Home » Bisnis » Strategi Pemasaran Produk UMKM

Strategi Pemasaran Produk UMKM

strategi pemasaran produk umkm

Bagi para pelaku usaha, memahami strategi pemasaran produk UMKM menjadi hal penting supaya bisnis bisa bertahan di tengah persaingan yang semakin besar.

Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, produk Anda akan banyak dikenal hingga bisa menghasilkan banyak penjualan. Strategi pemasaran bukan hanya diterapkan untuk bisnis besar, pelaku usaha produk UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah) juga perlu memahami strategi pemasaran produk.

Di bawah ini, kami akan menjelaskan strategi pemasaran UMKM yang perlu para pelaku usaha ketahui. Untuk itu, yuk pahami lebih lanjut dalam artikel ini!

Baca Juga: Apa Itu Cross Selling dan Perbedaanya dengan Upselling

10 Strategi Pemasaran Produk UMKM

Strategi Pemasaran Produk UMKM

Strategi Pemasaran Produk UMKM

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin berkembang, mengharuskan para pelaku usaha untuk beradaptasi dan berinovasi menciptakan produk dan juga menerapkan strategi pemasaran yang tepat supaya bisa bersaing. Ada beberapa strategi pemasaran produk UMKM yang bisa diterapkan, diantaranya : 

1. Riset Target Pasar

Sebelum menentukan produk apa yang ingin dijual, maka Anda perlu melakukan riset pasar. Cari tahu produk apa yang paling banyak dibutuhkan. Jika produk sudah banyak yang menjualnya, maka Anda bisa menciptakan hal baru dan unik. Dengan melakukan riset pasar, Anda bisa mengetahui potensi bisnis, bagaimana tingkat persaingannya, dan juga bagaimana pemasarannya.

Dalam menetapkan target pasar, penting untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan berbagai kriteria seperti kebutuhan dan profil individu mereka.

Karena setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda, dan pendekatan pemasaran yang berbeda-beda, segmentasi pasar menjadi langkah yang penting dalam membuat strategi pemasaran.

Baca Juga: Cara Membuat dan Contoh Kwitansi Pembayaran

2. Buat Produk yang Dibutuhkan Pasar

Tahapan berikutnya dalam strategi pemasaran adalah menentukan produk yang tepat. Anda tak bisa sembarangan menentukan produk yang akan dijual.

Produk yang dijual harus sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini karena orang tidak akan membeli produk yang tidak mereka butuhkan.

Apabila Anda berhasil menciptakan produk yang sesuai dengan minat dan memenuhi keinginan pelanggan, maka mereka akan membelinya, meskipun harganya mahal.

Baca Juga: Cara Mencari Peluang Usaha Rumahan Cuan Maksimal

3. Bandingkan dengan Kompetitor

Untuk membuat produk Anda bisa bersaing, maka perlu memahami siapa kompetitornya. Dalam sebuah bisnis, pasti ada satu perusahaan yang menjadi pemain utama, entah karena produknya sudah berdiri dari lama atau karena harganya yang bersaing. 

Untuk itu, Anda perlu memahami apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari kompetitor. Jika sudah mengetahui kekurangan dari produk kompetitor, Anda tinggal membuat produk dengan melengkapi kekurangan tersebut.

Baca Juga: 10 Ide Jualan Makanan Modal Kecil, Pebisnis Pemula Wajib Coba!

4. Buat Desain Menarik

Desain menjadi salah satu kunci membuat orang tertarik hingga membeli produk Anda. Ada banyak produk yang sebenarnya memiliki rasa enak atau jasa yang pelayanannya banyak dibutuhkan orang. 

Namun seringkali tidak diminati oleh calon pembeli karena desain yang kurang menarik. Dengan desain eye catching bisa menarik perhatian pelanggan lebih banyak. 

Baca Juga: 5 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

5. Lakukan Promosi Digital

Untuk mengikuti perkembangan teknologi, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran UMKM berbasis digital.

Terdapat beragam contoh strategi pemasaran UMKM melalui saluran digital seperti media sosial, iklan online, KOL atau influencer, siaran WhatsApp, email merketing, dan Google My Business.

Baca Juga: Berapa Estimasi Modal Usaha Sembako? Berikut Rinciannya

6. Buat Website Bisnis

Saat ini membangun sebuah bisnis tak lengkap jika tidak memiliki website sebagai media promosi. Website menjadi wajah dari bisnis Anda. Melalui website, Anda bisa menampilkan informasi dari produk atau jasa yang ditawarkan mulai dari layanan yang ditawarkan, keunggulan, sampai dengan harga jual. 

Maksimalkan website dengan teknik SEO agar website mudah ditemukan di mesin pencarian. 

7. Berikan Layanan Terbaik

Tiap pelanggan yang membeli atau menggunakan produk Anda tentu ingin mendapatkan pelayanan terbaik. 

Contoh strategi pemasaran UMKM yang berkaitan dengan pelayanan dimulai dari hal-hal kecil seperti gaya berbicara kepada pelanggan, menyediakan fasilitas yang nyaman, dan mendengarkan kritik serta masukan.

Selain itu, penting juga untuk melakukan tindak lanjut terhadap konsumen setelah mereka melakukan pembelian melalui layanan  seperti penawaran promosi atau bantuan terkait produk.

8. Pertahankan Loyalitas Pelanggan

Sebuah produk atau bisnis akan sulit bertahan dalam persaingan tanpa adanya konsumen yang loyal.

Mengapa demikian? Karena lebih mudah untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan yang sudah setia dibandingkan harus mencari pelanggan baru. Anda dapat menganggap loyalitas pelanggan sebagai investasi yang perlu dibangun sejak awal agar Anda bisa merasakan manfaatnya di masa mendatang.

9. Perluas Networking

Usaha tidak hanya sebatas tentang perusahaan Anda, melainkan juga tentang membangun hubungan dengan para mitra. Mereka lah yang akan mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Untuk dapat memiliki mitra bisnis, Anda perlu memperluas jaringan dan relasi sehingga kesempatan untuk kerja sama baru dapat terbuka.

10. Konsisten

Konsistensi dan disiplin merupakan hal yang penting karena tidak semua orang mampu melakukannya. Hal inilah yang menjadi perbedaan antara perusahaan yang sukses dan yang gagal.

Banyak bisnis memiliki ide brilian dan produk berkualitas, namun hanya sedikit yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Prinsip ini juga berlaku dalam menerapkan strategi pemasaran produk UMKM. Konsistensi dalam menjalankan strategi yang tepat akan membantu bisnis secara bertahap meraih kesuksesan.

Selain itu, penting untuk selalu melakukan analisis terhadap strategi pemasaran UMKM yang telah dilakukan agar Anda dapat melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja bisnis.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai strategi pemasaran produk UMKM yang bisa diterapkan oleh para pelaku usaha. Dengan menerapkan strategi di atas, Anda bisa bersaing di tengah banyak produk atau bisnis-bisnis baru bermunculan. 

Bila Anda pelaku usaha UMKM dan ingin melakukan pengiriman barang kepada pelanggan di seluruh Indonesia. Percayakan pengirimannya melalui layanan TrawLpack dari TrawLbens. 

Kami menyediakan jasa pengiriman produk UMKM dengan biaya ongkir murah, aman, dan mudah. Kirim barang Anda sekarang dengan pesan layanan kami dari aplikasi TrawLbens.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel