jadi, jika Anda membutuhkan jasa ekspedisi terjangkau dan dapat diandalkan untuk mengirimkan jaket, percayakanlah pada Troben! Download Aplikasi Cargo kami sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel