Home » Seputar Logistik » Ketahui 4 Kriteria Packing Aman Dalam Dunia Ekspedisi

Ketahui 4 Kriteria Packing Aman Dalam Dunia Ekspedisi

Inilah Kriteria Packing Aman

Jika berbicara soal jasa ekspedisi atau jasa cargo, pasti tidak lepas dari bagimana kriteria packing aman atau cara pengemasan barang. Kriteria packing aman untuk barang merupakan salah satu hal penting bagi pengiriman barang, sebab dengan dilindungi oleh packingan, barang akan aman dari resiko kerusakan saat berada dalam perjalanan ke tangan penerima. Hal ini membuat proses packing harus mendapatkan perhatian lebih.

Pentingnya Pengepakan Berkualitas Pada Sebuah Jasa Ekspedisi

proses pengepakan

Kriteria packing aman menjadi syarat dalam pengiriman agar pengiriman berjalan secara lancar. Semua jasa ekspedisi memiliki layanan packing yang mengedepankan kualitas, kecuali jasa ekspedisi abal-abal, sebab jasa ekspedisi seperti itu hanya mementingkan keuntungan saja, jadi mereka tidak memiliki proses packing sesuai kriteria.

Maka dari itu, jika Anda berencana mengirimkan barang ke luar kota, harap perhatikan betul-betul jasa ekspedisi tersebut, apakah memiliki layanan packing sesuai standar ataukah tidak. Sebab yang melindungi barang selama dalam pengiriman hanya packingan tersebut.

Namun bukan berarti sebuah jasa ekspedisi yang memiliki layanan packing langsung dapat dikatakan bagus dan terbaik. Proses pengepakan dan juga material packing perlu diperhatikan oleh setiap pelanggan. Karena proses pengepakan dan material yang tidak sesuai standar akan berpengaruh kepada keamanan barang. Ada beberapa kriteria pengepakan ketika mengirim barang.  Artikel ini akan menjelaskan kriteria packing aman seperti: 

Kriteria Packing Aman pada Sebuah Jasa Ekspedisi

kriteria packing aman

 

Sebuah jasa ekspedisi terbaik, tentu saja memiliki layanan pengepakan yang baik pula. Lalu apa saja kriteria pengepakan tersebut aman dan juga berstandar ?

Memakai Material Berkualitas

Material Yang Berkualitas

hal pertama yang perlu diketahui dalam kriteria packing aman yaitu setiap barang akan lebih aman jika di packing dengan material yang bermutu. Misalnya saja packing kayu, memilih jenis kayu pun perlu memiliki kualitas terbaik. Jenis pohon yang biasanya dipakai untuk packing dalam dunia ekspedisi adalah pohon sengon pohon mahoni yang dikenal kuat dan tahan terhadap kelembaban. Selain packing kayu, packing dari bahan plastik juga cukup banyak dipakai dalam pengiriman barang. Plastik biasa dipakai untuk mengemas barang kiriman adalah plastik yang memiliki gelembung-gelembung udara atau biasa disebut plastic bubble wrap. Plastik bubble wrap dikenal dapat meredam getaran terhadap benturan, sehingga barang didalamnya aman dari kerusakan.

Proses Pengepakan Berstandar

Pengepakan yang berkualitas

Dalam kriteria packing aman tidak melulu harus memakai material berkualitas, tetapi juga harus memperhatikan prosesnya. Seorang staff gudang ekspedisi harus tahu betul soal perhitungan dalam proses pengepakan. Dalam hal ini, dia harus paham soal matematika. Selain itu seorang staff bertugas mempacking barang harus dituntut untuk teliti dan cekatan. Jika salah dalam perhitungan, maka dapat berakibat fatal. Misalnya ketika saat barang ditumpuk, karena packing kayu yang tidak simetris, barang beresiko jatuh dan akhirnya malah merusak barang.

Penandaan Pada Packing

penanda pada packing

Penandaan pada adalah salah satu kriteria packingaman penting untuk diperhatikan. Proses ini dikatakan penting sebab apabila barang yang dipacking tidak diberi semacam kode, maka barang beresiko tertukar, bahkan barang bisa terkirim ke wilayah yang salah yang jauh dari tujuan sebenarnya. Tentu saja jika hal ini terjadi, maka akan sangat merugikan pelanggan dan juga perusahaan ekspedisi yang bersangkutan. Maka dari itu, barang setelah dipacking atau dikepak harus dilabel atau diberi tanda agar barang mudah dikenali dan barang tidak akan tertukar.

Itulah kriteria packing yang aman dalam dunia ekspedisi. Tentunya Troben sebagai jasa ekspedisi murah berbasis aplikasi pertama di Indonesia juga sangat memperhatikan soal packing barang. Sebab Troben berkomitmen akan tetapi menomorsatukan kualitas pelayanan dan standar keamanan.

Tropack merupakan layanan pengiriman barang dari Troben, dengan mematok tarif yang murah serta berat minimal hanya 10kg, layanan ini akan sangat menguntungkan bagi Anda khususnya para pengusaha toko online. Tropack melayani pengiriman barang bertarif murah ke seluruh Indonesia, dengan tetap mengedepankan keamanan barang dengan menghadirkan layanan packing berkualitas. Layanan ini dapat dengan mudah Anda pesan melalui aplikasi Troben. Download aplikasi Troben dan pilih layanan Tropack, lalu Anda tinggal ikuti saja perintah yang ada disitu. Tunggu apalagi, untuk urusan pengiriman barang murah dan mudah, mari sgeera beralih ke Troben. Terima kasih Sudah Membaca Artikel Yang Membahas Mengenai Kriteria Packing Aman Dalam Dunia Ekspedisi. Jangan Lupa Unduh Aplikasi Troben Di App Store Atau Google Play

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel