Home » Seputar Logistik » 10 Komponen Mesin Bubut Kayu, Ketahui Kelebihannya!

10 Komponen Mesin Bubut Kayu, Ketahui Kelebihannya!

Mesin bubut kayu

Mesin bubut kayu merupakan alat perkakas yang memiliki peran penting dalam proses produksi di industri perkayuan. Mesin ini memungkinkan untuk produksi kayu dengan tingkat presisi yang tinggi.

Biasanya, perangkat ini difungsikan sebagai pembuatan balok, tiang, pilar, atau hiasan kayu lainnya. Tentu ada berbagai macam komponen yang dimiliki pada mesin ini dengan kelebihan pada manufaktur kayu.

Apa Itu Mesin Bubut Kayu?

Mesin bubut kayu adalah alat mesin yang digunakan untuk menghilangkan material yang tidak diinginkan pada benda kerja kayu. Cara kerja mesin ini bergerak memutar sehingga menghasilkan serpihan dari bantuan alat yang bergerak ke dalam benda kerja.  Mesin ini tentu menjadi salah satu peralatan yang serbaguna untuk kebutuhan manufaktur kayu. Fungsinya sangat penting dalam pekerjaan pembuatan furniture, seni ukir, dan kerajinan kayu.

Tidak heran mengapa penggunaan mesin ini mampu membentuk berbagai macam ukiran kayu untuk menghasilkan karya seni yang unik dan artistik. Mesin ini juga memiliki fitur tambahan yang bisa memudahkan pengguna untuk mengoperasikan alatnya lebih fleksibel.

 

Baca Juga: Mesin Planer: Pengertian, Komponen, Jenis, dan Fungsinya

Komponen Mesin Bubut Kayu

Mesin bubut kayu terdiri dari berbagai komponen agar berfungsi dengan baik saat dioperasikan. Setidaknya, terdapat 10 komponen yang wajib Anda ketahui pada alat perkakas ini. Apa saja itu?

1. Headstock

Headstock adalah bagian mesin bubut yang berfungsi sebagai tempat meneruskan gerakan-gerakan yang diperlukan dan mengatur putaran  pada saat operasi pembubutan. Fungsi utama seperti rakitan chuck dan spindel, penyetelan kecepatan spindel, penyetelan roda gigi, dan fungsi lainnya terletak di headstock.

 2. Tailstock

Komponen ini berfungsi untuk menopang benda kerja yang panjang pada mesin bubut. Selain itu, bagian ini juga berfungsi untuk chuck bor, reamer,  mesin bubut lancip, dan lain-lain.

3. Toolpost

Toolpost adalah tempat pada mesin bubut yang berfungsi sebagai dudukan alat pemutar. Alat ini dipasang dan dudukan pahat dibuat menggunakan pemegang pahat.

4. Spindle

Terdapat dua jenis spindle yaitu rahang tiga dan rahang empat. Komponen ini berfungsi sebagai tempat benda kerja untuk proses pemotongan.

5. Lead Crew

Bagian ini merupakan poros berulir panjang yang terletak di bagian bawah atau sejajar dengan tepian dari kepala tetap hingga ekor tetap. Komponen ini terhubung ke roda gigi  tetap dan dapat berputar berlawanan arah.

 

Baca Juga: Mesin Milling : Pengertian, Komponen, dan Jenisnya

6. Feedrod

Feedrod terletak di bawah ulir pemandu dan berfungsi sebagai saluran untuk mengalirkan tenaga dari quick drive dan menggerakkan mekanisme mesin pemotong rumput ke samping atau vertikal.

7. Carriage

Carriage terdiri dari beberapa perlengkapan seperti apron, tempat pahat, dan eretan untuk menopang dan memandu alat pemotong. Komponen ini memiliki dua cross slide untuk mengarahkan pahat ke arah silang. Pada bagian spindle atas mengontrol pergerakan dudukan pahat dan spindel atas digunakan untuk menggerakkan dudukan sepanjang landasan.

8. Bed

Bed berguna sebagai alas mesin yang berfungsi sebagai posisi carriage ditempatkan. Alas mesin ini menjadi bagian utama dalam rangka mesin dengan bagian alur-alur berbentuk v, rata, atau datar.

9. Gear Box

Gear box atau bisa disebut juga dengan roda gigi adalah komponen yang berfungsi untuk transmisi daya dari spindel ke sekrup utama. Proses transmisi ini menunjukkan ke berbagai kecepatan yang berbeda.

10. Chuck

Komponen berikutnya adalah chuck yang berfungsi untuk menggenggam benda kerja berdiameter besar atau bentuknya yang tidak beraturan. Komponen ini dipasang ke bagian ujung spindel pada mesin bubut kayu dengan cara dikencangkan.

Kelebihan Mesin Bubut Kayu

Mesin bubut kayu memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya sangat berguna dalam industri produksi kayu. Berikut beberapa di antaranya adalah:

1. Tingkat Presisi yang Tinggi

Mesin bubut dirancang untuk memotong kayu dengan tingkat presisi yang akurat dan tinggi. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat bentuk dan detail yang rumit dengan akurasi yang tinggi.

2. Produktivitas yang Efisien

Kelebihan lainnya jika dibandingkan menggunakan alat pemotong kayu manual lainnya kinerja mesin ini lebih cepat. Hal ini memungkinkan proses produksi menjadi lebih cepat dan lebih efisien.

3. Kemampuan Memproduksi Berbagai Bentuk

Mesin ini memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai bentuk dan desain, mulai dari balok kayu hingga potongan melengkung yang rumit. Ini menjadikannya alat yang sangat fleksibel untuk berbagai aplikasi.

4. Daya Ketahanan Tinggi

Mesin bubut dirancang secara khusus untuk tahan lama dan mampu menangani beban kerja berat secara terus-menerus. Ini menjadikannya investasi yang baik dalam jangka panjang untuk bisnis pertukangan kayu.

5. Fleksibilitas

Kelebihan lainnya adalah kemudahan penggunaannya meski komponen di dalamnya terlihat kompleks. Biasanya mesin ini dirancang untuk mudah digunakan setelah pengguna mempelajari teknik dasar pengoperasiannya. Ini memungkinkan pengrajin dari berbagai tingkat keahlian untuk menggunakannya dengan efektif.

6. Hasil Berkualitas

Mesin bubut memungkinkan untuk menghasilkan produk berkualitas, serupa, dan tetap konsisten. Peralatan perkakas ini tentu sangat berguna dalam situasi di mana banyak produk dengan desain yang sama diperlukan.

Itu dia informasi yang bisa Anda dapatkan untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu mesin bubut kayu. Peralatan untuk kebutuhan manufaktur kayu ini tentu bisa mendorong aktivitas produksi berjalan dengan efisien.

Jika Anda membutuhkan mesin ini, jangan lupa untuk memperhatikan keamanan dalam pengirimannya. Cara ini bisa dipertimbangkan dengan mengandalkan Troben sebagai perusahaan logistik terpercaya.

Troben menyediakan layanan pengiriman untuk pengiriman kargo mulai dari 10kg saja dengan harga terjangkau. Download aplikasi kirim barang Troben untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel