Home » Bisnis » Faktur Pembelian: Pengertian, Komponen dan Manfaatnya

Faktur Pembelian: Pengertian, Komponen dan Manfaatnya

Faktur pembelian atau yang biasa disebut juga invoice adalah bukti dari terjadinya sebuah transaksi yang berbentuk tertulis, keberadaan invoice adalah sebuah tanda, bahwa proses pembelian transaksi sudah dilakukan. Keberadaan invoice ini sebagai informasi data yang nantinya dicatat kedalam laporan keuangan sebuah perusahaan.

Apabila sebuah faktur tercatat dengan rapi melalui sistem, semua proses transaksi pembayaran yang sudah dilakukan oleh sebuah perusahaan, dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, dengan adanya faktur pembelian bisa menjadi bukti yang Anda miliki, untuk nantinya Anda tunjukan kepada pihak terkait.

Pentingnya mengumpulkan semua invoice pembelian dari setiap proses transaksi yang terjadi dan pernah Anda lakukan.

Apa Itu Faktur Pembelian?

Faktur pembelian bisa juga disebut sebagai bukti terjadinya transaksi pembelian yang dilakukan oleh perorangan maupun sebuah perusahaan, bukti ini tercatat secara tertulis mengenai daftar informasi produk apa saja yang mereka beli. Pada dunia bisnis, wajib adanya sebuah faktur untuk mencatat segala data laporan keuangan.

Sebuah faktur atau invoice akan muncul ketika pembayaran sudah dilakukan terhadap tagihan yang sebelumnya sudah diberikan. Terdapat informasi mengenai produk apa saja yang tercatat secara terperinci dan harga produk yang sudah Anda bayarkan serta jumlah barang yang Anda beli.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Bukti Transaksi!

Komponen yang Terdapat Pada Faktur Pembelian

Terdapat beberapa komponen yang menyusun invoice pembelian. Berikut ini informasi penjelasan mengenai apa saja komponen yang terdapat pada faktur transaksi belanja: 

– Terdapat informasi identitas atau yang biasa disebut PKP (Penghasilan Kena Pajak) untuk pedagang. Informasi yang terdapat terdiri dari nama perusahaan, logo perusahaan, alamat, dan Kontrak.

– Setelah itu tertulis adanya identitas dari konsumen yang melakukan transaksi pembayaran seperti, nama konsumen, alamat konsumen, dan nomor kontak konsumen.

– Komponen ketiga adalah terdapat nomor transaksi (nomor pesanan). Keberadaan nomor transaksi ini agar mempermudah perusahaan dalam mencatat data keuangan dan menyimpan dokumen.

– Nama dan jenis barang yang Anda beli

– Berapa jumlah barang yang Anda beli

– Harga satuan dari sebuah barang hingga jumlah ppn yang perlu ditanggung

– Informasi tanggal dari faktur pembelian. Keterangan waktu ini menjelaskan kapan dilakukannya transaksi untuk mencatat pada laporan keuangan.

– Informasi data mengenai konsumen hingga nama kasir beserta tanda tangan yang tercantum antara kedua belah pihak.

Baca Juga: Certificate of Origin: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Jenis Contoh Manufaktur yang Beredar

Terdapat berbagai jenis faktur yang beredar di masyarakat umum. seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya faktur merupakan bukti dari terjadinya sebuah transaksi pembelian barang. Ada beberapa jenis manufaktur yang beredar, berikut ini jenis contohnya : 

1. Contoh Faktur Pembelian Obat

Contoh faktur pembelian obat

Contoh faktur pembelian obat

Penulisan data yang terdapat pada faktur obat biasanya terdiri dari, jenis obat-obat yang Anda beli pada apotek, jumlah obat yang Anda beli dan total biaya yang Anda perlu bayarkan.

Setelah itu tidak lupa juga dengan informasi nama kasir yang melayani Anda saat proses pembayaran, hingga tanggal berapa proses transaksi tersebut berlangsung.

2. Contoh Faktur Pembelian Peralatan Elektronik

Contoh faktur pembelian elektronik

Contoh faktur pembelian elektronik

Sama halnya dengan faktur pembelian obat, informasi mengenai faktur elektronik terdiri dari daftar pembelian barang elektronik yang Anda belikan. Setelah itu terdapat jumlah barang barang yang Anda belikan hingga nama-nama barang elektronik, tidak lupa dengan logo toko dimana Anda menjual barang tersebut.

 

Manfaat Keberadaan Faktur Pembelian

Keberadaan invoice pembelian terdiri dari berbagai macam benefit yang bisa Anda dapatkan. Hal tersebut, membuat setiap faktur perlu Anda simpan setelah Anda melakukan sebuah transaksi terhadap produk yang Anda bayarkan. Berikut ini manfaatnya: 

1. Bukti Fisik Terjadinya Transaksi

Saat Anda masuk kedalam industri bisnis, Anda akan bertemu banyak orang baik itu customer maupun klien yang akan mengadakan kerja sama dengan Anda. Pentingnya menyimpan semua bukti fisik yang berhubungan dengan kegiatan transaksi. Semua bukti fisik wajib Ada sebagai bukti transaksi.

Semua bukti ini perlu disimpan agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada masa depan, terdapat bukti-bukti yang bisa ditampilkan sebagai pertanggungjawaban. 

2. Bukti Pembayaran Konsumen

Manfaat dari adanya sebuah invoice adalah sebagai bukti bahwa konsumen sudah melakukan pembayaran atau klaim terhadap produk yang mereka inginkan. Apabila mereka sudah membayar barang tersebut, perusahaan atau toko terkait akan memberikan bukti bahwa mereka sudah membayar atau mengklaim barang tersebut. 

Bukti faktur ini juga bisa menjadi pengaman bagi konsumen, jika terjadi kerusakan atau kehilangan yang terjadi pada barang konsumen, mereka bisa melakukan komplain terhadap pihak toko terkait, dan menunjukan bukti faktur yang sudah mereka dapatkan, sebagai bukti bahwa mereka sudah melakukan pembayaran.

3. Sebagai Bukti Dokumen pada Pencatatan Keuangan

Munculnya sebuah faktur pembelian menjadi sebuah bukti, bahwa pembayaran yang dilakukan terhadap sebuah produk yang dibeli, sudah secara resmi diterima oleh toko terkait. Dengan adanya bukti dokumen hard file, memudahkan pencatatan keuangan, jika tidak ada pencatatan keuangan akan berantakan.

 

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui pencatatan faktur sangatlah penting bagi pencatatan keuangan dari sebuah toko maupun perusahaan. Anda perlu memastikan, setiap faktur yang dicatat pada setiap transaksi yang dilakukan sudah benar. 

Dalam menyimpan sebuah faktur harus secara rapi, jika menyimpan semua bukti secara asal-asalan, saat Anda akan mencatat laporan keuangan akan kebingungan, karena keberadaan invoice pembelian yang entah kemana. Selalu lakukan double checking agar tidak terjadi kesalahan data yang ada pada faktur dan data pada dunia nyata.

Anda juga bisa menggunakan layanan jasa pengiriman barang dari Troben untuk mendukung aktivitas transaksi jual beli lebih mudah. Data pemesanan pengiriman barang akan otomatis terdata di dalam sistem sehingga bisa Anda pantau secara realtime. Download aplikasi kirim barang Troben untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

banner trawlpack ongkir murah

Yuk, klik button di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel