Home » Bisnis » 6 Tips Bisnis Kerajinan Perak untuk Jadi Distributor Terpercaya

6 Tips Bisnis Kerajinan Perak untuk Jadi Distributor Terpercaya

Kerajinan Perak

Kerajinan perak di Indonesia kini semakin berkembang diikuti dengan inovasi produk dengan gaya yang modern dan berkualitas. Hingga saat ini, permintaan pasar terhadap produk dari perak kian bertambah seiring perkembangannya bisnis secara online.

Kerajinan ini tidak hanya melibatkan keahlian dalam pembuatan perhiasan, tetapi juga mencakup berbagai produk seperti peralatan rumah tangga, seni dekoratif, dan banyak lagi. Tentu untuk mencapai keberhasilan dalam menjalankan bisnis kerajinan perak, perlu adanya kombinasi antara kreativitas yang tinggi, keterampilan teknis yang solid, dan penerapan strategi pemasaran yang tepat.

Peluang Bisnis Kerajinan Perak

Langkah pertama dalam menjalankan bisnis, tentu Anda harus memahami apa saja peluang yang ada pada bisnis tersebut. Hal ini diperlukan untuk mengidentifikasi potensi pasar yang sedang banyak dicari oleh konsumen.

Saat ini, industri kerajinan disebut sebagai salah satu sektor yang terus berkembang di bidangnya. Alasannya, karena produk-produk hasil buatan tangan mampu menghasilkan nilai tambah yang tinggi, berdaya saing global, dan berpotensi menyerap banyak tenaga kerja di masyarakat sekitar.

Dalam industri kerajinan di Indonesia, produk yang terbuat dari perak memiliki kemampuan daya saing yang cukup unggul hingga ke pasar internasional. Hal ini dikarenakan pembuatannya yang masih mengandalkan buatan tangan para pengrajin selama proses produksi.

Saat ini, konsumen semakin mencari produk yang tidak hanya memiliki nilai estetika tinggi tetapi juga memiliki cerita di balik pembuatannya. Kerajinan perak yang dirancang secara unik dan dibuat dengan teknik tradisional atau inovatif dapat menarik perhatian pasar.

Melihat tingginya potensi pasar pada produk kerajinan, tentu hal ini bisa menjadi peluang yang cukup menguntungkan bagi Anda yang ingin menggeluti kerajinan perak. Bahkan, bisnis ini tidak hanya menjangkau pasar domestik saja melainkan bisa menembus pasar global.

Ini membuktikan kerajinan dari perak mampu melakukan ekspansi hingga ke pasar ekspor. Daya tarik internasional yang sangat kuat tentunya bisnis ini dapat menjadi peluang untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan pendapatan.

 

Baca Juga: 6 Tips Bisnis Grosir Batik, Bisa Mulai dari Rumah Aja!

Tips Menjalankan Bisnis Kerajinan Perak

Meski peluang pasar kerajinan ini cukup tinggi, apa pun jenis bisnis yang dijalankan tetap perlu menerapkan strategi yang tepat agar bisa berkembang. Berikut simak penjelasan selengkapnya di bawah berikut ini!

1. Pahami Kebutuhan Pasar

Setiap bisnis tentunya memiliki target audiensnya tersendiri mengikuti kebutuhan, perilaku, dan keinginan konsumen. Maka dari itu, penting untuk memahami seperti apa kebutuhan pasar dengan mengenal tren, permintaan dan segmen pasar yang berpotensial dalam jangka panjang.

Dengan memahami kebutuhan ini, Anda bisa menentukan produk yang yang akan didistribusikan ke calon konsumen. Begitupun strategi pemasaran yang ditetapkan juga akan lebih efektif.

2. Pertimbangkan Produsen yang Tepat

Menjual produk kerajinan yang berkualitas tentunya harus dikerjakan oleh tangan pengrajin yang berkualitas juga. Dalam hal ini, Anda juga harus mampu mempertimbangkan pemasok atau produsen kerajinan perak yang tepat.

Maka dari itu, carilah produsen yang memiliki visi dan misi yang selaras dengan bisnis Anda. Tidak lupa juga untuk riset lebih mendalam tentang keuntungan apa saja yang akan didapatkan sebagai distributor kerajinan perak.

3. Bangun Hubungan dengan Pelanggan

Sebagai seorang distributor, juga harus membangun hubungan yang baik dengan pelanggannya. Baik kepada calon konsumen atau pelanggan tetap yang sudah menjadi reseller bisnis sejak lama.

Hubungan yang berjalan dengan baik akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru namun tetap mempertahankan konsumen lama. Berikan layanan terbaik untuk membangun citra positif sehingga kebutuhan konsumen terpenuhi dengan kehadiran bisnis Anda.

4. Kembangkan Strategi Pemasaran

Tips selanjutnya adalah mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk menjangkau target konsumen lebih luas. Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan promosi secara efektif dengan memanfaatkan penggunaan media sosial sesuai dengan target konsumen Anda.

Untuk jenis bisnis distributor, Anda juga bisa membuat website dan menyediakan beberapa opsi marketplace untuk memperluas jangkauan audiens Anda. Strategi yang efektif ini tidak hanya berpotensi menjangkau konsumen baru, tetapi bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.

5. Maksimalkan Pelayanan

Pelayanan yang baik sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen saat bertransaksi pada bisnis Anda. Maka dari itu, selalu lah berupaya memberikan layanan yang maksimal dengan memahami apa yang dibutuhkan konsumen.

Misalnya, selalu fast respon menanggapi pertanyaan atau keluhan yang disampaikan konsumen melalui chat. Anda juga bisa menghadirkan promo diskon untuk reseller yang membeli 20 produk pada bisnis kerajinan tangan Anda sehingga membuat konsumen merasa untuk bertransaksi dengan bisnis Anda.

6. Pilih Layanan Logistik Terpercaya

Logistik merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang operasional bisnis agar berjalan dengan lancar. Pastikan dalam memilih jasa ekspedisi untuk kirim barang kerajinan tangan harus menggunakan layanan logistik yang terpercaya.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar memudahkan bisnis dalam pendistribusian barang yang lebih efektif. Tips ini juga bisa membantu pengeluaran operasional lebih terjangkau dan menghemat biaya.

 

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk UMKM 

Kirim Barang Kerajinan dengan Aman Bersama Troben

Demikian tips yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan bisnis kerajinan perak yang berpeluang tinggi dalam pasar domestik hingga internasional. Untuk memaksimalkan operasional bisnis kerajinan, tidak lupa selalu mengandalkan layanan kargo yang tersedia di Troben.

Sebagai aplikasi kargo dan logistik yang paling dicari, Troben bisa menjadi solusi untuk memudahkan pendistribusian barang dari produsen ke distributor, reseller, atau konsumen pribadi. Layanan yang tersedia seperti Troben Cargo, memudahkan untuk para pelaku distributor mengirimkan barang dalam jumlah besar ke antar kota hingga antar pulau.

Dilengkapi dengan fasilitas asuransi, ini juga menjamin setiap proses pengiriman aman dari kerusakan atau kehilangan. Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi kirim barang untuk pengiriman yang aman bersama Troben!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel