Home » Seputar Logistik » Mesin Milling : Pengertian, Komponen, dan Jenisnya

Mesin Milling : Pengertian, Komponen, dan Jenisnya

Mesin Milling

Mesin milling merupakan alat yang digunakan untuk meringankan pekerjaan seperti memutar, memahat, dan lainnya. Mesin ini mampu menghasilkan berbagai bentuk presisi pada benda kerja dengan menggunakan pisau berputar dan gerakan terkontrol.

Dalam artikel berikut ini kami akan membahas informasi tentang mesin milling mulai dari pengertian, komponen dan juga jenisnya.  

Apa Itu Mesin Milling?

Mesin milling adalah alat mesin yang digunakan untuk memotong, membentuk, dan menghaluskan material, seperti logam, plastik, dan kayu, dengan menggunakan alat potong berputar. 

Proses milling dilakukan dengan memutar alat potong yang disebut end mill atau cutter, yang kemudian mengikis permukaan benda kerja sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Mesin ini dapat bekerja dalam berbagai sumbu (X, Y, dan Z) untuk menciptakan bentuk yang kompleks dan presisi tinggi.

Mesin ini banyak digunakan dalam industri manufaktur, permesinan, dan fabrikasi untuk membuat komponen-komponen presisi dalam berbagai ukuran dan bentuk. Keunggulannya adalah fleksibilitas, akurasi, dan kemampuan untuk menangani berbagai jenis material.

Baca Juga : Mesin Broaching: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Keunggulan

Komponen-komponen Mesin Milling

Mesin milling adalah alat yang digunakan untuk memotong atau membentuk bahan dengan bantuan alat potong yang berputar. Berikut adalah komponen dari mesin ini, antara lain :

1. Spindle

Mesin Milling memiliki poros yang berfungsi untuk menahan alat potong dan memastikan putaran yang konsisten selama proses penggilingan. Poros ini menjadi salah satu komponen penting untuk menjaga akurasi dan keefektifan mesin dalam bekerja. Dengan adanya poros yang handal, mesin ini bisa menghasilkan hasil yang presisi dan berkualitas.

2. Table (Meja Mesin)

Komponen dari mesin ini selanjutnya adalah table atau meja mesin. Meja mesin ini berfungsi sebagai tempat dimana benda kerja diletakkan. Meja ini bisa digerakkan dalam arah horizontal (X dan Y) dan vertikal (Z).

Dengan meja yang dapat digerakkan ini, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan posisi komponen sesuai kebutuhan. Pergeseran yang presisi memungkinkan hasil kerja yang akurat dan efisien. 

3. Knee

Selanjutnya ada knee yang menjadi bagian untuk menopang meja mesin dan dapat digerakkan secara vertikal. Bagian ini berperan penting dalam menjaga stabilitas dan presisi operasi mesin selama proses pengefraisan dilakukan. 

4. Column

Column adalah struktur yang berfungsi untuk menopang semua komponen pada mesin ini. Sebagai pondasi utama, struktur ini berperan penting dalam menjaga stabilitas dan kinerja optimal dari setiap bagian mesin. 

5. Base 

Bagian dasar mesin yang menopang seluruh struktur mesin dan menyerap getaran. Komponen ini berfungsi menopang seluruh struktur mesin dan meredam getaran adalah bagian dasar mesin. 

Dengan kekuatannya, bagian ini memastikan keseimbangan dan stabilitas mesin saat operasional. Tanpa bagian dasar yang kuat dan andal, kinerja mesin akan terganggu dan hasil produksi menjadi tidak optimal.

6. Overarm/Arbor

Komponen ini adalah bagian penting yang bertindak sebagai perpanjangan spindle khususnya dalam mesin milling horizontal. Selain itu, komponen ini berperan penting dalam menjaga dan memutar pisau atau alat potong sesuai dengan arah pemakanan yang diinginkan. 

Tugasnya adalah untuk memastikan proses pemotongan berjalan lancar dan presisi dalam pembuatan produk. Komponen ini tidak hanya meningkatkan efisiensi kerjanya, tetapi juga meningkatkan akurasi dan kualitas hasil akhir.

7. Head

Milling head diletakkan di bagian puncak mesin, khususnya yang berjenis vertikal. Komponen ini memiliki beberapa bagian seperti motor penggerak, spindle, dan berbagai mekanisme pengendali yang lain. 

Mesin milling sangat bergantung pada keberadaan milling head untuk menjalankan proses pemotongan dengan presisi tinggi. Dengan adanya komponen ini, mesin dapat menghasilkan hasil kerja yang akurat dan efisien. Oleh karena itu, penting untuk memastikan perawatan dan pemeliharaan milling head agar mesin tetap beroperasi secara optimal.

8. Motor Penggerak

Motor penggerak berfungsi mendorong spindle untuk menggerakkan alat pemotong. Dengan pergerakan yang tepat, proses pemotongan bahan menjadi lebih efisien dan akurat. Spindle yang berputar dengan kecepatan yang diatur dengan teliti memastikan hasil potongan yang presisi. 

Baca Juga : Mesin Shaper: Komponen, Jenis, dan Keunggulannya

Jenis-jenis Mesin Milling 

Ada beberapa jenis mesin milling yang biasa digunakan, seperti : 

1. Mesin Milling Vertikal

  • Spindel mesin tegak lurus dengan meja kerja.
  • Pemotongan dilakukan dengan menggerakkan pisau atau alat potong secara vertikal.
  • Cocok untuk pekerjaan seperti pembuatan alur, lubang, dan permukaan rata.

2. Mesin Milling Horizontal

  • Spindel mesin sejajar dengan meja kerja.
  • Pemotongan dilakukan dengan menggerakkan pisau atau alat potong secara horizontal.
  • Cocok untuk pekerjaan seperti pembuatan profil dan bentuk yang kompleks.

3. Mesin Milling  Kolom dan Lutut 

  • Meja mesin terhubung dengan lutut yang dapat digerakkan secara vertikal.
  • Memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan mesin milling vertikal dan horizontal.
  • Cocok untuk berbagai jenis pekerjaan milling.

4. Mesin Milling Planer 

  • Memiliki ukuran yang besar dan kokoh.
  • Dilengkapi dengan beberapa spindel yang dapat dipasang dengan berbagai jenis pemotong.
  • Cocok untuk pekerjaan berat dan presisi tinggi.

Kirim Mesin Milling dengan Aman bersama Troben 

Demikianlah informasi tentang mesin milling mulai dari pengertian, komponen, serta jenisnya. Jika Anda berencana untuk melakukan pengiriman mesin jenis milling ataupun mesin industri lainnya, lakukan pengirimannya dengan aman bersama Troben.

Melalui layanan Troben Cargo, kami akan membantu pengiriman barang besar dengan aman. Supaya mesin milling aman hingga alamat tujuan, maka kami akan mengemasnya dengan material packing yang sesuai. 

Segera kirim mesin milling dan mesin industri lainnya bersama Troben dengan cara download aplikasi kirim barang Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel