Home » Seputar Logistik » Ketahui Sekarang 4 Metode Pengiriman Alat Berat

Ketahui Sekarang 4 Metode Pengiriman Alat Berat

Metode Pengiriman Alat Berat

Banyak metode pengiriman alat berat, tampaknya menjadi pekerjaan merepotkan bagi orang yang belum pernah melakukannya sebelumnya. Namun tugas yang tampaknya mustahil dilakukan ini dapat tercapai dengan baik berkat jasa cargo juga staf yang bekerja secara profesional di bidang mereka.

Perusahaan jasa pengiriman barang akan siap bersedia membantu Anda. Kebanyakan perusahaan-perusahaan sudah memiliki reputasi sejarah yang bagus. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, sebagian besar perusahaan tersebut dapat Anda pesan melalui online.

Namun, sebelum memilih perusahaan pengiriman, ada baiknya untuk mendapatkan referensi lisan dari klien sebelumnya. Mendengar secara langsung tentang pengalaman orang lain dengan perusahaan pengiriman yang Anda dapat memberi Anda wawasan tentang apa sebenarnya yang diharapkan.

Aspek penting lainnya untuk mengirim alat anda adalah memutuskan dengan tepat cara terbaik untuk mengirimkannya. Metode pengiriman alat berat cukup banyak, sebagian besar akan ditentukan oleh ukuran bentuk muatan. Berikut ini adalah empat metode pengiriman alat berat yang paling umum digunakan oleh perusahaan pelayaran terkemuka saat ini :

Metode Pengiriman Alat Berat Dengan Kontainer

Metode Pengiriman Alat Berat Dengan Kontainer

Metode Pengiriman Alat Berat Dengan Kontainer

Metode lama dalam dunia pelayaran adalah dengan kontainer. Saat mengirimkan alat berat berukuran besar, mungkin tidak mungkin untuk dimasukkan ke dalam peti kemas. Jadi metode ini tidak dapat dipilih untuk pengiriman alat berat Anda.

Ada kelebihan atau kekurangan dalam metode ini. Kelebihan utamanya adalah kemudahan transportasinya. Sementara kerugian terbesarnya adalah tenaga dan waktu yang diperlkan untik membongkar dan merakit mesin. Jika pengiriman dengan peti kemas bukanlah sesuatu yang akan berhasil untuk pengiriman alat berat Anda, maka metode berikut mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lift In – Lift Out

Lift In - Lift Out

Metode Pengiriman Alat Berat Lift In – Lift Out

  Metode ini juga dikenal dengan LoLo, Lift On / Lift Off adalah praktik pengangkutan alat berat dengan menggunakan derek untuk di angkat langsung ke atas alat pengangkut yang sesuai seperti trailer. Secara teori, LoLo adalah metode ini relatif sederhana, namun kebutuhan crane yang mampu mengangkat dan memindahkan beban Anda, serta kru yang terlatih khusus untuk mengoperasikan crane dapat mengakibatkan biaya pengiriman alat berat Anda mungkin menjadi tinggi.

Roll-on / Roll-off

Kapal Roro

Metode Pengiriman Alat Berat Menggunakan Kapal Roro

Roll – on / Roll – off, atau RoRo, adalah cara termudah untuk memuat dan mengirim alat berat, asalkan kiriman Anda memiliki kemampuan untuk bergerak dengan mesin. Alat berat beroda dapat dengan mudah dimuat ke semua jenis alat angkut pengiriman, baik itu trailer, kontainer, atau geladak kapal. Kemampuan ini akan menghemat waktu dan uang Anda, satu-satunya kelemahan adalah mesin beroda cenderung mengambil ruang dan kesulitan logistik menumpuk mesin beroda untuk memaksimalkan ruang yang ada.

Pengiriman Rak Datar

Pengiriman Rak Datar

Metode pengiriman alat berat Rak Datar

Truk dengan rak datar memecahkan masalah kompatibilitas susun. Intinya, rak datar adalah wadah untuk pengiriman tanpa dinding samping atau atap, yang memungkinkan pengirim untuk menaikkan alat berat mereka ke permukaan wadah yang dapat dimuat tanpa dibatasi oleh batasan dimensinya.

Metode ini adalah praktik yang sangat umum dalam pengiriman karena bagian bawah kontainer standar berukuran dua puluh hingga empat puluh kaki akan muat di semua trailer dan di bagian atas tumpukan kontainer. Kekurangan dari metode ini adalah pada dasarnya membiarkan alat berat Anda terkena oleh elemen-elemen yang terkena saat dalam perjalanan.

Dalam merancang strategi pengiriman alat berat, keselamatan dan efisiensi menjadi kunci utama. Memilih metode pengiriman yang tepat memastikan bahwa alat berat tiba dengan selamat dan dalam kondisi optimal. Jangan lupakan pilihan kendaraan yang sesuai dengan berat dan dimensi alat berat Anda. Setiap langkah perencanaan dan pelaksanaan harus dijalankan dengan presisi dan koordinasi yang baik. Dengan memanfaatkan teknologi dan logistik terkini, pengiriman alat berat dapat menjadi lebih mudah, lebih aman, dan lebih efisien. Jaga kualitas dan kehandalan pengiriman Anda untuk mendukung kelancaran operasional dan kesuksesan proyek Anda.

Demikianlah 4 metode pengiriman alat berat yang umumnya diterapkan oleh perusahaan. Untuk mendukung pengiriman Anda menjadi lancar, Anda dapat memakai layanan dari Troben, Troben adalah perusahaan pengiriman barang yang akan selalu siap membantu pengiriman barang Anda. Anda tinggal download aplikasi cargo Troben di Google Play & App Store atau cek ongkos kirimnya di laman resmi Troben.

 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel