Home » Seputar Logistik » Pengertian Kapal Roro Beserta Jenis dan Fungsinya

Pengertian Kapal Roro Beserta Jenis dan Fungsinya

Pengertian Kapal Roro

Pada umumnya, pengiriman barang memiliki banyak metode dan armada yang bisa digunakan, metode pengiriman barang yang sering ditawarkan oleh jasa pengiriman barang terdiri dari pengiriman barang via darat, udara dan laut. Pengiriman barang via laut pastinya menggunakan armada kapal untuk mengirimkan barang antar pulau. Dengan mengetahui pengertian kapal roro kita dapat mengetahui fungsi sesunguhnya kapal ini.

Dalam pengiriman via laut terdapat bermacam kapal laut yang digunakan sebagai armada untuk mengirimkan barang. Salah satu armada kapal yang sering digunakan untuk mengantarkan barang antar pulau yaitu kapal roro. 

kapal ini dapat membantu berbagai macam aspek, karena tidak hanya untuk mengirimkan barang saja, kapal roro juga dapat mengangkut penumpang. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian kapal roro serta jenis dan fungsi dari macam-macam kapal roro.

Pengertian Kapal Roro

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar mengenai istilah dan pengertian kapal roro? Pemberian nama dari kapal roro sendiri diambil dari kalimat roll on atau roll off. Fungsi dari pintu kapal roro bisa diturunkan dan dinaikan untuk digunakan sebagai jalur kendaraan bermotor dan mobil pribadi. Dengan kedua fungsi tersebut, kapal roro bisa diisi penumpang.

Jika merujuk kepada peraturan Menteri perhubungan no.115 tahun 2016, pengertian kapal roro dijelaskan sebagai kapal yang memiliki geladak yang berjumlah lebih dari satu dengan jenis tertutup maupun terbuka, yang difungsikan sebagai pengangkut kendaraan melalui sistem pintu yang dapat dihubungkan, baik bagian depan pintu maupun bagian belakang pintu.

Sistem pintu kapan yang bisa di roll on dan roll off atau pada bahasa Indonesia bisa juga disebutkan untuk masuk dan keluar, merupakan sebuah sistem yang dilakukan oleh jenis kapal roro. Dengan adanya sistem roll on dan roll off sangat memungkinkan untuk masuknya berbagai kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Penggunaan sistem roll on dan roll of ini digerakkan oleh sebuah mesin penggerak yang bisa menggerakan pintu kapal secara otomatis. Kapal ini memiliki teknologi yang canggih sehingga dapat dipercaya untuk mengangkut berbagai barang hingga sebagai pengangkut penumpang kapal.

Beberapa kendaraan transportasi yang bisa diangkut menggunakan kapal roro antara lainnya adalah sepeda motor, mobil pribadi, truk, bus, alat berat hingga transportasi seperti kereta api bisa diangkut menggunakan kapal roro. Karena pada dasarnya pengertian kapal roro pada awalnya memang unutk mengankut kendaraan yang menyebrang pulau

Dengan ukuran kapal roro yang cukup besar, bisa menampung segala kebutuhan barang Anda perlukan untuk diangkut menggunakan kapal roro. 

Selain memiliki kegunaan sebagai pengangkut barang-barang berat hingga sebagai pengangkut transportasi, kapal roro juga digunakan sebagai kapal yang bisa mengangkut penumpang. Penumpang serta kendaraan yang sudah diangkut menggunakan kapal roro akan diantarkan menuju dermaga tujuan untuk nantinya diturunkan. begitulah penjelasan dan pengertian kapal roro yang kini masih beralayar melayani kebutuhan angkutan laut masyarakat.

Macam Jenis Kapal Roro

Terdapat berbagai macam kapal roro yang berlayar dan sering digunakan oleh jasa pengiriman barang. kapal roro ini memiliki fungsi yang berbeda-beda dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari masing-masing sesuai dengan pengertian kapal roro, Berikut ini adalah jenis-jenis kapal roro, 

  • Jenis Kapal Pure Car Carrier (PCC) Roro Ship dan Pure Car and Truck Carrier (PTCT) Roro Ship

Pure car carrier biasanya bertugas untuk mengangkut kendaraan mobil, seperti kendaraan mobil pribadi, travel dll. Berbeda dengan pure car carrier, fungsi dari Pure car truck carrier memiliki fungsi untuk mengangkut berbagai macam kendaraan yang meliputi kendaraan roda empat hingga kendaraan seperti truk. hel tersebut tentunya berbanding lurus dengan pengertian kapal Roro. 

Biasanya baik PCC maupun PTCT difungsikan sebagai kapal yang akan mengangkut kendaraan yang masih baru untuk nantinya dikirimkan ke seluruh pulau yang ada di Indonesia dengan sistem pengiriman antar pulau. 

  • Jenis Container Vessel + Roro (Conro) Ship

Jenis kapal roro yang satu ini merupakan jenis kapal roro yang memiliki gabungan antara jenis truk kontainer dan juga kapal roro, karena itu kapal ini diberikan nama Container vessel + Roro (Conro) Ship. Dengan menggunakan jenis kapal ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengirimkan barang-barang berat.

Selain itu kapal roro memiliki daya tampung yang cukup besar, berbagai jenis barang dapat diangkut menggunakan kapal ini. Kapal roro memiliki daya angkut yang dapat menyentuh angka 20.000 hingga 50.000 DWT ( Dead Weight Tonnes) bahkan lebih.

  • General Cargo + Roro (Genro) Ship

Setelah jenis kapal container vessel roro, pada pembahasan paragraf ini kami akan membahas kapal roro dengan jenis general cargo+roro. Tidak seperti jenis kapal sebelumnya. Jenis kapal roro ini memiliki daya tampung yang lebih sedikit. Kapal jenis ini cocok bagi Anda yang ingin mengirimkan kendaraan dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Daya angkut yang bisa diangkut menggunakan kapal ini mencapai 2000 sampai 30.000 DWT. Walaupun kapal ini memiliki daya angkut yang lebih kecil, tetapi kapal ini juga tidak kalah dengan kapal-kapal yang berukuran lebih besar. 

  • Jenis Kapal Ropax

Jenis kapal roro yang satu ini memiliki berbagai banyak macam fungsi. Kapal ini tidak hanya bisa mengangkut barang maupun kendaraan saja, fungsi lain yang dimiliki oleh kapal ini dapat mengangkut berbagai jenis peralatan serta fasilitas bagi penunjang hidup para nelayan maupun pelayar..

Jenis kapal ini sering juga disebut sebagai kapal ferry karena dapat mengangkut berbagai macam kendaran dan mengangkut para penumpang kapal.

  • Complete Roro Ship

Jenis kapal roro ini memiliki fasilitas yang komplit untuk menunjang pengiriman berbagai macam jenis barang dan kendaraan. Daya angkut yang dimiliki oleh jenis kapal roro ini menyentuh hingga angka 2000 hingga 40.000 DWT. Jenis kapal roro ini dilengkapi dengan fitur hatch watches yang sering digunakan untuk berlayar di laut lepas. 

Kapal roro ini juga memiliki fasilitas pintu yang bisa digunakan untuk menyambungkan kapal roro sebagai penghubung antara kapal dengan dermaga. Nantinya penghubung tersebut digunakan untuk menurunkan kendaraan dari kapal ke dermaga. 

Jenis kapal ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan sipil melainkan kepentingan militer seperti angkatan laut, menggunakan jenis kapal ini juga. Maka dari itu mengapa kapal roro ini dinamakan dengan complete roro ship, karena memiliki berbagai macam fungsi yang dimiliki dan semua itu berdasarkan pengertian kapal Roro secara harfiah.

Baca juga: Tarif Cargo Kapal Pelni: Berikut Penjelasan beserta Jalurnya!

Jika Anda ingin melihat kapal roro, biasanya mereka sering berada di sekitar pelabuhan di daerah merak dan daerah Lampung Bakauheni. Kapal ini sudah banyak digunakan dan sangat populer sebagai kapal untuk jasa penyebrangan dari pulau satu ke pulau lainnya.

Kapal ini bisa Anda temukan di berbagai kepulauan yang berada di Indonesia seperti kepulauan Sumatera, Jawa, Bali dan Sumatera, biasanya digunakan untuk sarana penghubung antara pulau-pulau diatas, karena jarak antara kedua pulau yang tidak terlalu jauh. 

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan Anda informasi baru mengenai pengertian kapal Roro dan memperluas pengetahuan Anda mengenai ilmu pelayaran dan ekspedisi, jangan lupa untuk menyebarkan Artikel ini agar banyak orang yang mendapatkan informasi terkait kapal roro.

Bila Anda membutuhkan jasa pengiriman barang menggunakan kapal Roro, Troben adalah pilihan tepat buat Anda! Segera Download Aplikasi Pengiriman Barang sekarang Juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel