Home » Peluang » 6 Keuntungan Usaha Mebel yang Cukup Gurih di Indonesia

6 Keuntungan Usaha Mebel yang Cukup Gurih di Indonesia

Tertarik berjualan produk furniture? Pahami terlebih dahulu apa saja potensi keuntungan usaha mebel yang cukup menjanjikan di Indonesia. Perlu diketahui, model usaha mebel merupakan salah satu jenis usaha yang cukup stabil dalam hal permintaan produknya. 

Secara umum usaha mebel merupakan jenis usaha yang memproduksi dan menjual berbagai macam jenis furniture, seperti kursi, meja, rak, lemari, dan lain sebagainya. Jika Anda pikir usaha mebel hanya menggunakan material kayu saja, Anda mungkin keliru. Sebab, material seperti aluminium, besi, kaca, hingga plastik juga termasuk dalam bahan baku yang digunakan usaha mebel. 

Seperti penjelasan sebelumnya, tidak hanya permintaan produk yang stabil, masih banyak keuntungan usaha mebel mulai dari nilai jual tinggi, pelanggan setia, hingga kebebasan dalam melakukan kreatifitas. Untuk lebih jelasnya, berikut simak apa saja keuntungan-keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menjalankan usaha mebel.

6 Keuntungan Usaha Mebel yang Didapatkan

Berbagai peluang bisa Anda dapatkan untuk memperoleh keuntungan usaha mebel di Indonesia. Apa saja itu? Berikut penjelasan selengkapnya!

Baca Juga: Peluang Usaha Mebel dan Tips Memulai Bisnis Mebel

1. Permintaan Stabil dan Terus Meningkat Setiap Tahun 

Permintaan produk furniture untuk wilayah domestik tiap tahunnya stabil bahkan cenderung meningkat. Terlebih ketika masa pandemi Covid-19 seluruh biaya belanja rumah tangga dialihkan dari hiburan dan pariwisata ke kebutuhan renovasi dan tata rumah. 

Hal ini menandakan baik dalam kondisi apapun, usaha mebel akan tetap stabil permintaannya. TIdak hanya rumah, kebutuhan furniture pada kantor dan tempat usaha juga menjadi sektor dengan permintaan furniture terbanyak.

Selain itu, masyarakat muda Indonesia sedang giat tuk membeli rumah baru. Barang-barang furniture mebel sangatlah dibutuhkan guna mengisi interior rumah mereka. Maka dari itu, potensial usaha mebel sangatlah besar untuk kedepannya.

2. Pasar yang Luas dan Beragam

Usaha mebel tidak hanya bergantung pada satu jenis konsumen saja. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, baik konsumen individu, bisnis, hingga industri membutuhkan usaha mebel guna memenuhi kebutuhan produk furniture mereka.

Tidak hanya jenis konsumen, jangkauan pasar dan potensi keuntungan usaha mebel sangatlah luas mulai dari domestik hingga mancanegara. Dengan banyak dan luasnya pasar yang dapat dicakup, usaha mebel memberikan Anda fleksibilitas dalam menyesuaikan kebutuhan dan target konsumen.

3. Profit Menguntungkan 

Perlu diketahui bahwa modal untuk menjalankan usaha mebel cukuplah besar. Namun, hal ini bukanlah sebuah kekurangan melainkan sebuah keuntungan untuk Anda.

Sebab dengan modal yang besar, keuntungan usaha mebel yang akan Anda dapat juga akan sebanding. Bahan atau material yang berkualitas hingga proses produksi yang memakan waktu lama, dapat menjadi nilai jual untuk produk furniture yang Anda hasilkan. 

4. Inovasi dan Kreatifitas Menjadi Nilai Lebih 

Keuntungan usaha mebel lainnya yang akan Anda dapatkan dari usaha mebel adalah kebebasan dalam mengeksplorasi desain, bentuk, hingga bahan yang akan digunakan. Dengan desain serta bentuk yang menarik namun tidak menghilangkan fungsi dari furniture, akan memberikan nilai tambah pada produk tersebut. Terlebih lagi jika menggunakan material-material premium, maka produk furniture Anda akan memiliki nilai tambah yang sangat menguntungkan.

Perlu diperhatikan lebih lanjut, untuk mencapai nilai lebih ini, perlu kualitas dan reputasi produk yang baik kepada pelanggan. Sebab, tidak hanya bentuk unik, kenyamanan dan ketahanan sebuah furniture juga menjadi nilai lebih apakah usaha mebel Anda berkualitas tinggi atau tidak. 

5. Pemasaran Mudah 

Bukanlah yang terakhir, namun usaha mebel juga akan memberikan Anda kemudahan dalam pemasaran. Baik yang bersifat konvensional maupun pemasaran digital. Biasanya ketika membeli furniture konsumen akan berlandaskan sebuah kepercayaan jika produk yang Anda jual memiliki kualitas baik dan terpercaya.

Keuntungan usaha mebel ini tentu bisa menimbulkan lingkaran pelanggan setia, dan akan selalu memesan produk furniture ke Anda. Selain pemasaran secara konvensional , produk usaha furniture kini juga dijual melalui platform e-commerce ataupun website sehingga dapat menjangkau berbagai pelanggan.

Baca Juga: 9 Tips Membeli Furniture Rumah Gaya Minimalis dan Modern 

6. Peluang Kerjasama dengan Perusahaan Besar

Melalui usaha mebel, bisnis ini bisa mendatangkan peluang lebih besar lagi untuk kerjasama dengan perusahaan besar. Seperti contoh bisnis mebel Anda mendapatkan tawaran kerja sama dengan perusahaan hotel untuk memproduksi mebel secara custom untuk memproduksi furniture kamar penginapan.

Tentunya, semakin banyak perusahaan besar yang bekerja sama dengan bisnis Anda, maka semakin besar juga peluang untuk memperoleh keuntungan dari usaha mebel. Bahkan, ini juga bisa meningkatkan peluang lapangan kerja dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia.

Itu lah lima keuntungan usaha mebel yang pasti dan akan Anda dapatkan. Selain keuntungannya, Anda memerlukan modal cukup besar dan tenaga kerja profesional untuk menjalankan usaha ini. Persaingan usaha mebel lainnya juga menjadi salah satu kendala yang mungkin harus Anda perhatikan. 

Namun tidaklah perlu khawatir, banyaknya tantangan usaha mebel sangat sebanding dengan keuntungannya. Target pasar luas dan beragam, hingga kebebasan Anda dalam mengeksplorasi bentuk, detail, dan desain furniture akan memberikan nilai lebih untuk produk Anda sehingga dapat bersaing dengan usaha mebel lainnya di Indonesia. 

Terdapat satu hambatan lagi ketika Anda baru memulai usaha mebel. Pengiriman produk furniture ke distributor ataupun pelanggan di luar daerah menjadi salah satu kendala, karena tidak adanya akomodasi.

Maka dari itu janganlah Anda khawatir, karena kami hadir untuk Anda. Troben melalui Toben Truk memberikan ada layanan Jasa Sewa Truk Murah yang mampu mengirimkan berbagai produk furniture yang mencakup seluruh Indonesia.

Layanan kami berbasis aplikasi dan dapat Anda unduh secara gratis melalui Playstore dan Appstore. Troben memberikan berbagai layanan yang menguntungkan untuk Anda pengusaha mebel, jadi segera download aplikasi kirim barang segera dan sewa truk Anda bersama kami sekarang juga! 

 

banner trawlpack ongkir murah

Yuk, klik button di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel