Home » Bisnis » 10 Tips Membeli Sofa untuk Hunian yang Nyaman

10 Tips Membeli Sofa untuk Hunian yang Nyaman

Tips Membeli Sofa

Sofa merupakan jenis furniture yang penting harus diperhatikan untuk membuat suasana ruang tamu terasa nyaman. Maka dari itu, pastikan Anda mengetahui bagaimana tips membeli sofa untuk hunian Anda.

Sofa sendiri merupakan elemen interior yang berfungsi sebagai sarana santai untuk penghuni rumah dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Jenis furniture ini banyak diaplikasikan ke berbagai ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar pribadi. Lantas, bagaimana tips membeli sofa yang bisa membuat hunian terasa semakin nyaman? Yuk simak artikel di bawah berikut ini!

Tips Membeli Sofa untuk Rumah

Saat membeli sofa, ada berbagai aspek yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah dalam memilih furniture di dalam rumah. Berikut beberapa tips membeli sofa yang bisa Anda terapkan dalam membeli sofa.

1. Pastikan Fungsi Sofa

Hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli sofa adalah memahami dari segi fungsi kartu sofa itu sendiri. Jika Anda ingin memakan sofa untuk kebutuhan ruang santai ketika bertamu, maka pilihlah jenis sofa yang cocok digunakan di ruang tamu.

Berbeda halnya jika ingin menggunakan sofa multifungsi yang bisa dijadikan sebagai tempat tidur. Tentu Anda bisa menggunakan jenis sofa bed yang bisa Anda gunakan di ruang tidur dengan ruang yang terbatas.

2. Sesuaikan dengan Ukuran Ruang

Ukuran dalam ruangan rumah harus menjadi tolak ukur sebelum memilih sofa yang tepat. Hal ini sangat berguna agar tidak salah dalam memilih ukuran sofa yang pas sesuai dengan luasan ruang.

Jika Anda memiliki ruang yang cukup besar, pertimbangkan untuk memilih jenis sofa yang cukup untuk memenuhi kapasitas 5-6 orang. Namun, jika ruang keluarga begitu sempit, pilihlah sofa kecil dengan kapasitas 2-3 orang saja.

3.  Custom Order

Tertarik ingin memiliki sofa sesuai dengan selera pribadi? Anda bisa menggunakan sofa secara custom ke pengrajin sofa terpercaya. Jasa ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin memiliki desain sofa sendiri.

Layanan custom order memungkinkan Anda untuk memilih ukuran dan model sofa sesuai keinginan sendiri. Bahkan Anda bisa juga menentukan jenis dan warna kain sebelum sofa diproduksi oleh tim pengrajin.

4. Sesuaikan Desain dengan Interior Ruangan

Pemilihan desain sofa perlu Anda pertimbangkan dengan cermat agar sesuai dengan konsep ruang interior yang Anda gunakan. Misalnya, Anda menyukai ruang dengan konsep minimalis bergaya scandinavian, maka Anda bisa memilih jenis sofa yang modern dan populer yang sedang populer di kota-kota besar.

Namun jika Anda lebih menyukai konsep ruangan yang hangat dengan penuh dekorasi ornamen kayu, Anda bisa memilih jenis furniture dengan kreasi hiasan seni pahat. Jenis sofa ini bisa Anda pilih dengan material kayu yang tahan lama dan anti rayap.

5. Pilih Sofa dari Material Kuat

Sofa adalah salah satu furniture yang digunakan untuk jangka panjang berkisar 5-10 tahun lamanya. Sehingga, dalam memilih produk ini pun harus menggunakan material yang kuat dan tahan lama.

Tips membeli sofa selanjutnya pastikan Anda memilih jenis material yang kuat seperti kayu jati yang tahan terhadap rayap. Pertimbangkan juga penggunaan material tambahan lainnya seperti baja besi yang tahan karat.

 

Baca Juga: 7 Jenis Furniture dan Tips Memilihnya

6. Pertimbangkan Kain Sofa

Sofa biasanya didesain menggunakan material yang lembut dan nyaman saat didudukkan. Ada pun jenis-jenis kain sofa sebenarnya sangat beragam mulai dari katun, linen, polyester, nilon, dan lain-lain.

Namun, jika Anda ingin menggunakan sofa dengan kesan lebih glamour, pertimbangkan pemilihan sofa yang terbuat dari kulit. Atau jika ingin memiliki permukaan yang lebih halus, Anda bisa memilih kain sofa yang terbuat dari bludru.

7. Cek Busa Sofa

Tips membeli sofa selanjutnya yang akan mempengaruhi kenyamanan sofa adalah pemilihan material busa dudukan. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah sofa dengan kualitas busa yang bermutu tinggi/

Penggunaan busa yang berkualitas akan menjamin kenyamanan serta ketahanan fungsi sofa dalam waktu yang lama. Hindari pemilihan sofa yang terlalu lembek atau terlalu keras karena akan membuat posisi duduk menjadi tidak nyaman.

8. Pilih Warna yang Sesuai dengan Cat ruangan

Saat menentukan sofa untuk hunian Anda, perhatikan juga dalam pemilihan warna yang sesuai dengan tone cat tembok ruangan Anda. Anda juga bisa menyesuaikan dengan warna lantai atau furniture lain di sekitar sofa.

Pilihlah warna-warna netral yang bisa memberikan point lebih dalam ruangan Anda lebih terlihat nyaman. Coba lah untuk melihat referensi terkait rekomendasi sofa yang sesuai dengan tema ruangan.

9. Sesuaikan dengan Budget

Tips membeli sofa selanjutnya adalah mempertimbangkan budget yang Anda tetapkan sebelumnya. Dengan begitu, ini bisa membatasi pilihan serta menghindari Anda untuk berbelanja secara impulsif.

Budget yang terbatas tentunya akan mempengaruhi kualitas dari sofa itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya gunakan waktu lebih panjang untuk mempertimbangkan menentukan budget sesuai dengan harga pasaran sebelum membeli sofa.

10. Pilih Sofa dengan Fungsi Tambahan

Konsep modern dan minimalis menghadirkan berbagai inovasi produk sofa yang dilengkapi dengan fitur tambahan yang beragam. Inovasi ini menjadi salah satu nilai lebih di mana Anda bisa menerapkan tips membeli sofa dengan mendapatkan produk furniture yang multifungsi.

Seperti contoh sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur dengan desain yang compact sehingga bisa diaplikasikan di ruang yang sempit agar terlihat lebih lapang. Kemudian ada juga jenis sofa yang memiliki fitur penyimpanan di bagian bawah dudukan sehingga dapat memaksimalkan setiap ruang agar hunian tampak rapi dan nyaman saat digunakan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti tips membeli sofa ini dengan memaksimalkan penambahan fungsi yang ditawarkan.

 

Baca Juga: Jenis Kayu Untuk Lantai yang Cocok untuk Rumah Anda 

Beli Sofa dengan Gunakan Jasa Pengiriman Barang di Troben

Demikian penjelasan bagaimana tips membeli sofa yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ruang hunian Anda. Agar pesanan sofa Anda dapat sampai dengan selamat, tentu harus menggunakan jasa kirim barang yang terpercaya.

Sebagai jasa ekspedisi logistik berbasis aplikasi, Troben hadir menawarkan solusi untuk pengiriman sofa yang aman. Bisa Anda pesan melalui aplikasi saja dengan berat muatan mulai dari 10kg.

Dilengkapi dengan layanan asuransi serta pelacakan secara realtime, proses pengiriman Anda dapat dipantau langsung hingga barang sampai ke alamat tujuan. Yuk gunakan jasa pengiriman barang untuk membeli sofa yang aman bersama Troben!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel