Home » Seputar Logistik » Macam-Macam Ekspedisi Untuk Pengiriman Barang

Macam-Macam Ekspedisi Untuk Pengiriman Barang

macam macam ekspedisi

Macam macam ekspedisi – Berkembangnya ekonomi tak lepas dari kirim – mengirim barang, baik untuk produksi hingga kebutuhan pribadi rumah tangga. Anda mungkin sudah sering menggunakan jasa ekspedisi barang, khususnya kargo. Mungkin Anda sudah mengetahui tarif pengiriman dari beberapa kota ke kota lainnya. Namun, kemungkinan besar Anda belum mengetahui tentang jenis – jenis pengiriman yang pernah Anda gunakan.

Pada dasarnya, jenis ekspedisi kargo sendiri dibedakan dari jalur yang dilalui armada yang digunakan. Jangkauan wilayah menjadi pertimbangan jalur mana yang paling efektif. Selain itu, jenis barang dan waktu pengiriman juga jadi faktor lainnya. Di artikel kali ini kami akan membahas tentang macam macam ekspedisi yang bisa Anda gunakan.

Macam Macam Ekspedisi dan Pengiriman yang Bisa Digunakan

Ada 3 jenis ekspedisi kargo yang bisa anda gunakan saat ini. Antara lain:

1. Pengiriman Cargo via Udara

Yang pertama adalah jenis ekspedisi kargo melalui jalur udara, dimana armada utamanya adalah pesawat terbang. Karena waktu pengirimannya yang dianggap paling cepat, banyak orang yang menggunakan jenis ekspedisi ini. Selain itu, jadwal yang teratur juga jadi alasan kuat kalau kirim barang via pesawat paling tepat waktu. Oleh karena itu, jenis pengiriman ini pun menjadi andalan pengiriman barang yang cepat dan tepat waktu.

Disamping itu, jenis ekspedisi kargo lewat udara ini punya kekurangan yang juga jadi pertimbangan banyak orang Indonesia, yakni ongkirnya terpaut mahal. Perusahan yang punya layanan ini menawarkan harga atau ongkir yang tinggi dibanding layanan lainnya. Selain itu, potensi overload yang sering terjadi ketika musim liburan.

2. Pengiriman Cargo via Laut

Jenis ekspedisi kargo selanjutnya adalah melalui jalur laut. Tarif ongkirnya yang paling murah menjadi pilihan tepat untuk pengiriman barang dengan volume besar dan cakupan yang jauh. Kapal memiliki lebih banyak ruang untuk jenis cargo, sehingga sering digunakan untuk mengirim barang-barang yang besar. Misalnya: mesin industri antar pulau atau pengiriman alat transportasi dari satu pulau ke pulau lainnya.

Selain itu, kelebihan dalam menjangkau pulau-pulau dimiliki oleh jenis pengiriman ini. Apalagi, Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan oleh selat perairan. Namun, waktu pengiriman barang dengan kapal laut ini lebih lama dari pada menggunakan pesawat. Dan pada beberapa kemungkinan, jadwal dan biayanya bisa berubah-ubah karena beberapa faktor.

Baca Juga: Pelajari Jenis dan Tips Memilih Mobil Ekspedisi di Sini!

3. Pengiriman Cargo via Darat (Kereta)

Yang terakhir adalah melalui jalur darat. Ada banyak armada yang digunakan, namun umumnya pengiriman cargo via darat ini memakai kereta atau truk. Jenis pengiriman ini juga banyak digunakan untuk mengirim berbagai jenis barang. Namun, keterbatasan jangkauan wilayah menjadi kekurangan jenis pengiriman cargo ini.

Pertama, jenis pengiriman cargo menggunakan armada kereta sendiri punya 2 pilihan, yakni kereta express dan kereta parcel atau barang. Bedanya terletak pada jenis keretanya itu sendiri. Dimana, kereta express merupakan kereta penumpang yang telah dilengkapi dengan gerbong barang cargo khusus. Sedangkan kereta parcel tidak memiliki gerbong penumpang, karena semuanya merupakan gerbong barang. Salah satu penyedia jasa logistik kereta api ialah Rail Express milik KAI.

Kelebihan ekspedisi menggunakan kereta adalah ongkir yang terjangkau dan ekonomis. Apalagi, ekspedisi ini bisa melayani pengiriman dalam jumlah banyak. Selain bisa menghemat ongkir, waktu pengiriman menggunakan kereta tepat waktu. Hal ini dikarenakan kereta bisa melaju tanpa adanya hambatan.

Disamping kelebihannya itu, kekurangan jenis pengiriman cargo dengan kereta ialah barang yang hendak dikirim harus memiliki berat minimal tertentu. Selain itu, pengawasan terhadap barang seperti uji peti yang mencurigakan hingga pemeriksaan yang ketat sering terjadi. Jadi, pengirim harus memberikan penjelasan yang lengkap perihal barang yang ingin dikirimnya.

4. Pengiriman Cargo via Darat (Truk)

Kedua, pengiriman kargo menggunakan truk, atau biasanya disebut dengan trucking. Layanan ini sangat umum dan banyak digunakan oleh orang di kota karena jalurnya yang mudah dijangkau. Untuk ketepatan waktu, pengiriman menggunakan truk ini cukup fleksibel. Hal ini dikarenakan faktor pengemudi, armada truk yang digunakan hingga kondisi lalu lintas di perkotaan yang tidak pasti.

Biasanya, trucking ini punya 2 jenis, yakni Full Truck Load atau FTL dan Less Than Truckload atau LTL. FTL dikhususkan untuk barang yang punya volume cukup besar, karena Anda bisa menyewa 1 truk penuh hanya untuk barang kiriman sendiri. Dengan layanan khusus ini, tentunya harga yang ditawarkan cenderung mahal.

Sedangkan jenis LTL mengharuskan barang kiriman Anda bercampur dengan orang lain. Artinya, pihak penyedia jasa mengumpulkan beberapa barang konsumen yang membutuhkan layanan sejenis sampai seluruh kapasitas muatan sudah sesuai dan terisi penuh. Sebaliknya, harga yang ditawarkan jenis ini bisa lebih murah.

Baca Juga: Mobil Box: Keunggulan dan Jenisnya dalam Jasa Pengiriman

Penutup

Itulah macam macam ekspedisi yang bisa Anda gunakan. Nah, jika Anda membutuhkan jasa pengiriman kargo berkualitas dengan harga murah dan cara pemesanan yang mudah, Anda bisa menggunakan Troben. Troben memiliki layanan Tropack yang menyediakan jasa kirim barang antar kota terpercaya di Indonesia. Download aplikasi Troben di google play & app store sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel