Home » Seputar Logistik » Green Logistik: Pengertian, Penerapan, dan Manfaat

Green Logistik: Pengertian, Penerapan, dan Manfaat

Green Logistik

Industri logistik memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap dampak lingkungan mulai dari faktor emisi, penyimpanan barang, dan lainnya. Hal ini lah yang menjadi landasan mengapa perlu adanya program ramah lingkungan yang disebut green logistik.

Program ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi produk emisi CO2 yang dihasilkan dari industri logistik. Pada artikel kali ini, akan dibahas lebih dalam tentang apa itu green logistik serta manfaatnya terhadap keberlanjutan lingkungan.

Pengertian Green Logistik

Green logistik adalah upaya dalam bentuk kebijakan dan tindakan yang mempertimbangkan keberlanjutan lingkungan ke dalam aktivitas logistik. Tindakan ini dilakukan untuk meminimalisir dampak lingkungan dari aktivitas logistik seperti produksi, pengemasan, penyimpanan, sampai barang dikirim menggunakan transportasi pengirimannya.

Implementasi ini nyatanya dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas terhadap aktivitas logistik. Selain berdampak terhadap citra positif perusahaan, penerapan program ramah lingkungan ini dapat menghemat biaya operasional dan secara perlahan bisa mengubah kebiasaan konsumen untuk mengurangi dampak buruk lingkungan.

 

Baca Juga: Blockchain Logistik: Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungan

Langkah Penerapan Green Logistik

Penerapan green logistik tentu harus menggunakan strategi yang tepat agar meningkatkan efisiensi aktivitas pengiriman barang. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam menerapkan program ramah lingkungan ini.

1. Pengoptimalan Rute Kirim Barang

Aktivitas logistik memang banyak meninggalkan jejak emisi yang berdampak terhadap masalah lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka penerapannya bisa dilakukan dengan cara mengoptimalkan rute pengiriman.

Langkah ini perlu menggunakan beberapa teknologi untuk melakukan pemetaan serta analisis data untuk mengurangi jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar. Dengan adanya penerapan ini,perencanaan rute pengiriman bisa lebih efisien.

2. Penggunaan Kemasan Eco Friendly

Saat ini, kemasan plastik masih menjadi pilihan utama untuk membungkus barang dan aktivitas pengiriman barang lainnya. Tentunya, hal ini bisa menyebabkan limbah dan polusi lingkungan yang terus memburuk.

Dengan menerapkan green logistik, perusahaan bisa beralih menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Misalnya mengganti kemasan sekali pakai dengan kemasan yang mudah terurai atau bisa didaur ulang,

3. Pengelolaan Gudang yang Ramah Lingkungan

Salah satu cara mengelola gudang akan menjadi lebih ramah lingkungan bisa dilakukan dengan memanfaatkan panel surya sebagai sumber listrik untuk penerangan dan sistem pendingin pada ruangan. Cara ini tentunya bisa membuat energi listrik lebih hemat dan mengurangi biaya operasional/.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa sistem otomatisasi seperti Warehouse Management System atau automation picking tools. Sistem ini memungkinkan penggunaan area gudang menjadi lebih maksimal serta meminimalisir kerusakan barang.

4. Pemanfaatan Teknologi Canggih

Kemajuan teknologi saat ini tentu harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengoptimalkan proses pengiriman barang lebih efisien. Anda bisa memanfaatkan beberapa teknologi seperti Supply Chain Management System (SCM) atau Transportation Management System (TMS) untuk mengelola persediaan, pengiriman, dan operasi lainnya dengan lebih efisien.

5. Peralihan Kendaraan Listrik

Kendaraan listrik saat ini menjadi salah satu moda transportasi untuk mendukung program keberlanjutan lingkungan. Hal ini dikarenakan transportasi yang menggunakan kendaraan listrik tidak menghasilkan emisi gas sehingga mampu mengurangi dampak polusi udara.

Penerapan ini tentu bisa dipertimbangkan dengan mengganti kendaraan konvensional beralih ke kendaraan bertenaga listrik. Contohnya seperti menggunakan truk listrik untuk pengiriman barang antar kota.

 

Baca Juga: Reverse Logistik: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Cara Kerja

Manfaat Penerapan Green Logistik

Penerapan green logistik tentu dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan dan lingkungan.

1. Polusi dan Limbah Berkurang

Manfaat pertama penerapan logistik yang ramah lingkungan ini tentu dapat mengurangi polusi dan limbah yang menjadi bisa menjadi sumber kerusakan lingkungan. Dampak ini tentu tidak hanya menguntungkan pihak perusahaan saja, melainkan untuk seluruh masyarakat.

Rute pengiriman yang optimal, memungkinkan aktivitas logistik lebih mudah dijangkau dengan konsumen sekitar. Hal ini tentu dapat mengurangi biaya bahan bakar serta emisi dari transportasi yang digunakan.

2. Efisiensi Biaya Operasional

Manfaat lainnya dalam penerapan green logistik adalah dapat mengurangi biaya operasional dalam jangka panjang. Baik dalam aktivitas penyimpanan gudang, pengemasan, hingga pengiriman barang sampai di tangan konsumen.

Contohnya pada saat penyimpanan gudang, pengelolaan yang lebih ramah lingkungan seperti menggunakan sumber listrik dari panel surya bisa lebih menghemat energi dan biaya listrik. Begitu pun pada proses pengemasan, menggunakan kemasan yang mudah didaur ulang sehingga tidak menimbulkan sampah akibat barang sekali pakai.

Demikian penerapan ini juga dapat mengurangi konsumsi bahan bakar saat di perjalanan. Tentunya biaya transportasi akan jauh lebih hemat dibandingkan tidak menggunakan sistem green logistik.

3. Citra Perusahaan yang Positif

Segala bentuk aktivitas yang memiliki dampak terhadap keberlanjutan lingkungan, seringkali menjadi tanggung jawab industri yang bersangkutan. Hal ini karena berkaitan juga dengan kesejahteraan masyarakat umum dan lingkungan di sekitar.

Tentunya, dengan penerapan program ini, hal ini dapat meningkatkan reputasi serta serta citra perusahaan yang lebih positif. Langkah ini juga dapat membantu menumbuhkan kepercayaan pelanggan sehingga bisnis Anda lebih unggul dari kompetitor lainnya.

Demikian penjelasan mengenai apa itu green logistik yang perlu Anda pahami penerapan serta manfaat yang dihasilkan. Langkah penerapan ini tentunya memiliki dampak yang cukup berpengaruh dalam efektivitas pengiriman barang.

Layanan ekspedisi yang sudah menerapkan green logistik ini adalah Troben. Jasa pengiriman barang berbasis aplikasi ini menyediakan berbagai layanan yang memudahkan untuk kirim barang lebih ramah lingkungan.

Salah satu layanannya adalah fasilitas pengemasan barang menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang. Yuk, segera unduh aplikasi kirim barang untuk memudahkan aktivitas logistik Anda bersama Troben!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel