Home » Seputar Logistik » Mesin Planer: Pengertian, Komponen, Jenis, dan Fungsinya

Mesin Planer: Pengertian, Komponen, Jenis, dan Fungsinya

Mesin Planer

Mesin planer adalah solusi untuk membuat permukaan kayu menjadi rata dan presisi. Peralatan perkakas ini banyak dibutuhkan untuk kebutuhan pribadi ataupun operasional produksi di industri kayu.

Mesin ini memiliki beberapa komponen dan jenis yang beragam untuk memaksimalkan kinerja fungsinya. Lantas apa pengertian dari mesin planer itu? Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak artikel berikut ini!

Pengertian Mesin Planer

Mesin planer adalah alat yang digunakan dalam industri manufaktur untuk membuat permukaan logam atau kayu menjadi rata. Selain itu, mesin ini didesain untuk menyeragamkan kayu terutama pada bagian kemiringannya.

Mesin ini merupakan alat perkakas yang sangat penting dalam industri untuk membentuk potongan-potongan kayu yang rata dan halus. Gerakannya dilakukan secara berulang-ulang dengan menggunakan pisau potong yang terpasang di atas meja kerja.

Sehingga prosesnya dapat menciptakan permukaan yang datar, halus, serta memiliki ketebalan cukup sama. Penggunaan mesin planer tentunya sangat penting untuk pengolahan bahan mentah seperti kayu dan logam menjadi produk jadi.

Mesin ini dikenal juga sebagai mesin serut atau mesin ketam yang memiliki prinsip untuk membersihkan permukaan kayu dari cuttermark dan meratakan permukaan kayu dengan presisi yang sempurna. Untuk menggunakan mesin ini, setidaknya harus memahami prinsip dasar agar hasil serutannya sempurna.

Kayu yang digunakan untuk mesin planner seharusnya tidak memiliki cacat, pecah, cuttermark, dan sebagainya agar tidak menggulung. Selain itu, ketajaman pisau juga akan sangat berpengaruh terhadap hasil penyerutan kayu yang optimal.

 

Mesin Frais: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja

Komponen Mesin Planer

Mesin planer memiliki berbagai komponen agar proses pemotongan atau penipisan material dapat berfungsi dengan optimal. Berikut beberapa bagian yang terdapat di dalam mesin ini adalah sebagai berikut:

1. Kabel Power

Elemen ini merupakan komponen yang sangat penting pada mesin untuk menghubungkan sumber tegangan saat mesin menyerut kayu. Kelemahan dari komponen ini adalah kabelnya yang mudah putus karena pergerakan mesin yang selalu maju mundur.

2. Saklar Power

Komponen selanjutnya adalah saklar power yang berfungsi untuk mematikan atau menghidupkan mesin saat digunakan. Elemen ini sangat berguna untuk memastikan penggunaan mesin menjadi lebih efisien sesuai kebutuhan.

3. Carbon Brush

Carbon Crush bekerja untuk mengantar arus tegangan dari stator ke armature. Komponen ini memiliki sebuah pir yang dapat menekan carbon brush sehingga menempel pada armature.

4. Stator dan Armature

Seperti yang telah disinggung sebelumnya stator dan armature adalah komponen yang sangat berkaitan dengan carbon brush. Keduanya memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan putaran pada mesin saat menyerut kayu.

 

Baca Juga: Mesin Press Pabrik: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

5. Mata Serut

Mata serut adalah komponen yang terbuat dari plat besi dengan lapisan baja pada bagian ujungnya. Bagian pada mesin ini akan bergesekan secara langsung dengan kayu sehingga memudahkan pengikisan kayu.

6. Knop

Knop adalah bagian yang digunakan untuk mengatur tingkat tinggi atau rendahnya mata serut. Komponen ini dapat memudahkan pengguna untuk mengukur ketebalan kayu yang akan diserut.

7. Puli

Mesin planer dilengkapi dengan dua puli, yaitu puli mesin penggerak dan puli roll pemangkas. Ini disebut sebagai puli penghubung yang bekerja untuk memastikan mata serut dapat berputar secara maksimal.

8. Van Belt

Komponen mesin planer selanjutnya adalah tali kipas atau bisa disebut dengan van belt. Bagian dari mesin ini berfungsi sebagai alat penghubung antara puli mesin penggerak dan puli roll pemangkas.

Jenis-Jenis Mesin Planer

Mesin planer sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang berbeda. Apa saja itu?

1. Mesin Jointer

Mesin ini biasa digunakan pada industri manufaktur untuk tahap awal memproses pembentukan kayu. Fungsinya yaitu untuk membuat permukaan kayu terlihat lebih rata, lurus, dan sama siku.

Mesin ini bekerja dengan cara menyerut dua sisi kayu yang saling berhubungan seperti sisi bawah dan kanan atau sisi bawah dan kirinya. Hal ini yang membuat proses pembuatan siku pada kayu dengan mudah.

2. Mesin Thicknesser

Setelah melalui tahap awal menggunakan mesin jointer, selanjutnya kayu akan dimasukkan ke mesin thicknesser. Pada tahap ini, Anda bisa membuat kayu paralel dengan bagian yang telah diserut dengan mesin jointer.

Bagian yang telah diserut dapat disesuaikan bagian lain secara bergantian. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bagian yang akan diratakan dapat mengikuti kontur bagian sebelumnya.

3. Mesin Power Planer

Jenis ini bisa digunakan jika tidak menggunakan mesin jointer ataupun thicknesser. Hanya saja, jenis mesin ini memiliki tingkat keakuratan presisi yang relatif rendah dibandingkan lain. Meski begitu, mesin ini masih banyak digunakan terutama untuk melakukan penyerutan kasar dalam waktu cepat.

Fungsi Mesin Planer

Fungsi utama dari penggunaan mesin planer tentunya untuk meratakan bahan baku dalam pengolahan produksi seperti kayu atau logam agar memiliki ketebalan yang seragam. Selain itu, mesin ini juga dapat membentuk profil khusus pada material yang diolah misalnya membentuk kayu seperti siku, jangkat, atau lipatan.

Selain itu, fungsi mesin ini juga dapat membuat produk kayu dapat tersambung dengan baik jika produk tersebut disambungkan. Di mana bentuknya yang sama presisi tidak akan membuat produk terlihat melenceng.

Mesin ini tidak hanya menghasilkan permukaan yang rata saja, melainkan dapat menciptakan bentuk pada material kerja sesuai desain yang diinginkan. Fungsi-fungsi ini memiliki peran yang sangat vital dalam proses produksi di berbagai industri manufaktur.

Demikian penjelasan tentang apa itu mesin planer yang harus Anda ketahui komponen serta jenis-jenis yang biasa digunakan dalam industri manufaktur. Jika Anda membutuhkan alat perkakas ini, maka penting untuk menggunakan jasa pengiriman barang yang andal dan terpercaya.

Troben bisa menjadi solusi untuk pengiriman alat perkakas agar tetap aman sampai tujuan. Dilengkapi dengan fasilitas asuransi, produk yang dikirim tentu terjamin aman dari risiko kerusakan atau kehilangan. Informasi lengkapnya, unduh aplikasi kirim barang Troben di App Store dan Playstore sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel