Home » Seputar Logistik » 6 Jenis Towing Mobil Yang Sering Digunakan di Indonesia 

6 Jenis Towing Mobil Yang Sering Digunakan di Indonesia 

jenis towing mobil

Dalam jasa ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman kendaraan roda empat tentunya membutuhkan towing mobil sebagai armada untuk pengiriman kendaraan tersebut ke berbagai daerah. 

Penggunaan towing mobil yaitu menampung mobil secara utuh untuk pengiriman ke tujuan dengan cara kendaraan akan naik ke bagian belakang armada (digendong), pilihan jenis towing mobil sudah beragam. 

Pengiriman mobil melalui proses derek mobil bisa memperlancar pengiriman menuju daerah jauh.

Sebenarnya apa itu towing mobil? Towing mobil merupakan sebuah proses pengangkutan kendaraan secara penuh dengan menggunakan truk derek. 

Truk towing merujuk pada truk yang mampu mengangkat dan mengangkut mobil dengan mengaitkan kendaraan padabagian belakang (kendaraan akan naik pada bagian belakang truk). 

Biar Anda makin tahu tentang derek mobil terutama jenisnya yang sering digunakan di Indonesia, simak artikel ini sampai selesai karena akan dibahas tuntas, pastikan baca sampai habis ya!

Baca juga: 4 Jenis Truk Engkel Untuk Mengangkut Barang

Ternyata Ini Jenis Towing Mobil Yang Populer di Indonesia

Mau tahu apa saja jenis towing mobil populer di Indonesia? Simak pada poin-poin di bawah ini!

1. Full Towing

full towing

Jenis towing mobil pertama yaitu full-towing. Jenis layanan ini adalah layanan pengiriman mobil secara door to door menggunakan mobil derek. 

Dengan jenis ini kendaraan yang dapat dimuat dalam truk tersebut sebanyak 1 buah sehingga bisa lebih terjamin keamanannya.

2. Towing-Car Carrier-Towing

Towing-Car Carrier-Towing

Jenis towing mobil selanjutnya yaitu towing-car carrier-towing. Jenis ini merupakan layanan pengiriman mobil dengan kapasitas pengangkutan hingga 6 kendaraan dalam sekali angkut. 

Melalui jenis ini, proses pengiriman mobil dalam jumlah banyak menjadi lebih efisien.

3. Towing Kapal Towing

towing kapal towing

Towing-kapal-towing merupakan jenis layanan pengiriman mobil via jalur laut. Melalui jenis ini, kendaraan akan diangkut menggunakan kapal, jenis ini sangat cocok buat Anda yang ingin mengangkut berbagai jenis kendaraan, termasuk kendaraan mati.

Baca juga: Jenis Truk Trailer yang Sering Digunakan untuk Mengirimkan Barang

4. Towing Dengan Tali

towing dengan tali

Proses towing menggunakan metode ini merupakan cara simpel untuk menarik kendaraan tak bisa bergerak. 

Jenis ini menggunakan tali kuat sebagai penghubung antara kendaraan yang akan ditarik dengan kendaraan pendorong. 

Pastikan tali yang digunakan terbuat dari bahan kuat dan gak gampang putus. 

5. Towing Dengan Bar

towing dengan bar

Jenis ini dilakukan dengan menggunakan bar yang terbuat dari baja atau aluminium dengan dilengkapi roda dan rem. Derek jenis ini sebagai cara lebih aman dibanding towing dengan tali. Bar tersebut dihubungkan ke kendaraan pendorong dengan menggunakan tali atau rantai.

6. Towing Dengan Trailer

towing dengan trailer

Towing dengan trailer adalah sebuah cara paling umum dilakukan untuk menarik kendaraan yang tidak bisa bergerak. 

Proses ini menggunakan trailer yang terhubung ke kendaraan pendorong dengan tali atau rantai sebagai penghubung. 

Trailer ini dapat berupa trailer kecil yang dapat mengangkut satu kendaraan atau trailer besar yang dapat mengangkut beberapa kendaraan. 

Jenis ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan kecelakaan atau kerusakan pada kendaraan yang ditarik.

Baca juga: Perbedaan Derek dan Towing Dalam Proses Pengangkutan Mobil!

Jasa ekspedisi dalam operasionalnya membutuhkan derek mobil untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terkait pengiriman kendaraan roda empat.

Tiap jasa ekspedisi memiliki jenis towing mobil yang bisa jadi berbeda-beda tergantung kelengkapan armadanya. Jasa ekspedisi yang memiliki jenis towing lengkap pasti menjadi incaran masyarakat yang ingin mengirimkan kendaraan roda empat ke daerah tujuan. 

TrawLbens merupakan sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang menyediakan jasa pengiriman mobil ke seluruh wilayah Indonesia. Layanan pengiriman kendaraan bersama kami dijamin terlengkap. Kami memiliki 3 jenis towing mobil yaitu full-towing, towing-car carrier-towing, dan towing kapal towing. 

Bagi Anda yang ingin mengirim mobil dengan layanan terlengkap, sudah pasti TrawLbens jawabannya. Selain lengkap, tarif yang ditawarkan pasti murah dan dijamin keamanannya. Yuk segera hubungi nomor CS kami atau download aplikasi kirim barang TrawLbens sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel