Home » Bisnis » Jenis Mesin Jahit dan Perbedaan Mesin Obras dan Overdeck

Jenis Mesin Jahit dan Perbedaan Mesin Obras dan Overdeck

perbedaan mesin obras dan overdeck

Perbedaan mesin obras dan overdeck – Pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Tak heran jika bisnis konveksi tak ada matinya. Bisnis konveksi menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, tak heran kebutuhan mesin jahit juga terus meningkat. Tapi tahukah Anda bahwa banyak jenis mesin jenis jahit seperti mesin obras dan overdeck? Lalu apa perbedaan mesin obras dan overdeck?

Dalam artikel berikut kami akan memaparkan jenis-jenis mesin jahit dan juga perbedaan mesin obras dan overdeck. Untuk itu, mari simak terus artikel berikut.

Baca juga: 5 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula 

Jenis-Jenis Mesin Jahit 

Bagi Anda yang berminat memulai usaha dibidang konveksi, berikut ini adalah jenis-jenis mesin jahit yang perlu diketahui: 

1. Mesin Obras

mesin obras

Jenis mesin jahit yang pertama adalah mesin obras. Mesin ini biasanya digunakan untuk merapikan dan memotong tepi kain. 

Mesin Obras biasanya memiliki tiga atau empat jarum dan spul benang untuk menghasilkan  jahitan yang kuat sehingga tak mudah lepas. Mesin jahit obras cocok untuk proyek-proyek yang membutuhkan jahitan yang elastis dan kuat, seperti pakaian olahraga dan pakaian dalam.

Baca juga: 7 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

2. Mesin Overdeck

mesin overdeck

Mesin Overdeck adalah mesin jahit yang digunakan untuk menjahit ujung bagian bawah kaos, kerah kaos bagian dalam, dan juga menjahit ujung lengan. Ciri khas pada mesin jahit overdeck adalah pada hasil jahitannya. Bagian depan jahitan seperti dua jahitan lurus. Sedangkan bagian belakang hampir sama dengan hasil jahitan obras.

Baca juga: 7 Tips Membuka Usaha Digital Printing, Cocok untuk Pemula!

3. Mesin Jahit Jarum Dua Rantai

mesin jahit jarum dua rantai

Jenis mesin jahit lainnya adalah mesin jahit jarum dua rantai yang biasa digunakan pada bagian dalam rib dan juga sambungan bahu untuk dibuat bisban. Bisban ini biasa digunakan pada jahitan obras supaya terlihat rapi. 

Saat menjahit bisban, penjahit bisa menyisipkan label ukuran pakaian atau nama brand di bagian tengah. Ciri khas dari jahitan mesin ini adalah pada sisi dalam jahitan berbentuk 2 jahitan  lurus berbentuk simetris sedangkan bagian belakang seperti rantai.

Baca juga: Studi Kelayakan Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya

Perbedaan Mesin Obras dan Overdeck

Mesin jahit obras dan overdeck adalah dua jenis mesin jahit yang sering digunakan dalam industri garmen. Terdapat bebereapa perbedaan mesin obras dan overdeck, meskipun juga memiliki beberapa kesamaan.

Perbedaan mesin obras dan overdeck adalah pada jenis jahitan yang dihasilkan. Mesin jahit obras menghasilkan jahitan yang rapi dan kuat, dengan tepian kain yang rata. Jahitan ini sering digunakan untuk merapikan jahitan datar, seperti jahitan dada, jahitan lengan, dan jahitan pinggang.

Mesin jahit overdeck menghasilkan jahitan yang elastis dan kuat, dengan tepian kain yang terpotong. Jahitan ini sering digunakan untuk menjahit bagian-bagian pakaian yang elastis, seperti ujung lengan, ujung kaki, dan leher pakaian.

Perbedaan mesin obras dan overdeck lainnya yaitu pada fungsinya. Mesin obras digunakan untuk merapikan jahitan datar. Sedangkan mesin overdeck digunakan untuk menjahit bagian pakaian elastis.

Untuk mengetahuinya secara ringkas, berikut ini adalah tabel perbedaan mesin obras dan overdeck:

Karakteristik  Mesin Jahit Obras Mesin Jahit Overdeck
Jenis jahitan Jahitan pipih Jahitan elastis
Tepian kain Rata Terpotong
Aplikasi Merapikan jahitan datar Menjahit bagian pakaian yang elastis

Baca juga: Mengenal Peluang Usaha Keagenan, dari Tips dan Keuntungannya 

Demikianlah informasi tentang jenis-jenis mesin jahit dan perbedaan mesin obras dan overdeck. Bila Anda berencana untuk membeli mesin jahit dan berniat untuk dikirim ke luar kota. Pilihlah jasa pengiriman mesin industri yang aman dan terpercaya seperti TrawLbens.

TrawLbens memiliki layanan TrawLpack yang akan membantu pengiriman barang dalam jumlah besar minimum 10 kg. Untuk memastikan mesin jahit aman, kami menyediakan layanan packing dan juga asuransi pengiriman.

Kirimkan mesin jahit dengan mudah, ongkir murah, dan terpercaya melalui TrawLbens. Mulai pemesanan sekarang melalui aplikasi dan pilih layanan layanan TrawLpack untuk mengirimkan mesin jahit Anda! Download aplikasi kirim barang TrawLbens sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel