Home » Seputar Logistik » 7 Jenis Kapal Kargo Sering Digunakan dalam Jasa Pengiriman

7 Jenis Kapal Kargo Sering Digunakan dalam Jasa Pengiriman

jenis kapal kargo

Sering menggunakan jasa cargo, namun pernah penasaran tidak dengan jenis kapal kargo sering digunakan untuk mengangkut barang-barang Anda? Pada era transportasi lagi maju-majunya ini, membuat bertambahnya permintaan akan pengiriman barang dari satu daerah ke daerah lain.  Apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan, membuat ekspedisi via kapal laut menjadi jalur alternatif sangat sering digunakan. Jika ditelusuri lebih dalam, sudah banyak jenis-jenis kapal kargo sering dimanfaatkan dalam kebutuhan pengiriman dengan jumlah besar. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai jenis-jenis kapal kargo, fungsinya masing-masing hingga kekurangan dan kelebihannya. Agar tidak ketinggalan informasi mengenai kapal-kapal tersebut, yuk baca artikel ini sampai habis!

7 Jenis Kapal Kargo Pengangkutan Barang

Jenis Kapal Kargo Untuk Pengangkutan Barang

Jenis Kapal Kargo Pengangkutan Barang

Baca Juga: Tarif Cargo Kapal Pelni: Berikut Penjelasan beserta Jalurnya!

Dalam memenuhi kebutuhan pengiriman lintas pulau, ekspedisi laut menjadi salah satu metode transportasi sangat efektif untuk pengiriman dalam skala kargo. Namun kira-kira apa saja ya jenis-jenis kapal kargo yang sering digunakan?  Ada puluhan kapal kargo acap kali dipakai untuk jasa ekspedisi pengiriman cargo, dimulai dari kapal kargo umum yang memuat banyak barang, hingga kapal pembangunan untuk kebutuhan infrastruktur di laut. Berikut 7 jenis kapal kargo pengangkutan barang yang sering digunakan.

1. Kapal Ro-Ro (Roll-on/Roll-off)

Kapal Ro-Ro (Roll-onRoll-off)

Kapal Ro-Ro (Roll-onRoll-off)

Jenis Kapal Ro-Ro dirancang secara spesifik agar mengangkut kendaraan bermotor, seperti mobil, truk, dan peralatan berat yang dapat masuk dan keluar dari kapal dengan mudah. Kapal ini memiliki keunggulan yaitu landasan bisa dilipat, memungkinkan kendaraan dengan cepat ‘roll-on’ dan ‘roll-off’ dari kapal.

2. Kapal Pengangkut Kargo Berat (Heavy Lift Vessel)

Kapal Pengangkut Kargo Berat (Heavy Lift Vessel)

Kapal Pengangkut Kargo Berat (Heavy Lift Vessel)

Jenis Kapal pengangkut kargo berat adalah kapal mampu mengangkut muatan berat dan besar yang tidak dapat diangkut oleh jenis kapal lainnya. Seperti namanya, kapal ini sudah dilengkapi dengan kran atau peralatan khusus agar dapat mengangkat dan menurunkan muatan berat dengan mudah.

3. Kapal Pembangunan (Construction Vessel)

Kapal Pembangunan (Construction Vessel)

Kapal Pembangunan (Construction Vessel)

Seperti namanya kapal pembangunan adalah kapal khusus digunakan untuk mendukung proyek konstruksi di laut, termasuk pembangunan fasilitas lepas pantai, pemeliharaan platform minyak, dan instalasi kabel bawah laut. Jadi misalkan Anda melihat adanya fasilitas konstruksi di Tengah laut, itu berkat bantuan kapal ini.

4. Kapal Kargo Curah

Kapal Kargo Curah

Kapal Kargo Curah

Salah satu jenis kapal kargo digunakan untuk angkutan laut adalah kapal kargo curah atau bulk carrier. Kapal ini dikhususkan untuk mengangkut muatan curah seperti batu bara, biji besi, dan biji-bijian. Kapal kargo curah hanya dapat mengangkut satu jenis kargo, tidak seperti kapal kontainer.

5. Kapal Kargo Umum

Kapal Kargo Umum

Kapal Kargo Umum

Kapal kargo umum adalah jenis kapal pertama kali diproduksi secara massal selama Perang Dunia II. Kapal ini dapat mengangkut berbagai jenis kargo, termasuk kargo kantung, kargo curah, dan kontainer. Kapal kargo umum modern memiliki dua dek biasa disebut “twin decker” memungkinkan untuk menampung berbagai jenis muatan.

6. Kapal Kontainer

Kapal kontainer dirancang khusus untuk mengangkut peti kemas dengan berbagai muatan tertentu. Peti kemas sendiri adalah kotak yang berisi berbagai barang berbeda. Jika Anda pernah melihat banyak container ditumpuk di atas kapal, maka itu kapal container.

7. Kapal Tanker

Kapal Tanker

Kapal Tanker

Kapal terakhir yang bisa diandalkan ialah kapal tanker, biasanya ini digunakan untuk membawa minyak maupun bahan-bahan kimia. Kapal ini dirancang dengan sistem keselamatan tinggi untuk mengangkut bahan berbahaya seperti minyak mentah, bahan bakar, dan produk kimia seperti soda kaustik dan metanol. Baca juga: 5 Perbedaan Pengiriman Reguler dan Kargo, Lebih Cepat Mana?

Penutup

Khusus jasa ekspedisi dan pengiriman cargo via laut, tentu sudah banyak jenis kapal kargo dengan fungsi memfasilitasi pergerakan kargo di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dari kapal kargo jenis Ro-Ro hingga kapal tanker, semuanya memiliki peran dan fungsinya masing-masing dalam industri logistik.  Semakin berkembangnya teknologi dan inovasi, masa depan ekspedisi laut akan semakin maju dan canggih. Jika Anda merupakan salah satu pemilik dari perusahaan yang membutuhkan kapal kargo mengirimkan barang-barang sesuai dengan kebutuhan, maka bisa menggunakan jasa pengiriman barang dari Aplikasi Pengiriman barang Troben.  Karena selain memiliki fasilitas layanan kargo lengkap, kami juga menawarkan harga lebih kompetitif dari yang lainnya. Bagaimana tidak? di mulai harga Rp 3000/Kg saja Anda sudah bisa kirim barang dengan minimal berat 10 meskipun dalam skala kargo. Bila membutuhkana jasa pengiriman via kapal dengan tarif paling.

 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel