Home » Seputar Logistik » Inilah 3 Pelabuhan di Banyuwangi

Inilah 3 Pelabuhan di Banyuwangi

pelabuhan di banyuwangi

Banyuwangi dikenal dengan keindahan alamnya dan pelabuhan-pelabuhan strategis yang berperan penting dalam transportasi dan perdagangan. 

Terletak di ujung pulau Jawa, tentu saja Banyuwangi menjadi jalur transportasi penghubung dari Jawa ke Pulau Bali. Tak heran jika ada pelabuhan di Banyuwangi yang sangat sibuk sebagai jalur penghubung antara dua pulau ini. 

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang daftar pelabuhan di Banyuwangi. Yuk simak disini!

Baca Juga : 7 Pelabuhan di Papua, Pintu Gerbang Logistik Indonesia Timur

3 Daftar Pelabuhan di Banyuwangi

Pelabuhan di Banyuwangi bukan hanya sekedar tempat untuk berlabuhnya kapal-kapal, tetapi juga menjadi nadi penghubung antara Jawa dan Bali serta berbagai daerah lainnya. Pelabuhan-pelabuhan di Banyuwangi memiliki peranan yang berbeda-beda, seperti : 

1. Pelabuhan Penyeberangan Ketapang

Pelabuhan Penyeberangan Ketapang adalah salah satu pelabuhan paling penting di Banyuwangi. Pelabuhan ini merupakan pintu gerbang utama bagi penyeberangan antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Dengan fasilitas yang memadai, pelabuhan ini melayani ratusan kapal feri setiap harinya yang menghubungkan Banyuwangi dengan Gilimanuk di Bali.

Pelabuhan Ketapang tidak hanya penting bagi transportasi penumpang, tetapi juga untuk pengangkutan barang. Banyak truk dan kendaraan pengangkut lainnya yang menggunakan pelabuhan ini untuk distribusi logistik antar pulau. Selain itu, keindahan panorama laut di sekitar pelabuhan ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pelabuhan penyeberangan Ketapang termasuk pelabuhan tersibuk yang menghubungkan dua pulau besar di Indonesia. Setiap harinya baik pagi, siang, atau malam sangat padat aktivitas lalu lalang di pelabuhan seperti kapal untuk pengangkutan barang maupun kapal penumpang.

Puncak aktivitas di Pelabuhan Ketapang adalah saat musim liburan yaitu ketika orang-orang ingin liburan ke Pulau Bali dari juga musim mudik libur lebaran. Pelabuhan Penyeberangan Ketapang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. 

2. Pelabuhan Tanjung Wangi

Pelabuhan Tanjung Wangi adalah pelabuhan komersial yang terletak di utara Banyuwangi. Pelabuhan ini memiliki peran strategis dalam aktivitas ekspor-impor barang, terutama produk-produk pertanian, perikanan, dan hasil tambang dari daerah sekitar.

Pelabuhan Tanjung Wangi dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti dermaga, gudang, dan peralatan bongkar muat yang canggih. Kehadiran pelabuhan ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi Banyuwangi dan sekitarnya. Selain itu, pelabuhan ini juga sering digunakan untuk kapal-kapal pesiar yang membawa wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan Banyuwangi dan sekitarnya.

Pelabuhan Tanjung Wangi berfungsi sebagai pelabuhan multipurpose yang melayani bongkar muat barang dan juga penumpang. Terdapat beberapa fasilitas di Pelabuhan Tanjung Wangi seperti peti kemas, pelabuhan curah, terminal general cargo, terminal penumpang, gudang, dan lainnya. Pelabuhan ini terletak di Desa Temenggungan, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. 

3. Pelabuhan Tumpang

Pelabuhan Tumpang adalah pelabuhan kecil yang terletak di wilayah selatan Banyuwangi. Meskipun tidak sebesar dan sepopuler Pelabuhan Ketapang atau Tanjung Wangi, Pelabuhan Tumpang memiliki peran penting dalam aktivitas perikanan dan transportasi lokal.

Pelabuhan ini biasanya digunakan oleh nelayan setempat untuk berlabuh dan menjual hasil tangkapan mereka. Selain itu, pelabuhan ini juga melayani kapal-kapal kecil yang menghubungkan Banyuwangi dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dengan suasana yang lebih tenang, Pelabuhan Tumpang juga menjadi destinasi menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pesisir yang autentik.

Pelabuhan ini melayani bongkar muat dan hasil laut, tak heran jika terdapat fasilitas seperti terminal perikanan, pasar ikan, cold storage, pabrik pengolahan ikan dan lainnya. 

Ketiga pelabuhan ini menunjukkan pentingnya Banyuwangi sebagai penghubung transportasi dan ekonomi di Jawa Timur. Setiap pelabuhan memiliki karakteristik dan peran unik yang berkontribusi pada kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat. Keberadaan pelabuhan-pelabuhan ini tidak hanya mendukung kegiatan ekonomi, tetapi juga membuka peluang besar dalam sektor pariwisata dan perdagangan.

Demikian informasi tentang daftar pelabuhan di Banyuwangi. Bagi Anda yang ingin melakukan pengiriman barang dari pelabuhan di Banyuwangi Troben melayani pengirimannya dengan aman. 

Kami melayani jasa pengiriman barang via laut dengan tarif hemat dan aman. Jasa pengiriman barang kami memberikan banyak keuntungan seperti layanan penjemputan barang, asuransi pengiriman, layanan pengemasan barang, dan tentu saja tarif pengiriman yang murah. Kirim barang Anda melalui pelabuhan di Banyuwangi dengan aman bersama Troben dengan cara download aplikasi kirim barang Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel