Home » Seputar Logistik » Pelajari Jenis dan Tips Memilih Mobil Ekspedisi di Sini!

Pelajari Jenis dan Tips Memilih Mobil Ekspedisi di Sini!

Jenis dan Tips Memilih Mobil Ekspedisi

Memilih mobil ekspedisi secara tepat adalah langkah yang perlu diprioritaskan sebelum proses pengiriman barang, terutama jika pesanan tersebut memiliki muatan besar.

Hal ini membantu kurir menjaga keamanan barang selama pengiriman, mengurangi risiko kerusakan akibat benturan atau kondisi jalan tidak menentu.

Yang perlu diperhatikan adalah jenis mobil sesuai dengan barang yang akan dikirimkan. Yuk simak artikel mengenai mobil ekspedisi kali ini sampai habis!

8 Jenis Mobil Ekspedisi Untuk Kirim Barang

Perusahaan ekspedisi biasanya menyediakan layanan pengiriman menggunakan berbagai jenis mobil ekspedisi. Berikut adalah informasi mengenai berbagai macam mobil ekspedisi yang dapat dipilih.

1. Mobil Ekspedisi Van

Selain berfungsi sebagai transportasi penumpang, mobil van juga dapat digunakan sebagai mobil ekspedisi. Secara umum, mobil beroda empat ini memiliki dimensi 210 x 150 x 120 cm dan mampu mengangkut barang serta berat kurang dari 600 kg.

Mobil van biasanya digunakan untuk mengirim pakaian, peralatan rumah tangga, bahan makanan, atau barang elektronik.

2. Mobil Pick-Up

Mobil pick-up, biasanya memiliki bak terbuka atau tertutup, memiliki dimensi hampir sama dengan mobil van, yaitu 200 x 160 x 120 cm.

Dengan kapasitas hingga 800 kg, mobil ini sering digunakan untuk mengangkut bahan bangunan, peralatan elektronik, dan furniture ukuran kecil hingga sedang.

3. Mobil Ekspedisi Engkel

Truk engkel umumnya memiliki dimensi 310 x 170 x 170 cm dan mampu mengangkut barang dengan berat maksimal sekitar 2000 kg. Cocok untuk pengiriman bahan bangunan, furniture berat, mesin, atau barang elektronik. Truk ini memiliki empat roda.

4. CDE (Colt Diesel Engkel)

Colt Diesel Engkel, sebuah truk berdimensi sekitar 220 x 135 x 130 cm, serupa dengan truk engkel biasa, memiliki empat roda dengan dua di depan dan dua di belakang.

Mobil ekspedisi ini biasanya digunakan untuk pindahan rumah atau pengiriman barang dengan berat maksimal 2000 kg, seperti barang elektronik, furniture, tanaman besar, dan bahan bangunan.

5. CDD (Colt Diesel Double)

Terkadang ada pertanyaan, apakah Colt Diesel Double (CDD) sama dengan CDE? Jawabannya adalah tidak.

CDD adalah truk berdimensi sekitar 450 x 200 x 200 cm, dua kali lebih besar dari CDE, dengan enam ban (empat di belakang dan dua di depan). Truk ini mampu mengangkut barang dengan berat maksimal 5000 kg, cocok untuk keperluan pembangunan.

6. Truk Wingbox

Wingbox adalah truk ekspedisi berdimensi sekitar 700 x 220 x 250 cm, mampu menyimpan berbagai barang hingga berat maksimal 10 ton.

Fitur unggulannya adalah ‘sayap’ di kedua sisi dapat terbuka, memungkinkan akses mudah ke barang di bagian dalam tanpa perlu membongkar seluruh muatannya.

7. Truk Fuso

Anda mungkin familiar dengan jenis truk ini sering melintasi jalan tol dengan ukuran jalur besar. Truk Fuso memiliki dimensi sekitar 720 x 250 x 250 cm.

Karena ukurannya besar, truk ini cocok digunakan untuk mengangkut barang berat dengan berat maksimal 8000 kg, seperti alat berat, kendaraan, atau bahan material.

8. Mobil Ekspedisi Tronton

Mobil ekspedisi tronton menonjol sebagai kendaraan pengangkut barang terbesar dalam kelasnya dibandingkan jenis mobil pengangkut lainnya.

Dengan dimensi rata-rata 950 x 250 x 180 cm dan dilengkapi dengan 10 ban, mobil ekspedisi tronton menjadi pilihan utama untuk pengiriman barang dalam skala besar.

Fungsi utama mobil ekspedisi tronton adalah untuk mengangkut beragam muatan seperti alat berat, kendaraan, bahan material, hewan, furniture besar, dan sebagainya dengan berat muatan dapat mencapai hingga 20 ton.

Seperti halnya truk fuso, mobil ekspedisi tronton umumnya beroperasi di jalanan besar atau daerah terpencil seperti jalan tol, area pertambangan, atau pabrik.

Baca Juga: 6 Cara Packing Meja yang Aman Sampai Tujuan

3 Tips Memilih Mobil Ekspedisi Angkut Barang

Memilih mobil ekspedisi secara tepat untuk pengiriman barang Anda bisa menjadi proses yang membingungkan. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis barang, jarak pengiriman, dan keamanan.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih mobil ekspedisi secara tepat:

1. Kapasitas Armada dan Jenis Barang yang Dikirim

Langkah pertama adalah mengetahui jenis barang yang akan Anda kirim. Pastikan untuk mengukur panjang, lebar, dan tinggi barang tersebut. Hal ini penting untuk memilih mobil ekspedisi dengan kapasitas sesuai.

2. Keamanan

Keamanan adalah faktor penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan. Pastikan mobil ekspedisi yang Anda pilih memiliki fitur keamanan memadai, seperti kunci ganda dan GPS tracking.

Anda juga dapat berkoordinasi dengan pihak ekspedisi untuk mengetahui rute perjalanan yang akan dilalui.

3. Jarak Pengiriman

Jarak tempuh juga perlu dipertimbangkan saat memilih mobil ekspedisi. Jika jaraknya pendek, Anda dapat memilih mobil ekspedisi dengan muatan ringan.

Namun, jika jaraknya jauh, Anda memerlukan mobil ekspedisi yang lebih tangguh dan memiliki muatan lebih besar.

Baca Juga: Cold Storage: Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Sewa Mobil Ekspedisi Angkut Barang di Troben 

Mungkin Anda sudah siap untuk mengirim barang, tapi masih bingung mencari jasa ekspedisi yang menyediakan kendaraan yang Anda butuhkan? Troben hadir sebagai solusi secara tepat untuk sewa armada besar dan kecil. Mengapa memilih Troben? Berikut alasannya:

1. Cara Sewa yang Praktis

Berkat teknologi canggih, Anda dapat menyewa truk dan kendaraan lainnya dari Troben dengan mudah. Caranya, Anda bisa mengakses website atau mengunduh aplikasi sewa truk Troben dari App Store atau Play Store di ponsel Anda.

Setelah mendaftar akun dan mengisi data diri, Anda bisa langsung menyewa layanan Troben di mana saja dan kapan saja.

2. Pilihan Armada Beragam

Troben merupakan salah satu jasa ekspedisi di Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman dengan berbagai armada. Mulai dari motor, mobil, van, pick-up, engkel box, CDD, hingga truk fuso. Anda dapat memilih armada yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Tarif Akurat dan Transparan

Dengan fitur cek ongkir Troben, Anda dapat memprediksikan biaya yang perlu dikeluarkan dengan mudah.

Caranya, Anda tinggal mengisi alamat asal dan tujuan, armada yang digunakan, serta memilih layanan pilihan tambahan jika diperlukan.

Setelah seluruh data terisi, Anda akan segera mendapat harga yang telah dipatok oleh sistem Troben.

4. Layanan Pengiriman Antar Kota

Demi memenuhi kebutuhan konsumen, Troben terus berinovasi dengan meningkatkan pelayanan. Salah satunya adalah dengan membuka layanan pengiriman instan antar kota dengan berbagai pilihan armada.

Hingga saat ini, Troben telah beroperasi di beberapa wilayah di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Malang, Semarang, Surabaya, sampai Sidoarjo.

Kabar baik bagi Anda yang membutuhkan mobil ekspedisi! Saat ini, Troben menyediakan layanan tambahan berupa jasa angkut barang yang dapat membantu memindahkan barang baik kecil maupun besar.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel