Home » Seputar Logistik » 7 Jenis Furniture dan Tips Memilihnya

7 Jenis Furniture dan Tips Memilihnya

Jenis Furniture

Furniture merupakan perlengkapan rumah yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Furniture memiliki banyak fungsi mulai dari sebagai tempat tidur, untuk belajar atau bahkan untuk bekerja. Ada banyak jenis furniture yang dibedakan berdasarkan konstruksinya.

Jenis furniture tersebut diantaranya free standing, mobile, built in, knock up, knock down dan lainnya. Tiap jenis furniture memiliki fungsi yang berbeda-beda. Lalu apa saja jenis furniture? Selengkapnya dalam artikel berikut. 

Apa Saja Jenis Furniture?

Sekarang furniture bukan hanya menjadi perabotan fungsional yang memberikan nilai fungsi untuk kehidupan sehari-hari. Seiring berkembangnya zaman, orang-orang juga banyak mencari furniture dengan nilai estetika untuk menambah kecantikan ruangan. Berikut ini adalah jenis furniture yang perlu Anda ketahui, seperti : 

1. Free Standing

Sebagai salah satu jenis furniture, free standing furniture tidak hanya memberikan fungsionalitas yang maksimal tetapi juga menambah kesan elegan dalam ruangan. Perabotan ini hadir dalam bentuk konstruksi utuh yang memberikan kestabilan dan kekuatan yang tahan lama. 

Meskipun ukurannya cukup besar dan tidak bisa dilipat atau dibongkar pasang, free standing furniture seperti meja tamu dan ranjang kasur memberikan sentuhan estetika yang sempurna dalam setiap ruangan. Dengan desain yang elegan dan kokoh, perabotan ini menjadi pilihan yang ideal untuk memperindah rumah Anda.

2. Knock Up

Jenis furnitur kedua adalah knock up furniture, yang telah dirancang secara permanen sehingga tidak dapat di montir atau dilipat. Knock up furniture umumnya memiliki ukuran yang sesuai untuk ruangan. Furniture ini cocok digunakan dalam situasi yang tidak memerlukan penggantian tempat secara rutin. Contohnya adalah lemari, meja, dan sejenisnya. Dengan desain yang kokoh dan tidak mudah berubah, knock up furniture merupakan pilihan yang tepat untuk kebutuhan furniture yang tetap dan tahan lama.

3. Knock Down

Jenis furniture selanjutnya adalah knock down yang sangat cocok digunakan untuk rumah minimalis. Furniture jenis knock down ini memiliki ciri yaitu mudah dipindahkan dan juga dibongkar pasang. Contoh furniture knock down meliputi tempat tidur, kitchen set, lemari pakaian dll.

4. Mobile

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis furniture mengalami perubahan yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi fungsinya dengan mudah. Keunikan dari desain perabotan ini terletak pada kemudahan dalam pemindahan, seperti pada kursi kantor beroda atau meja komputer. 

Dengan penamaan yang sesuai dengan penggunaannya, setiap bagian dari furniture ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan efisiensi dan kenyamanan yang maksimal. 

5. Built In

Dalam era ini, banyak yang memilih ruangan minimalis dan elegan karena terkesan simpel. Untuk menciptakan suasana eksklusif di rumah, penggunaan jenis furniture built-in menjadi pilihan terbaik. 

Furniture tersebut seringkali disatukan secara permanen dengan hunian, seperti rak TV, rak buku, meja kerja, kabinet, dan rak sepatu. Dengan desain yang terintegrasi, built-in furniture tidak hanya memberikan tampilan estetis namun juga memaksimalkan ruang dengan fungsionalitas yang lebih efisien.

6. Transformer

Perabotan transformable merupakan pilihan cerdas untuk menghadirkan ruang hunian yang elegan dan fungsional. Jenis furniture ini bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan, memberikan kesan simple namun tetap menyediakan ruang gerak yang luas. Cocok digunakan di rumah minimalis untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Dengan satu perabotan multifungsi, Anda bisa menikmati beragam manfaat dalam satu waktu. Transformable furniture adalah solusi praktis untuk menciptakan hunian yang efisien dan nyaman.

7. Inflatable 

Jenis furniture terakhir adalah inflatable furniture dengan ukuran yang kecil namun bisa diubah ukurannya menjadi lebih besar. Biasanya jenis furniture ini sangat cocok untuk tempat tinggal yang tidak memiliki banyak ruangan, jadi bisa mudah untuk disimpan ditempat yang terbatas.

Contoh dari inflatable furniture seperti meja lipat, rak tangga, sofa bed, spring bed dan lainnya. 

Baca Juga : 7 Cara Mengirim Furniture ke Luar Kota dengan Aman

Tips Memilih Furniture

Dengan banyaknya jenis furniture, tentu Anda perlu beberapa pertimbangan untuk memilih furniture yang tepat sesuai luas ruangan dan juga budget yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa tips memilih furniture yang bisa Anda lakukan, seperti : 

1. Tentukan Ukuran yang Sesuai

Untuk membeli sebuah furniture, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan ukuran furniture. Tentukan ukuran furniture sesuai dengan luas ruangan di rumah. 

Belilah furniture yang tidak terlalu kecil namun juga tidak terlalu besar sehingga hanya menyisakan space kecil saja. Usahakan membeli furniture dengan ukuran yang proporsional, sehingga masih ada space ruangan untuk beraktifitas. 

2. Tentukan Warna

Setelah menentukan ukuran, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan warna. Pemilihan warna juga sangat penting untuk menambah kesan lebih menarik. Carilah furniture dengan tone warna senada supaya lebih serasi ketika dilihat mata. 

3. Sesuaikan Budget

Tips selanjutnya yang sangat perlu diperhatikan ketika memilih furniture adalah carilah furniture sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jangan pilih furniture dengan harga yang terlalu murah, namun juga terlalu mahal melebihi kemampuan Anda. 

4. Pilih Bahan yang Berkualitas

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah pilihlah bahan berkualitas ketika memilih furniture. Furniture merupakan barang yang diperlukan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga pastikan bahan furniture tersebut awet digunakan. Jangan sampai Anda membeli furniture dengan bahan seadanya hingga membuat boros karena perlu membeli yang baru lagi.

Baca Juga : 6 Cara Packing Meja yang Aman Sampai Tujuan

Kirim Furniture dengan Aman bersama Troben 

Anda butuh jasa pengiriman barang yang aman untuk kirim berbagai jenis furniture? Troben mempunyai layanan Troben Cargo yang siap membantu kirim barang dengan aman. Troben Cargo siap mengirimkan barang besar minimal 10 kg.

Layanan Troben Cargo kami memberikan banyak keuntungan mulai dari layanan penjemputan barang, asuransi pengiriman, packing aman, hingga tarif ongkir yang murah. Yuk kirimkan furniture Anda dengan tenang dengan pesan layanan Troben Cargo melalui aplikasi kirim barang Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel