Home » Peluang » Perbedaan Dropship dan Reseller: Mana Yang Menguntungkan?

Perbedaan Dropship dan Reseller: Mana Yang Menguntungkan?

Perbedaan Dropship dan Reseller

Ini dia perbedaan dropship dan reseller! Untuk Anda yang ingin menambah penghasilan, menjadi dropship atau reseller merupakan pilihan yang tepat tapi jangan sampai salah apa itu dropship atau reseller ketahui perbedaan tersebut. Mungkin banyak dari kita yang menganggap bahwa kedua hal tersebut merupakan hal yang sama. Namun, pada dasarnya ada perbedaan dari bisnis dropship dan reseller. Lalu, apa saja keuntungan dan kelebihannya? Yuk simak ulasan berikut mengenai perbedaan bisnis dropship dan reseller.

Perbedaan Dropship dan Reseller

Perbedaan dropship dan reseller Melansir laman Oberlo, reseller adalah orang atau perusahaan yang membeli produk dari pemasok yang berbeda dan menjualnya lagi kepada pelanggan mereka sendiri (biasanya dengan keuntungan).  Pada umumnya, reseller memberikan beberapa nilai tambah dalam hal pengalaman pelanggan, yang memungkinkan mereka untuk menaikkan harga barang yang dijual. Seperti contoh deskripsi produk, program loyalitas pelanggan atau dukungan live chat. 

Berbeda dengan reseller,perbedaan dropship menurut Amazon merupakan model pemenuhan yang memungkinkan peluang usaha untuk melakukan outsourcing penanganan dan pengiriman produk ke pihak ketiga. Jika pada bisnis reseller, Anda perlu untuk membeli dan menyimpan stok barang terlebih dahulu, sedangkan perbedaan pada bisnis dropship, Anda hanya perlu meneruskan pemesanan tanpa perlu untuk menyimpan stok produk. 

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Mungkin Anda bertanya-tanya apa saja keuntungan jika Anda memulai usaha dropship. Salah satunya adalah modal yang sedikit. Anda tidak perlu khawatir menyimpan dan mengirim barang karena itu adalah tanggung jawab dari pemasok. Anda yang sedang mencari peluang bisnis dengan sedikit modal, usaha dropship merupakan pilihan yang tepat. 

Selain minim modal, keuntungan lainnya dari bisnis dropship adalah biaya manajemen inventaris yang lebih rendah. Dengan menghilangkan kebutuhan untuk memelihara persediaan fisik, dropship mengurangi biaya overhead yang dihadapi oleh pemasok. Jika Anda usaha dropship, Anda tidak perlu menghabiskan waktu melacak inventaris atau mengelola pengiriman. 

Risiko Menjadi Dropshipper

Perbedaan dibalik keuntungan dropship, tentunya ada pula kekurangan dari dropship. Perbedaan ini sangat signifikan walaupun memulai menjadi dropshipper dibutuhkan modal minim, namun keuntungan lumayan besar. Perbedaan ini disebabkan oleh karena laba dropship akan dibagi bersama pemasok barang. 

Faktor kekurangan yang lainnya adalah layanan pelanggan yang lebih buruk. Hal ini dapat terjadi ketika pemasok Anda terlambat dalam pengiriman produk, merusaknya, atau mengirimkan barang yang salah. Ketika masalah ini terjadi, Anda perlu menyelesaikan masalah pelanggan dengan berurusan dengan pemasok. 

Keuntungan Menjadi Reseller

Banyak sekali profit yang didapatkan menjadi reseller, kami akan menjelaskan satu persatu keuntungan yang akan didapatkan. Keuntungan yang pertama jika Anda mengeluti bisnis reseller adalah proses yang efisien. Ketika Anda memiliki target pasar yang luas, Anda bisa dengan cepat memenuhi pesanan untuk pelanggan Anda. Karena Anda telah memiliki pemasok terpercaya yang bisa memenuhi pesanan dalam waktu singkat. Anda bisa fokus pada mencari pelanggan baru dan mencari produk yang laku dijual. 

Selain itu, profit yang lainnya adalah fleksibilitas. Anda bisa saja fokus pada usaha reseller sebagai tempat mencari uang tambahan. Jika Anda adalah reseller kecil yang tidak memiliki persediaan barang yang banyak, Anda bisa mengurangi risiko jika permintaan pasar produk Anda berfluktuasi.

Kelemahan Menjadi Reseller

Salah satu kelemahan ketika memilih berbisnis reseller yaitu antara lain Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit atau cukup besar untuk pembelian produk. Seperti yang kita tahu, untuk memulai usaha reseller, Anda perlu membeli produk dan menyimpan stok dari pemasok. Tidak hanya modal yang besar, Anda juga membutuhkan gudang yang cukup besar untuk penyimpanan stok barang. 

Lebih Menguntungkan Menjadi Dropshipper atau Reseller?

Jika berbicara mengenai dropship atau reseller, tentunya menjadi reseller lebih menguntungkan. Mengapa? Karena pada umumnya reseller mendapatkan harga beli yang lebih murah. Sedangkan dropshiper malah sebaliknya profit akan dibagi dua dengan pemilikinya.  Itu dia artikel Perbedaan dropship dan reseller.

Trawlbens merupakan aplikasi ekspedisi terpercaya di Indonesia. Download aplikasi Trawlbens di google play & app store sekarang! Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda selalu, jangan pernah ketinggalan dengan update terbaru yang ada di Blog Trawlbens!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel