Home » Seputar Logistik » 7 Pelabuhan di Papua, Pintu Gerbang Logistik Indonesia Timur

7 Pelabuhan di Papua, Pintu Gerbang Logistik Indonesia Timur

Pelabuhan di Papua

Papua memiliki jaringan pelabuhan yang tersebar di sekitar pantai-pantai wilayah Indonesia bagian timur. Beberapa pelabuhan di Papua ini juga menjadi pusat pendistribusian barang domestik maupun ekspor dan impor.

Pelabuhan di Papua ini tentunya bisa menjadi pusat kegiatan ekonomi untuk membuka pintu gerbang dan konektivitas ke berbagai dunia. Simak lebih lanjut untuk mengetahui pelabuhan apa saja yang berada di Papua.

Daftar Pelabuhan di Papua

Selain menjadi pusat perdagangan, pelabuhan ini juga menjadi destinasi untuk wisatawan menjelajahi kekayaan alam di Papua. Berikut beberapa pelabuhan di Papua yang wajib Anda ketahui!

 

Baca Juga: 8 Pelabuhan di Maluku, Berikut Daftarnya!

1. Pelabuhan Jayapura

Pelabuhan Jayapura terletak di lokasi Papua Barat dan memiliki lokasi strategis di Teluk Yos Sudarso. Pelabuhan di Papua ini memiliki peran penting dalam mendukung konektivitas perdagangan untuk pembangunan ekonomi di wilayah tersebut.

Selain itu, pelabuhan Jayapura juga disebut sebagai salah satu pelabuhan terbesar di Papua sehingga mendukung berbagai aktivitas distribusi barang ekspor dan impor. Dengan berbagai fasilitas yang mendukung, ini juga bisa meningkatkan pelayanan yang mutu untuk pertumbuhan ekonomi di Papua.

Pelabuhan yang dikelola oleh PT. Pelabuhan Indonesia memiliki luas lapangan mencapai 27.034 m2. Fasilitas yang tersedia pun dilengkapi beberapa alat berat dan sistem manajemen seperti ISO 9001 Mutu, ISO 14001 Lingkungan, hingga ISO 45001 Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

2. Pelabuhan Merauke

Pelabuhan Merauke terletak di ujung timur Indonesia yang berhadapan langsung dengan Selat Torres sebagai batas wilayah Papua dan Australia. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan pelabuhan satu ini sebagai gerbang utama untuk perdagangan internasional.

Aktivitas di pelabuhan ini mencakup kegiatan bongkar muat barang untuk dikirim ke wilayah Papua atau luar negeri. Berbagai macam komoditas yang diperdagangkan melalui pelabuhan ini contohnya seperti hasil pertanian, kelapa sawit, dan barang-barang konsumsi lainnya.

Pelabuhan ini memiliki infrastruktur dan fasilitas yang lengkap dengan bangunan dermaga sepanjang 158 meter di sepanjang pantai. Dengan luas gudang sekitar 600 m2, menjadikan pelabuhan ini dapat memudahkan aktivitas pengiriman barang ke berbagai wilayah.

3. Pelabuhan Biak 

Pelabuhan di Papua selanjutnya adalah pelabuhan Biak yang letaknya sangat strategis menghadap Laut Arafura. Pelabuhan ini memiliki peran penting untuk mendukung aktivitas logistik dan perdagangan di Papua.

Jenis barang dagangan tersedia untuk ekspor atau impor yang merupakan hasil dari perikanan, pertanian, dan barang konsumsi. Tentunya ini dapat mendukung aktivitas pertumbuhan ekonomi yang efisien di wilayah Indonesia timur.

Fasilitas yang tersedia dilengkapi dengan 4 dermaga dengan luas kolam pelabuhan mencapai 12,9 Ha. Di dalamnya juga terdiri dari fasilitas lapangan untuk penumpukan pengiriman kargo dan peti kemas sehingga pendistribusian barang dapat berjalan dengan optimal.

4. Pelabuhan Fak-Fak

Pelabuhan Fak-Fak terletak di pesisir barat yang menjadi infrastruktur maritim cukup penting untuk mendukung konektivitas, perdagangan, dan pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar. Selain itu, pelabuhan ini juga menjadi pintu gerbang bagi arus barang untuk fasilitas perdagangan domestik dan internasional. 

Pelabuhan ini dilengkapi sarana dan prasarana yang cukup lengkap diantaranya bangunan dermaga sepanjang 120 meter dan lebar 12 meter. Kemudian, didukung juga dengan fasilitas pergudangan untuk mengelola penyimpanan bahan-bahan mentah dan manufaktur.

 

Baca Juga: 5 Pelabuhan di Sumatera, Pusat Logistik dan Ekspor Impor 

5. Pelabuhan Kaimana

Pelabuhan di Papua selanjutnya adalah Pelabuhan Kaimana yang terletak di wilayah pesisir barat. Lokasinya sangat strategis di area Teluk Kaimana, di mana lokasi ini menjadi titik jaringan transportasi laut ke berbagai wilayah.

Fasilitas yang tersedia meliputi dermaga yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar untuk mengangkut barang atau berlabuh saat penumpang naik dan turun. Tidak hanya itu saja, pelabuhan ini juga dilengkapi dengan fasilitas keselamatan yang menunjang aktivitas pelayaran agar lebih aman selama perjalanan.

6. Pelabuhan Nabire

Pelabuhan Nabire terletak di pantai utara, dengan titik lokasinya yang strategis di Teluk Cendrawasih. Pelabuhan ini merupakan salah satu pintu masuk yang melayani kedatangan dan keberangkatan penumpang serta barang dari Pelabuhan Sorong, Pelabuhan Biak, Pelabuhan Manokwari dan Pelabuhan Jayapura.

Dengan lokasinya yang strategis, pelabuhan ini mampu mendukung kemajuan ekonomi serta potensi pembangunan infrastruktur di Papua. Aktivitas di pelabuhan ini banyak menyediakan berbagai komoditas seperti hasil pertanian, perikanan, dan pendistribusian barang.

7. Pelabuhan Bintuni

Pelabuhan di Papua yang terakhir adalah pelabuhan Bintuni, terletak di pantai utara, Papua Barat. Kehadiran pelabuhan ini memiliki peran yang krusial dalam membangun konektivitas maritim di wilayah Papua Barat.

Hal ini dikarenakan pelabuhan Bintuni menjadi titik strategis untuk kegiatan angkut barang dan keluar masuknya penumpang dari wilayah ini. Fasilitas yang tersedia pun mampu mendorong perdagangan domestik hingga perekonomian global.

Demikian beberapa daftar pelabuhan di Papua yang banyak digunakan sebagai pusat pendistribusian barang terutama untuk wilayah perairan Indonesia timur. Bahkan beberapa pelabuhan di perbatasan Indonesia ini memungkinkan aktivitas ekspor impor hingga ke luar negeri seperti Australia dan Selandia Baru.

Jika Anda berencana melakukan pengiriman barang menuju wilayah Papua, tentu harus mengetahui beberapa pelabuhan yang bisa menjadi tempat strategis untuk tujuan pengiriman. Dengan begitu, cara ini lebih efektif untuk pengiriman yang cepat dan terjangkau.

Layanan kirim barang menggunakan transportasi laut kini menjadi salah satu pilihan tepat untuk kebutuhan logistik. Troben menyediakan layanan pengiriman kargo menggunakan transportasi laut untuk menjangkau lokasi ke seluruh Indonesia.

Dengan sistem pelacakan secara real time, pengguna pun mudah untuk memantau status pengiriman secara berkala. Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi kirim barang Troben di smartphone Anda sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel