Home » Seputar Logistik » Truk Listrik Hino: Fitur, Spesifikasi, Keunggulan dan Tantangan

Truk Listrik Hino: Fitur, Spesifikasi, Keunggulan dan Tantangan

Truk Listrik Hino

Di tengah meningkatnya kesadaran akan pentingnya lingkungan dan kebutuhan untuk mengurangi emisi karbon, industri otomotif global sedang beralih ke teknologi yang lebih ramah lingkungan. Salah satu pemeran dalam perubahan ini adalah Hino Motors yang berencana mengeluarkan truk listrik Hino.

Truk yang satu ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri modern dengan tetap memerhatikan lingkungan. Yuk ketahui lebih lengkapnya seputar fitur, spesifikasi hingga keunggulan dari truk Hino dalam artikel Troben kali ini.

Spesifikasi Truk Listrik Hino

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) telah memperkenalkan deretan kendaraan terbaiknya, salah satunya truk listrik.

Teknologi truk listrik dari Hino sendiri diperkenalkan dengan nama Hino Dutro Z EV. Kendaraan yang oleh Hino diposisikan sebagai “future product” ini menghadirkan fitur quick charging. Hal itu memungkinkan baterainya terisi dengan penuh dalam waktu satu jam.

1. Daya Motor

Truk listrik Hino dilengkapi dengan motor listrik AC sinkron yang kuat dan efisien, menghasilkan daya maksimum sekitar 250 kW.

2. Baterai

Truk listrik Hino menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 40 kWh untuk penyaluran tenaga ke motor listrik. Hasilnya, truk listrik ini tergolong sebagai truk yang ramah lingkungan atau zero emission, bahkan menjadi kendaraan dengan suara dan getaran yang halus.

Baterai ini mendukung pengisian cepat yang dapat selesai dalam waktu 1-2 jam, sementara pengisian standar memerlukan waktu 6-8 jam.

3. Jarak Tempuh

Truk listrik Hino mampu menempuh jarak hingga 400 km per pengisian, tergantung pada kondisi operasi dan muatan yang dibawa.

4. Desain Aerodinamis

Truk listrik Hino memiliki desain yang aerodinamis untuk mengurangi hambatan udara dan meningkatkan efisiensi energi. Desain ini juga berkontribusi pada pengurangan konsumsi energi saat truk beroperasi.

5. Kapasitas Muatan

Truk listrik Hino memiliki kapasitas muatan maksimum sekitar 10 ton, tergantung pada model dan konfigurasi yang digunakan.

Selain itu, Hino Dutro Z EV juga memiliki sasis yang rendah untuk mempermudah keluar masuk barang dan mempermudah pengemudi untuk memasuki kabin.

Baca Juga : 4 Truk Listrik di Indonesia dan Fitur Spesifikasinya

Fitur-fitur Keselamatan Truk Listrik Hino

Dengan keunggulannya tersebut, berikut beberapa fitur terbaik yang diberikan oleh truk listik ini.

Untuk Anda ketahui, beberapa fitur keselamatan dari Dutro Z EV ini terbilang sangat lengkap. Terdapat pre collision safety yang berfungsi untuk memberi peringatan saat ada kemungkinan terjadi tabrakan dari depan. 

Selain itu, hadir juga fitur electric parking brake. clearance sonar untuk mendeteksi hambatan saat mobil mendadak di gas akibat salah injak pedal akselerator.

Ada juga fitur keselamatan lainnya yakni erroneous start prevention function untuk pencegahan kesalahan menekan pedal gas juga rem. Kemudian fitur lane departure warning system hadir menjadi alat bantu keselamatan pada kendaraan yang bisa mendeteksi perpindahan jalur secara mendadak.

Baca Juga : 4 Fitur Truk Listrik Mitsubishi FUSO eCanter serta Keunggulannya

Keunggulan Truk Listrik Hino

Truk yang satu ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan jenis truk lainnya. Apa saja itu? Berikut beberapa kelebihannya.

1. Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan tenaga listrik sepenuhnya, truk ini tidak menghasilkan emisi gas buang, sehingga membantu mengurangi polusi udara dan jejak karbon. Hal ini menjadi langkah yang signifikan dalam menghadapi perubahan iklim dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

2. Efisiensi Biaya Operasional

Meskipun biaya awal pembelian truk listrik mungkin lebih tinggi dibandingkan truk diesel konvensional, biaya operasional jangka panjangnya lebih rendah. Penghematan berasal dari biaya bahan bakar yang lebih rendah dan perawatan yang lebih sedikit karena lebih sedikit komponen yang bergerak.

3. Pengoperasian yang Lebih Tenang

Truk listrik Hino beroperasi dengan lebih sedikit kebisingan dibandingkan truk diesel. Ini membuatnya ideal untuk operasi di area perkotaan yang padat dan di lingkungan yang membutuhkan pengurangan kebisingan.

4. Dukungan Regulasi dan Insentif

Banyak pemerintah menawarkan insentif dan subsidi untuk pembelian dan penggunaan kendaraan listrik. Ini termasuk keringanan pajak, subsidi pembelian, dan dukungan untuk infrastruktur pengisian daya. Regulasi yang semakin ketat terhadap emisi kendaraan juga mendorong adopsi truk listrik.

5. Kinerja yang Andal

Dengan teknologi canggih dan desain yang dirancang untuk kinerja optimal, truk listrik Hino memberikan kinerja yang andal dan konsisten. Fitur keselamatan canggih juga memastikan bahwa truk ini aman digunakan dalam berbagai kondisi operasional.

Tantangannya di Masa Depan

Sebagai kendaraan yang diposisikan Hino sebagai “future product”, beberapa ahli memberikan pendapatnya mengenai tantangan yang akan dihadapi kendaraan satu ini di masa depan.

1. Infrastruktur Pengisian Daya

Ketersediaan dan aksesibilitas stasiun pengisian daya masih menjadi isu penting. Diperlukan investasi besar untuk membangun jaringan pengisian daya yang luas dan efisien.

2. Daya Tahan Baterai

Meskipun teknologi baterai terus berkembang, daya tahan dan masa pakai baterai masih menjadi perhatian utama. Penelitian dan inovasi terus diperlukan untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi baterai.

3. Biaya Awal

Biaya pembelian truk listrik masih relatif tinggi dibandingkan dengan truk diesel. Namun, dengan peningkatan produksi dan perkembangan teknologi, biaya ini diharapkan akan menurun seiring waktu.

Melihat hal tersebut, truk listrik Hino adalah inovasi yang menjanjikan untuk masa depan transportasi yang lebih bersih, efisien, dan berkelanjutan. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, truk listrik ini tidak hanya memberikan manfaat lingkungan tetapi juga ekonomi dan sosial.

Meski ada tantangan yang harus diatasi, potensi besar dari teknologi ini membuatnya layak untuk diadopsi secara luas. Masa depan transportasi adalah listrik, dan Hino menjadi salah satu dari generasi perubahan ini.

Troben Menyediakan Jasa Sewa Truk Terlengkap dan Aman 

Demikianlah informasi tentang truk listrik Hino. Sebagai perusahaan logistik terpercaya di Indonesia, Troben mempunyai berbagai layanan untuk memudahkan proses pengangkutan barang salah satunya jasa sewa truk.

Jasa sewa truk kami menyediakan armada truk paling lengkap se Indonesia mulai dari Pick up sampai dengan Tronton. Armada truk yang kami sewakan memiliki spesifikasi dan juga maksimal muatan yang berbeda-beda. 

Jika Anda butuh pengangkutan barang yang aman, pilihan truk lengkap, dan biaya sewa truk lebih hemat, jangan ragu untuk menggunakan jasa sewa truk kami. Unduh aplikasi sewa truk Troben di Play Store atau App Store dan pesan jasa sewa truk kami sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel