Home » Seputar Logistik » 5 Pelabuhan di Sumatera, Pusat Logistik dan Ekspor Impor

5 Pelabuhan di Sumatera, Pusat Logistik dan Ekspor Impor

Pelabuhan di Sumatera

Pelabuhan merupakan salah satu pintu gerbang aktivitas perdagangan skala nasional bahkan internasional. Berbagai wilayah tentunya memiliki tempat ini termasuk pelabuhan di Sumatera.

Hingga saat ini, beberapa pelabuhan masih beroperasi sebagai sarana transportasi untuk mengangkut penumpang atau barang. Informasi selengkapnya, cek daftar pelabuhan di Sumatera pada artikel berikut ini!

Daftar Pelabuhan di Sumatera

Jika Anda berencana ingin mengirim barang ke Sumatera menggunakan transportasi laut, beberapa pelabuhan ini bisa menjadi destinasi tujuan untuk pengiriman alamat ke tujuan. Apa saja itu?

1. Pelabuhan Teluk Bayur

Teluk Bayur merupakan salah satu pelabuhan di Sumatera yang sudah berdiri dari zaman kolonial Belanda tahun 1888. Pelabuhan yang masih beroperasi hingga saat ini terletak di Kota Padang, Sumatera Barat.

Sejak dahulu, pelabuhan Teluk Bayur pernah menjadi pelabuhan tersibuk ke-5 di Indonesia dan menjadi penghubung kegiatan ekspor dan impor. Dan hingga saat ini, pelabuhan ini terbuka untuk kegiatan perdagangan global yang memiliki beberapa kawasan sentra bisnis di Sumatera Barat.

Fasilitas di pelabuhan ini memiliki lapangan dermaga seluas 8.34 m2 dengan panjang 345 m2 dan lebar 24 m2. Pelabuhan Teluk Bayur juga sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan modern untuk pelayanan petikemas dengan komoditas unggulan seperti semen, minyak, karet, hingga batu perlite.

 

Baca Juga: 5 Pelabuhan di Batam untuk Angkut Penumpang dan Barang

2. Pelabuhan Belawan

Pelabuhan di Sumatera selanjutnya adalah pelabuhan Belawan yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara. Dikelola oleh PT. Pelabuhan Indonesia, pelabuhan ini menjadi pusat perdagangan ekspor dan impor atau perdagangan barang antar pulau di bagian Sumatera Utara.

Pelabuhan ini disebut sebagai pelabuhan tersibuk di luar Pulau Jawa. Karena selain melayani pengangkutan barang, pelabuhan ini juga melayani pengangkutan untuk kapal penumpang.

Lokasinya yang strategis dengan pelabuhan di Penang, Malaysia, menjadikan salah satu alasan mengapa banyak penumpang atau mengirim barang mengunjungi pelabuhan satu ini untuk perjalanan ke luar negeri.

Pelabuhan ini juga dilengkapi dengan berbagai akses fasilitas seperti dermaga domestik dan internasional. Perlengkapan angkut muatan barangnya pun cukup memadai yang dilengkapi juga dengan sistem manajemen ISO 9001 Mutu, ISO 14001 Lingkungan, dan lainnya.

3. Pelabuhan Kuala Tanjung

Tak jauh dari pusat Kota Medan, terdapat salah satu pelabuhan besar tepatnya di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara bernama pelabuhan Kuala Tanjung. Pelabuhan Kuala Tanjung dikelola oleh PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) yang merupakan anak perusahaan Pelindo.

Konon pelabuhan ini disebut sebagai pelabuhan terbesar di wilayah Indonesia Barat melebihi pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Lokasinya pun sangat strategis berada di perlintasan arus Selat Malaka yang merupakan kawasan sibuk lalu lalangnya transportasi laut.

Saat ini, pelabuhan Kuala Tanjung terus meningkatkan fasilitas dan infrastrukturnya salah satunya menjadikan transhipment port yang dapat disinggahi kapal besar dari berbagai negara. Dilengkapi dengan fasilitas teknologi yang modern untuk meningkatkan pelayanan jasa dan meningkatkan proses bongkar muat lebih cepat.

4. Pelabuhan Bakauheni

Beralih ke pelabuhan di Sumatera Selatan yang menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia. Dinamakan sebagai pelabuhan Bakauheni yang merupakan gerbang utama transportasi laut antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Pelabuhan Bakauheni dikelola oleh ASDP yang banyak mengoperasikan kapal feri untuk penyeberangan antar provinsi meliputi kendaraan pribadi, bus, hingga truk angkut barang. Dengan pelayanan yang lengkap, ini juga memungkinkan untuk melakukan pengiriman barang antar pulau dengan waktu yang cepat.

Fasilitas yang tersedia di pelabuhan Bakauheni pun cukup lengkap mulai dari ketersediaan kapal laut yang beragam dan beroperasi dari pagi hingga sore. Di sekitar pelabuhan juga tersedia beberapa fasilitas tambahan seperti hotel yang memudahkan penumpang untuk beristirahat saat di perjalan.

 

Baca Juga: 5 Pelabuhan di Kalimantan Timur dengan Fasilitas Lengkap

5. Pelabuhan Boom Baru

Berbeda dengan pelabuhan di Sumatera yang menghubungkan lalu lintas di laut,  pelabuhan ini justru berlabuh di perairan sungai yang letaknya tak jauh di pusat Kota Palembang Sumatera Selatan. Pelabuhan Boom Baru terletak di sepanjang Sungai Musi dan dikelilingi dua muara anak sungai yaitu Sungai Lawang Kidul dan Belabak.

Saat ini, pelabuhan Boom Baru menjadi pelabuhan sungai terbesar yang menjadi pusat pertumbuhan perekonomian di Sumatera Selatan. Adapun aktivitas pada pelabuhan ini lebih banyak bongkar muat kontainer ataupun pengiriman barang.

Pelabuhan Boom Baru mempunyai fasilitas yang cukup lengkap mulai dari infrastruktur, sarana, prasarana, hingga dermaga yang tersedia. Fasilitas yang tersedia pun didukung dengan peralatan yang cukup lengkap untuk memudahkan proses pemindahan kontainer. Luas lapangan kontainernya yang mencapai sekitar 59.000 m2, menjadikan aktivitas bongkar muat di pelabuhan ini lebih efisien.

Demikian daftar pelabuhan di Sumatera yang perlu Anda ketahui. Beberapa pelabuhan tersebut bahkan mendukung aktivitas perdagangan internasional termasuk impor ataupun ekspor barang.

Jika Anda tertarik untuk melakukan pengiriman ke wilayah Sumatera menggunakan transportasi laut, beberapa pelabuhan ini bisa menjadi titik lokasi yang strategis untuk menuju alamat pengiriman. Selain waktu pengiriman menjadi lebih efisien, kelengkapan fasilitas yang tersedia juga memungkinkan barang kiriman Anda bisa sampai dengan aman.

Pengiriman kargo menggunakan transportasi laut kini semakin mudah dengan mengandalkan jasa pengiriman barang yang terpercaya hanya ada di Troben. Sebagai aplikasi cargo dan logistik yang paling dicari masyarakat, Troben siap melayani pelanggan hanya dengan melakukan transaksi secara online.

Butuh pengiriman menuju pelabuhan di Sumatera? Andalkan saja Troben untuk pengiriman lebih mudah, cepat, dan terjangkau. Download aplikasi kirim barang Troben dan lakukan pemesanan sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel