Home » Seputar Logistik » Ketahui 3 Daftar Pelabuhan di Surabaya, Yuk Cek Disini!

Ketahui 3 Daftar Pelabuhan di Surabaya, Yuk Cek Disini!

Pelabuhan di Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar nomor dua di Indonesia. Menjadikan kota ini sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat distribusi barang. Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, jalur laut digunakan untuk memudahkan jalur keluar masuknya barang dari dan menuju ke kota Surabaya. Oleh karena itu, ada beberapa pelabuhan di Surabaya yang memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. 

Terdapat 3 pelabuhan di Surabaya yang mempunyai peran berbeda-beda. Dalam artikel berikut ini, kami akan menjelaskan berbagai pelabuhan di Surabaya, Jawa Timur. Untuk itu, yuk simak terus penjelasan kami berikut ini. 

Baca Juga : 5 Pelabuhan di Kalimantan Timur dengan Fasilitas Lengkap

3 Daftar Pelabuhan di Surabaya

Surabaya, sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur, memiliki peran penting dalam perdagangan dan pelayaran di Indonesia. Kota ini memiliki beberapa pelabuhan besar yang menjadi pintu gerbang utama bagi barang dan penumpang yang datang dan pergi dari berbagai penjuru dunia. Berikut adalah tiga pelabuhan utama di Surabaya:

1. Pelabuhan Lamong

Pelabuhan Lamong atau Terminal Teluk Lamong adalah salah satu pelabuhan modern yang ada di Surabaya. Pelabuhan ini dikenal dengan fasilitas canggih dan ramah lingkungan.

Terminal Teluk Lamong menggunakan teknologi ramah lingkungan dalam operasionalnya, seperti menggunakan tenaga listrik untuk mengoperasikan peralatan bongkar muat, sehingga mengurangi emisi karbon. Selain itu, pelabuhan ini juga memiliki sistem otomatisasi yang canggih, yang memungkinkan proses bongkar muat barang dilakukan lebih cepat dan efisien.

Pelabuhan ini menjadi salah satu pusat kegiatan ekspor dan impor di Indonesia. Berbagai komoditas, mulai dari hasil pertanian, produk manufaktur, hingga barang konsumsi, diangkut melalui pelabuhan ini. Dengan letaknya yang strategis di jalur perdagangan internasional, Pelabuhan Lamong berperan penting dalam mendukung perekonomian nasional. Pelabuhan ini terletak di Jl Terminal Tlk. Lamong, Tambak Osowilangun, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya.

2. Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan di Surabaya selanjutnya adalah Pelabuhan Tanjung Perak yang merupakan pelabuhan terbesar di Surabaya dan salah satu yang paling sibuk di Indonesia. Pelabuhan ini merupakan pusat distribusi utama bagi wilayah Indonesia Timur.

Dengan fasilitas yang lengkap dan modern, Pelabuhan Tanjung Perak melayani berbagai jenis kapal, termasuk kapal kargo, kapal penumpang, dan kapal kontainer. Pelabuhan ini juga dilengkapi dengan terminal peti kemas yang memiliki kapasitas besar, sehingga mampu menangani arus barang yang sangat tinggi.

Selain itu, pelabuhan ini juga memiliki berbagai fasilitas pendukung, seperti gudang penyimpanan, area pergudangan, serta layanan bea cukai yang efisien. Semua ini membuat Pelabuhan Tanjung Perak menjadi pilihan utama bagi perusahaan logistik dan ekspedisi.

Pelabuhan Tanjung Perak mempunyai luas yaitu 1.574 hektar terdiri dari daratan dan lautan. Pelabuhan ini terletak di Jl Perak Timur 610, Kota Surabaya. 

3. Pelabuhan Ujung

Pelabuhan Ujung, yang sering disebut juga sebagai Pelabuhan Ferry Ujung, adalah pelabuhan yang melayani penyeberangan feri antara Surabaya dan Madura. Pelabuhan ini berperan penting dalam menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura, yang merupakan jalur transportasi vital bagi penduduk dan barang.

Pelabuhan Ujung menyediakan layanan penyeberangan yang cepat dan aman, dengan armada feri yang beroperasi secara rutin. Fasilitas di pelabuhan ini mencakup area tunggu yang nyaman, loket tiket, serta dermaga yang memadai untuk melayani berbagai jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga truk besar.

Dengan adanya Pelabuhan Ujung, mobilitas barang dan orang antara Surabaya dan Madura menjadi lebih mudah dan efisien, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi kedua wilayah tersebut. Pelabuhan Ujung terletak di Jl Kalimas Baru No. 194 A, Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya. 

Ketiga pelabuhan ini memiliki peran masing-masing dalam mendukung kegiatan ekonomi dan perdagangan di Surabaya dan sekitarnya. Dengan fasilitas yang terus ditingkatkan dan pelayanan yang semakin baik, pelabuhan-pelabuhan ini akan terus menjadi tulang punggung perekonomian Jawa Timur dan Indonesia 

Baca Juga : 5 Daftar Pelabuhan di Kupang Sebagai Gerbang Utama Perdagangan 

Kirim Barang dari Pelabuhan di Surabaya bersama Troben

Demikianlah informasi tentang daftar pelabuhan di Surabaya. Pelabuhan yang sudah kami sebutkan diatas mempunyai peranan yang sangat penting untuk melakukan ekspedisi dari Surabaya ke berbagai pulau di Indonesia.

Jika Anda ingin melakukan ekspedisi dari Surabaya ke berbagai kota di seluruh Indonesia melalui jalur laut seperti Ekspedisi Surabaya Jayapura, Troben hadir dengan layanan Troben Cargo untuk membantu pengiriman barang dengan aman dan tarif murah. 

Layanan cargo kami memudahkan pengiriman barang besar minimal 10 kg. Anda bisa mempercayakan pengiriman barang kami dengan hanya pesan layanan Troben Cargo melalui aplikasi kirim barang Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel