Home » Seputar Logistik » Produk Perishable: Pengertian, Jenis, dan Cara Aman Packingnnya

Produk Perishable: Pengertian, Jenis, dan Cara Aman Packingnnya

Produk Perishable

Tidak dipungkiri lagi bahwa produk makanan lezat maupun bergizi menjadi salah satu komponen pangan penting dalam memberikan nutrisi pada tubuh. Oleh karena itu, makanan lezat maupun bergizi masuk dalam kategori bahan makanan yang membutuhkan penyimpanan sesuai, salah satu contohnya adalah produk perishable.

Produk perishable ialah makanan yang mudah rusak, jenis makanan ini harus disimpan dalam suhu ruang yang tepat dalam menjaga kondisi makanan agar tetap baik. Dengan penyimpanan baik serta sesuai dapat menjadi kunci utama dalam memastikan makanan tersebut layak dikonsumsi dengan kualitas terbaik.

Bagi Anda yang menjual aneka ragam makanan mudah rusak, tentunya memperhatikan cara packing benar adalah prioritas utama dalam memastikan barang kiriman dapat sampa dengan kondisi terbaik. Lantas, apa saja makanan-makanan yang tergolong dalam kategorisasi perishable serta bagaimana cara packing benar sekaligus aman? Di bawah ini, kami sajikan wawasan mengenai makanan perishable serta cara mengemas secara mudah serta aman.

Baca juga: 10 Tips Memilih Jasa Ekspedisi Aman dan Terpercaya!

Pengertian Produk Perishable 

perishable

perishable

Produk perishable adalah sebuah produk makanan dimana memerlukan perhatian khusus dalam penanganan maupun penyimpanannya. 

Ciri khas makanan ini biasanya rentan terhadap perubahan kondisi begitu cepat, sehingga pengelolaan suhu, kelembaban, serta penanganan tepat menjadi kunci utama dalam menjaga kualitas makanan agar tetap prima. 

Dengan pemahaman mendasar mengenai karakteristik makanan perishable, kita dapat memastikan bahwa produk tersebut tetap segar maupun aman untuk dikonsumsi, serta menciptakan cita rasa lezat beserta memiliki nutrisi optimal bagi tubuh.

Jika, penjelasan di atas merupakan pengertian perishable food, lalu apa saja jenis barang yang termasuk perishable dan sudah pasti memerlukan penanganan sekaligus penyimpanan tepat? Simak poin di bawah ini!

Jenis Produk Perishable 

jenis yang termasuk perishable

jenis yang termasuk perishable

Apakah Anda penggemar makanan-makanan lezat nan bergizi? Jika iya, tentu saja Anda telah mengetahui jenis makanan di bawah ini. Produk perishable adalah kebanyakan produk lezat nan bergizi. Sekarang, pertanyaannya adalah, nomor berapa produk perishable favoritmu? Ayo, simak!

  • Daging Segar

Jenis pertama yang termasuk perishable yaitu daging segar. Daging segar seperti daging ayam maupun sapi termasuk dalam kategorisasi makanan mudah rusak maupun busuk dalam suatu kondisi. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh ketidaksesuaian suhu, serta cara penyimpanan yang salah.

Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas daging tersebut agar tetap segar sekaligus sehat, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas atau pendingin pada suhu tepat. Dengan demikian, konsumen dapat mengkonsumsinya dalam waktu lama.

  • Susu

Jenis kedua yang termasuk perishable yaitu susu. Siapa yang tidak suka mengonsumsi susu? Dengan berbagai varian rasa tersedia, seperti rasa vanila maupun coklat, susu merupakan salah satu kategorisasi perishable sehat dan bernutrisi bagi tubuh.

Tapi jangan salah kaprah bahwa susu dapat disimpan di tempat dengan suhu tidak terkendali. Produk susu olahan, seperti yoghurt, es krim, hingga keju, termasuk dalam produk yang memerlukan penyimpanan khusus agar tidak basi juga tetap terjaga kualitasnya.

  • Telur

Jenis ketiga yang termasuk perishable ialah telur. Telur termasuk dalam kategori makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, bahkan masyarakat menjadikan telur sebagai lauk favoritnya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa telur merupakan makanan yang rentan mengalami pembusukan jika ditempatkan di suhu tidak terkendali.

Untuk itu, agar menjaga kualitas telur tetap baik sekaligus tidak mudah busuk, Anda harus menyimpannya di wadah sesuai, seperti kulkas, atau tempat bersuhu 4°C atau di bawahnya.

  • Buah-Buahan

Jenis keempat yang termasuk perishable ada buah-buahan. Menjadi penutup dalam hidangan makanan, buah-buahan merupakan makanan kaya akan manfaat dan kesehatan di dalamnya. Namun, buah-buahan ini rentan terhadap pembusukan jika disimpan di tempat tidak sesuai.

Untuk memastikan buah-buahan agar tetap segar dan tahan lama, konsumen dapat menyimpannya di dalam lemari es atau tempat penyimpanan dengan suhu rendah. Dengan demikian, suhu dingin dapat membantu memperlambat proses pematangan buah dan mengurangi risiko pembusukan.

  • Sayur-sayuran

Jenis terakhir yang termasuk perishable yaitu sayur-sayuran. Sama seperti halnya buah-buahan, beragam jenis sayuran yang tersedia dapat memberikan asupan nutrisi signifikan terhadap kesehatan tubuh kita. Namun, perlu diperhatikan bersama bahwa sayur-sayuran memerlukan tempat penyimpanan tepat agar tetap segar dan layak dikonsumsi bersama nasi dan lauk lainnya.

Cara Packing Produk Perishable Secara Aman dan Praktis

Jika Anda pelaku usaha online yang menjual aneka ragam perishable food, perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk memastikan barang yang Anda kirimkan dapat dikemas dengan aman tanpa kerusakan.

  • Pilih Jenis Packing Sesuai

Memilih jenis packing tepat dan sesuai dapat menjadi faktor utama dalam memastikan keamanan produk perishable dengan baik. Anda dapat menggunakan kemasan isolasi termal atau pendingin untuk memberikan tempat ternyaman bagi produk-produk mudah rusak atau busuk, terutama makanan.

  • Sertakan Alat Pengendali Suhu 

Jika Anda menggunakan armada pengiriman seperti, truk, fuso, dan kendaraan lainnya, sertakan alat pengendali suhu agar produk yang Anda kirimkan dapat terjaga dari risiko kerusakan dan pembusukan selama perjalanan.

  • Berikan Label Sesuai dengan Produk

Tambahkan label dengan kejelasan informasi tentang paket, seperti jenis makanan, tanggal kadaluarsa, instruksi penanganan, serta peringatan suhu yang diperlukan. Dengan demikian, hal ini akan membantu pihak pengirim dalam memperlakukan barang dengan baik dan tepat.

  • Gunakan Armada Pengiriman Mumpuni

Pilih armada pengiriman mumpuni, seperti truk ataupun kendaraan kontainer yang memiliki fitur pengendali suhu otomatis, isolasi termal efektif, pendingin atau pemanas, serta monitor suhu real-time. Dengan mempertimbangkan dalam menggunakan armada mumpuni, konsumen dapat menjaga kualitas produk Anda selama perjalanan dengan baik.

  • Kirim dengan Cepat dan Tepat Waktu

Memastikan barang dapat dikirim dengan singkat dan tepat waktu adalah prioritas yang tidak boleh dikesampingkan, terutama mengingat paket dikirim bersifat mudah rusak atau busuk. Untuk itu, berikan informasi kepada pihak ekspedisi dalam menangani paket kiriman agar ditangani dengan cepat dan cermat.

Baca juga: 7 Cara Packing Barang Elektronik Anti Rusak 

Itu dia pengertian, jenis-jenis, serta cara packing benar mengenai produk perishable yang dapat Anda pahami, terutama bagi Anda pelaku usaha di bidang tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah pemahaman serta implementasi praktik terbaik yang dapat Anda lakukan dalam manajemen produk rentan rusak atau busuk.

Dengan membekali diri dengan pengetahuan serta menerapkan praktik dalam pengelolaan dan pengiriman barang dengan baik, customer dapat meningkatkan reputasi bisnis perishable yang sedang Anda jalankan.

Begitupun Anda penggemar konsumsi produk perishable, artikel ini diharapkan memberikan wawasan tambahan tentang pentingnya manajemen barang yang baik demi mengonsumsi makanan layak dan terbaik untuk menyehatkan tubuh.

Bagi Anda yang ingin mengirim produk non-perishable, Anda bisa mengirimnya di Troben. Yuk, download aplikasi Pengiriman barang Terpercaya di Troben atau hubungi CS kami untuk order layanan!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel