Home » Seputar Logistik » Tips Merawat Pickup Box Agar Aman

Tips Merawat Pickup Box Agar Aman

Pickup Box

Pickup merupakan jenis truk yang paling banyak digunakan. Truk ini memiliki dua jenis yaitu pickup bak dan pickup box. Kapasitas truk jenis pickup ini mencapai 1000 kg, sehingga jadi kendaraan yang sangat cocok untuk pengangkutan barang dalam kota dan antar kota. 

Untuk menjaga performanya, maka truk pickup box perlu dirawat supaya mesin truk bisa terus berfungsi dengan baik sehingga proses pengiriman barang semakin lancar. Perawatan pickup box ini perlu dilakukan secara berkala, apalagi jika pickup box digunakan sebagai transportasi bisnis. 

Sebagai driver atau pemilik pickup box, maka penting mengetahui tips merawat pickup box yang benar. Dalam artikel berikut ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana tips merawat pickup box.

Baca Juga : 8 Tips Memilih Ban Truk untuk Muatan Berat, Anti Bingung!

Tips Merawat Mobil Pickup Box

Bagi Anda yang ingin tahu tips merawat mobil pickup box, berikut ini adalah tips-tips yang perlu dilakukan, seperti : 

1. Periksa Kondisi Ban

Tips pertama yang harus diperhatikan dalam merawat pickup box adalah dengan melakukan pemeriksaan teliti pada bagian roda dan ban. Pastikan balancing & spooring sudah sesuai, tekanan udara sudah diatur sesuai rekomendasi, serta memeriksa kondisi permukaan ban dan usianya. Jangan lupa untuk segera mengganti ban yang sudah terlihat aus agar kualitas dan keamanan kendaraan terjaga.

Tips Merawat Mobil Pickup Box penting untuk menjaga stabilitas dan keamanan saat mengangkut muatan berat. Lakukan semua perawatan ini sebelum Anda menggunakan kendaraan, karena ban berperan penting dalam menopang berat keseluruhan muatan. 

2. Periksa Kinerja Kopling dan Rem

Salah satu tips penting dalam merawat mobil pickup box adalah memperhatikan bagian kopling dan rem. Keduanya memiliki peran vital dalam menjaga keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya. Untuk memastikan kinerja optimal, rutinlah memeriksa kondisi pedal rem dan kopling untuk memastikan berjalan dengan normal. 

Selain itu, lakukan pemeriksaan berkala terhadap kanvas rem, volume minyak rem, dan kanvas kopling sesuai petunjuk perawatan pabrikan. Dengan melakukan langkah ini, Anda dapat memastikan mobil pickup box selalu dalam kondisi prima dan siap digunakan untuk perjalanan jarak jauh maupun harian.

3. Periksa Fungsi Lampu dan Wiper

Penting untuk selalu memberikan perhatian khusus dalam merawat mobil pick up box Anda, terutama pada lampu dan wiper. Lampu yang berfungsi dengan baik akan memberikan penerangan yang memadai, menjaga keamanan Anda saat berkendara, terutama di malam hari. Komponen seperti lampu depan, lampu tanda belok, lampu rem, serta wiper, berperan penting dalam kinerja dan keselamatan Anda.

Modifikasi pada lampu atau sistem listrik yang berkaitan dengan fungsi lampu tidak diperbolehkan, karena hal ini dapat mengganggu performa dan keselamatan mengemudi. Merawat wiper juga sangat penting, terutama saat hujan turun, untuk memastikan visibilitas yang maksimal. Periksa secara rutin kelenturan dan kinerja karet wiper, serta pastikan cairan wiper terisi sesuai dengan standar volume yang dianjurkan. 

4. Perhatikan Maksimal Muatan Pickup Box 

Penting untuk memperhatikan pembagian beban demi menjaga stabilitas mobil pickup box saat digunakan. Barang berat sebaiknya ditempatkan di bagian depan bak muatan, sementara barang ringan lebih baik diletakkan di bagian belakang. 

Pastikan juga untuk tidak melebihi batas berat maksimal kendaraan dan dimensi panjang serta tinggi kendaraan saat mengangkut barang. Dengan melakukan pembagian beban yang tepat, Anda dapat menghindari risiko terbalik atau kecelakaan akibat ketidakseimbangan muatan.

5. Jangan Membawa Barang yang Mudah Terbakar

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penyimpanan bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti bensin, solar, oli, minyak sayur, dan cairan kimia lainnya. Penyimpanan yang tidak aman dapat menimbulkan potensi bahaya, mulai dari kebocoran hingga kebakaran. 

Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan bahan-bahan tersebut dengan benar dan aman, jauh dari sumber api atau panas yang berpotensi menciptakan kebakaran.

Dengan memperhatikan penyimpanan bahan-bahan yang mudah terbakar, Anda tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri, tetapi juga kendaraan Anda. Pastikan bahwa semua bahan-bahan tersebut disimpan di tempat yang tertutup rapat dan terpisah dari bahan-bahan lain yang berpotensi menimbulkan reaksi kimia berbahaya. 

6. Pastikan Menjaga Kebersihan Armada 

Merawat kebersihan armada menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh diabaikan bagi para pengemudi yang bertanggung jawab atas pengiriman barang, terutama jika barang yang diangkut adalah bahan makanan. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan Anda sebagai pengemudi dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Tips Merawat Mobil Pickup Box bisa dilakukan dengan menggunakan vacuum cleaner khusus yang efektif membersihkan kotoran, bakteri, dan noda yang menempel di berbagai sudut kendaraan. 

Selain itu, penggunaan pengharum ruangan juga dapat memberikan aroma segar dan kesan bersih pada mobil. Dengan merawat kebersihan mobil pickup dengan baik, kesan segar yang terpancar dari kendaraan tersebut akan meningkatkan daya tarik dan kepercayaan pelanggan. Jaga selalu kebersihan armada Anda agar dapat memberikan layanan yang terbaik.

7. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat 

Menjalankan mobil pickup box dengan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan sangat penting untuk memastikan performa dan ketahanan mesin dalam jangka waktu yang lama. 

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dapat berdampak negatif, seperti mempersingkat masa pakai mesin dan mengurangi efisiensi bahan bakar. Oleh karena itu, sebagai tips merawat mobil pickup box, pastikan Anda selalu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan Anda. Dengan begitu, Anda dapat menjamin kendaraan tetap beroperasi secara optimal dan efisien, serta menghindari kerusakan yang tidak diinginkan pada mesin.

8. Lakukan Service di Bengkel Resmi 

Salah satu tips merawat mobil pick up adalah dengan melakukan service rutin sesuai jadwal yang tertera di buku service dan garansi, atau bisa mengikuti pengingat dari bengkel resmi. Penting juga untuk hindari perawatan di luar bengkel, terutama jika mobil baru dibeli. 

Merawat mobil pick up dengan baik dapat memberikan berbagai keuntungan, seperti meningkatkan efisiensi mesin, mengurangi risiko kerusakan, menghemat bahan bakar, menjaga sistem keamanan, serta menjaga nilai jual kendaraan.

Baca Juga : Info Muatan Truk: Layanan Logistik Antar Pulau yang Aman

Sewa Truk Pickup Box dengan Mudah bersama Troben Truk 

Demikianlah informasi tentang cara merawat truk pickup box. Jika Anda membutuhkan jasa sewa truk untuk menyewa pickup box, Troben hadir dengan layanan Troben Truk. Layanan kami ini menyediakan layanan sewa truk dengan armada terlengkap salah satunya Pickup box. 

Selain pickup box, Anda juga bisa sewa truk lainnya seperti Tronton, Wingbox, CDE, CDD, dan lainnya. Jasa sewa truk kami mempunyai banyak keunggulan seperti asuransi pengiriman, penjemputan barang, tracking secara real time, tarif sewa murah, dan pesan mudah dari aplikasi. Yuk unduh aplikasi sewa truk Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel