Home » Bisnis » 5 Tips Memulai Usaha Grosir Jeans dan Cara Kirim yang Tepat!

5 Tips Memulai Usaha Grosir Jeans dan Cara Kirim yang Tepat!

Tips memulai usaha grosir jeans

Jeans merupakan salah satu jenis kain yang cukup populer di Indonesia dan memiliki banyak peminat. Tak heran mengapa peluang bisnis grosir jeans cukup menguntungkan karena permintaan pasar setiap waktunya yang terus bertambah.

Tidak hanya berfokus pada celana saja, kain berbahan jeans juga banyak diaplikasikan pada busana jaket, kemeja, topi, hingga tas. Jika Anda tertarik untuk berbisnis, simak tips memulai usaha grosir jeans dengan peluang yang cukup menjanjikan.

Tips Usaha Grosir Jeans yang Menguntungkan

Grosir adalah sistem penjualan produk dalam jumlah besar yang didistribusikan kepada pengecer atau pedagang besar lainnya. Tentunya untuk menjangkau target konsumen yang sesuai, Anda perlu menerapkan beberapa tips berikut supaya bisnis bisa menguntungkan.

1. Cari Pemasok Berkualitas

Tips pertama memulai usaha grosir jeans adalah mencari pemasok barang yang berkualitas. Namun, hal ini juga harus diiringi dengan penawaran harga produk yang terjangkau.

Untuk bisa mendapatkan pemasok yang berkualitas sekaligus terjangkau, Anda perlu mencari dari tangan pertama. Meski cara ini tidak mudah, tetapi Anda bisa memulainya dengan melakukan pendekatan dengan pemasok yang pernah bekerja sama dengan Anda.

2. Beri Harga yang Kompetitif

Aspek penting yang menjadi salah satu atensi konsumen adalah menetapkan harga produk yang terjangkau. Kuncinya, perhitungkan secara cermat dalam menetapkan harga dengan cara melakukan riset harga melalui marketplace atau platform khusus jual beli pakaian secara grosir.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan trik tertentu agar penjualan terus meningkat dari waktu ke waktu. Misalnya memberikan diskon harga khusus jika membeli produk dengan minimal jumlah produk tertentu.

3. Pantau Tren Busana

Ada banyak jenis model busana atau celana jeans yang bersifat lifetime sehingga masih populer hingga sekarang. Namun, sebagai pelaku usaha di bidang fashion, penting untuk selalu memantau perkembangan tren terbaru setiap waktunya.

Mengapa demikian? Sebab, cara ini cukup efektif untuk menaikkan nama brand Anda sehingga lebih dikenal oleh konsumen. Dari hal tersebut, Anda juga bisa lebih cermat dalam melihat peluang pasar sesuai minat konsumen yang selalu berubah.

4. Cermat Memilih Platform Penjualan

Kemajuan teknologi saat ini, tentu dapat memaksimalkan penjualan grosir lebih efektif dan efisien. Tentunya, Anda jangan sampai bergantung untuk berjualan secara offline saja, tetapi mulai memanfaatkan media sosial dan marketplace sebagai sarana promosi secara online.

Agar mampu bersaing dengan kompetitor di platform sejenis, Anda juga bisa melakukan promosi seperti memberikan diskon atau cashback dengan jumlah pembelian tertentu. Tidak lupa untuk mempublikasikan testimoni agar membangun citra positif terhadap brand di mata konsumen.

5. Evaluasi Bisnis Secara Berkala

Ingin pondasi bisnis lebih kuat? Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi secara berkala dengan tim Anda. Evaluasi ini penting dilakukan untuk mencari tahu akar masalah agar bisa segera diatasi.

Dengan begitu, ini juga bisa memudahkan Anda untuk mengambil keputusan dalam beberapa waktu kedepan. Proses evaluasi ini juga bisa meningkatkan performa bisnis lebih baik dari sebelumnya.

 

Baca Juga: 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Cara Mengirim Barang Grosir Jeans

Produk jeans Anda sukses terjual? Saatnya kirim menggunakan ekspedisi yang aman dan terpercaya. Karena pengiriman secara grosir memungkinkan akan mengangkut muatan yang cukup besar, berikut simak tips memilih jasa kirim barang yang tepat untuk bisnis grosir

1. Atur Estimasi Pengiriman yang Cepat

Hal pertama yang dapat Anda perhatikan dalam memilih jasa pengiriman barang adalah pilih lah jasa dengan estimasi layanan pengiriman yang cepat. Dalam arti, jasa yang harus Anda pilih tentunya harus memiliki reputasi yang bagus dengan proses pengiriman yang tepat waktu.

Dengan memilih jasa ekspedisi dengan pengiriman yang cepat, tentu ini dapat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sehingga, besar kemungkinan konsumen akan melakukan repeat order karena pelayanan yang memuaskan.

2. Pilih Layanan yang Bervariasi

Setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang mereka. Beberapa di antaranya ialah seperti menginginkan pengiriman dengan estimasi waktu yang cepat, biaya ongkos kirim yang terjangkau, hingga asuransi untuk proteksi barang dari kerusakan atau kehilangan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa menyediakan beberapa pilihan layanan yang bervariasi sesuai keinginan konsumen. Cara ini juga bisa meningkatkan kualitas layanan serta kepuasan pelanggan.

3. Lacak Paket Pengiriman

Langkah berikutnya agar produk grosir jeans sampai ke tujuan dengan aman, Anda perlu menggunakan fitur tracking untuk melacak keberadaan paket selama pengiriman. Fitur ini tentu dapat memudahkan penjual maupun pembeli untuk memantau keberadaan paket selama pengiriman.

Troben merupakan salah satu layanan kargo dan logistik yang menyediakan fitur lacak paket secara real-time. Tentu ini merupakan salah satu keunggulan sehingga Anda bisa memantau informasi terkait status pengiriman barang secara berkala.

 

Baca Juga: 10 Tips Memulai Usaha Catering Bagi Pemula 

4. Gunakan Tarif Ongkir yang Terjangkau

Cara terakhir saat mengirim paket grosir jeans untuk pelanggan adalah dengan memilih tarif ongkos kirim sesuai kebutuhan. Meski muatan barang cukup besar, Anda bisa menggunakan layanan kargo sehingga harga pengiriman barang lebih terjangkau.

Demikian penjelasan tentan tips memulai usaha grosir jeans dana cara mengirim barang menggunakan layanan ekspedisi yang aman dan terpercaya. Anda bisa menggunakan Troben sebagai jasa ekspedisi untuk pengiriman kargo mulai dari 10kg saja.

Layanan Troben Cargo hadir untuk meningkatkan efisiensi bisnis grosir jeans dengan estimasi waktu pengiriman yang cepat serta bisa dilacak secara real time. Segera pesan jasa kami melalui aplikasi kirim barang hanya di Troben!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel