Home » Seputar Logistik » Mesin Frais: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja

Mesin Frais: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja

Mesin Frais

Mesin frais merupakan mesin perkakas yang berfungsi dalam melakukan proses pemotongan sebuah material secara akurat. Alat mesin ini banyak ditemukan dalam dunia industri.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan apa itu pengertian mesin frais beserta fungsi, jenis, dan cara kerjanya dalam proses pemotongan. Berikut simak penjelasan selengkapnya pada artikel di bawah berikut ini!

Pengertian Mesin Frais

Mesin frais adalah salah satu jenis peralatan mekanis yang digunakan untuk memproduksi benda kerja dengan berbagai  bentuk, seperti bidang, miring, alur, bidang, roda gigi, dan beberapa permukaan berbentuk lainnya. Mesin ini bekerja dengan cara memutar seperti penggilingan dengan kecepatan tinggi untuk menghilangkan material benda kerja.

Mesin frais dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkat otomatisasinya, jenis pemotong, dan sumbu gerakannya. Hasil kerja dari mesin ini dapat terlihat ke berbagai macam bentuk dan fitur dengan ukuran yang akurat.

Fungsi Mesin Frais

Fungsi utama mesin frais adalah sebagai alat pemotong material dengan berbagai bentuk permukaan benda sesuai kebutuhan. Selain itu, berikut beberapa fungsi yang bisa diperoleh dari menggunakan mesin pemotong ini.

1. Pemotongan Presisi

Mesin frais mampu melakukan pemotongan material dengan presisi sangat tinggi sesuai desain yang diinginkan. Proses pemotongan ini juga melibatkan penggunaan alat yang dipilih secara hati-hati sehingga hasil pemotongan berkualitas.

2. Pengerjaan Kompleks

Mesin pemotong ini memiliki kemampuan yang fleksibel dan sangat berguna dalam mengerjakan komponen mesin yang kompleks. Hal ini yang membuat mesin frais menjadi salah satu mesin perkakas paling penting dalam proses produksi.

3. Pembentukan Komponen

Fungsi selanjutnya adalah mesin ini mampu menciptakan berbagai macam bentuk komponen mesin. Bahkan mesin ini mampu membentuk komponen kompleks seperti roda gigi, lubang, dan permukaan datar dengan presisi yang tinggi. Salah satu fungsi utama mesin frais adalah untuk membentuk berbagai macam komponen mesin. Mesin ini mampu membuat bentukan-bentukan kompleks seperti roda gigi, alur, lubang, dan permukaan datar dengan presisi yang tinggi. 

4. Finishing Permukaan

Mesin ini juga digunakan untuk proses finishing pada permukaan material dengan melibatkan penggunaan pahat frais yang dipilih secara khusus agar hasil akhir memiliki mutu tinggi. Sehingga, produk yang ditampilkan memiliki kualitas yang unggul.

 

Baca Juga: Inilah Beragam Jenis Mesin Pabrik Kelapa Sawit

Jenis Mesin Frais

Mesin frais dapat diklasifikasikan lagi ke beberapa jenis berdasarkan faktor seperti tingkat otomatisasi, jenis pahat frais, hingga jumlah sumbu pergerakan. Dalam dunia industri, jenis mesin ini yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

1. Vertikal

Jenis yang pertama adalah mesin frais vertikal yang memiliki spindel berputar secara vertikal. Mesin ini biasanya digunakan untuk memproduksi berbagai bentuk benda seperti bidang miring, datar, roda gigi, hingga alur.

2. Horizontal

Mesin ini memiliki spindel yang berputar secara horizontal digunakan untuk memotong berbagai material benda kerja yang berbentuk miring, datar, alu, dan lain-lain.

3. Universal

Berbeda dengan jenis vertikal dan horizontal, mesin ini justru merupakan gabungan dari keduanya. Spindle pada mesin memiliki posisi tegak dan datar sehingga bisa digunakan untuk memotong banyak jenis material menggunakan mesin ini.

4. CNC

CNC merupakan mesin yang dikendalikan oleh komputer. Jenis mesin ini mampu memproduksi benda kerja dengan bentuk yang sama presisi satu sama lain. 

 

Baca Juga: Jenis Mesin Jahit dan Perbedaan Mesin Obras dan Overdeck

Cara Kerja Mesin Frais

Secara keseluruhan, prinsip kerja mesin frais dilakukan oleh pahat yang berasal dari putaran spindel. Pahat ini diketahui terbuat dari bahan seperti baja perkakas, karbida, atau baja karbon tinggi. Adapun prinsip kerja lainnya berdasarkan jenis mesin adalah sebagai berikut:

1. Prinsip Kerja

a. Gerakan vertikal

Yaitu gerakan naik turun pada handle vertical untuk proses feeding atau pemakanan.

b. Gerakan horizontal

Gerakan cranked handle yang mengatur gerakan ke kanan dan ke kiri dengan sakala 0,02 mm untuk proses pemakaman.

c. Gerakan melintang

Yaitu gerakan ke arah melintang pada head stock mesin.

d. Gerakan berputar

Yaitu gerakan perputaran dari alat untuk proses pemakanan benda kerja.

2. Gerakan Mesin

Setelah mengetahui prinsip kerja mesin, terdapat pula gerakan – gerakan yang dapat dilakukan pada mesin tersebut, yaitu:

a. Gerakan berputar adalah gerakan utama yang dilakukan oleh alat potong yang ketika sambil memotong, pisau tersebut berputar pada sumbunya.

b. Gerakan kedua adalah gerakan peningkatan yang menggunakan sisi pisau cutter masu ke dalam material benda tersebut sehingga harus dijepit pada ragum.

c. Gerakan pemakanan adalah gerakan berbentuk lurus atau melingkar pada benda kerja di sepanjang daerah yang akan dipotong.

d. Gerakan pemotongan, merupakan gabungan dari ketiga gerakan berputar, peningkatan, dan pemakanan.

3. Metode Pemotongan

a. Metode pemotongan searah

Metode pemotongan ini memiliki sisi permukaan yang lebih halus. Putaran pisau pada mesin ini memotong searah sesuai dengan gerak maju benda kerja tersebut.

b. Metode pemotongan berlawanan arah

Metode pemotongan ini biasanya digunakan pada semua jenis mesin, yang mana putaran pisau memotong berlawanan arah dengan gerak maju benda kerja. Pada bagian pemotongan sisi ini, benda kerja dapat terangkat akibat adanya pemotongan.

c. Metode pemotongan netral

Metode pemotongan ini menggunakan pisau milling yang memiliki diameter sama dengan lebar benda kerja. Proses pemotongannya dimulai dari pemotongan berlawanan arah sampai tengah benda kerja, lalu dimulai kembali dengan pemotongan searah.

Metode ini harus menggunakan pisau milling yang lebih besar 2,5 dari lebar benda kerja. Hal ini dilakukan untuk mencegah kejelekan dari gaya potong yang berubah-ubah karena ketidaksamaan ketebalan geram.

 

Itu dia penjelasan tentang apa itu mesin frais yang memiliki banyak fungsi untuk pemotongan produk. Jika Anda ingin membeli mesin untuk pengiriman ke alamat perusahaan, gunakan layanan ekspedisi terpercaya dari Troben.

Jasa pengiriman barang Troben hadir memenuhi kebutuhan logistik untuk pribadi, usaha, hingga pengiriman kendaraan. Dilengkapi dengan jaminan asuransi sehingga barang pasti sampai dengan aman. Jadi, jangan ragu menggunakan aplikasi kirim barang dari Troben. Download sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel