Home » Bisnis » 6 Tips Bisnis Grosir Batik, Bisa Mulai dari Rumah Aja!

6 Tips Bisnis Grosir Batik, Bisa Mulai dari Rumah Aja!

Bisni Grosir Batik

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia sehingga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tidak heran mengapa banyak kota-kota besar di berbagai daerah menggeluti usaha grosir batik untuk bisnis mereka.

Mengingat Indonesia memiliki keberagaman motif batik yang khas sesuai dengan daerahnya, tentu menjalankan bisnis ini harus menerapkan langkah strategi yang tepat. Berikut simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini!

Peluang Bisnis Grosir Batik

Saat ini fashion batik hampir mendominasi pasar fashion Indonesia dan mulai populer di pasar internasional. Hampir seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang tua, menyukai baju batik.

Pakaian batik sudah lama menjadi seragam sekolah yang digemari dan tersebar luas serta digunakan di seluruh sekolah di Indonesia Tak hanya itu, batik juga merupakan seragam yang populer di kalangan karyawan swasta ataupun negeri.

Busana batik tidak hanya menjadi busana seragam yang populer, tetapi juga berfungsi sebagai model desain  pakaian pesta, pakaian perjalanan, pakaian rumah, pakaian pantai, dan hampir semua pakaian yang kita kenakan sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa peluang pasar grosir batik sangat terbuka dan memang sangat menjanjikan.

Contoh ini mempresentasikan bagaimana fashion batik menjadi salah satu industri pakaian yang berkembang pesat dan memiliki potensi besar di masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan, faktor pendorong tumbuhnya sektor busana di Indonesia ini menjadi budaya nasional yang diwarisi nenek moyang sejak dahulu kala.

Peluang bisnis fashion batik ini tidak hanya memiliki potensi yang sangat besar baik di pasar domestik. Tetapi bisa berkembang pesat juga pada perdagangan internasional.

Baca Juga: 8 Tips Bisnis Grosir Sepatu Berkualitas dan Menguntungkan!

Tips Bisnis Grosir Batik

Jika Anda ingin menjalankan usaha batik secara grosir, bisnis ini juga bisa dimulai dari rumah dengan modal yang terjangkau. Namun, pastikan Anda telah menjalani beberapa tips ini!

1. Pelajari Jenis Batik

Setiap jenis batik memiliki motif yang beragam dengan filosofi serta makna yang berbeda pula. Dan tentunya jenis batik yang satu dengan batik lainnya memiliki minat konsumen yang berbeda juga.

Maka dari itu, Anda harus mempelajari jenis batik yang memiliki ciri khas dari daerah tersebut. Dengan begitu, ilmu ini bisa menjadi bekal untuk menarik calon konsumen agar tertarik membeli batik di toko Anda.

2. Tentukan Target Konsumen

Langkah berikutnya adalah menentukan target konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda. Hal ini cukup penting agar nantinya Anda bisa lebih mudah dalam menentukan jenis batik, model busana, hingga strategi promosi yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

Contohnya, Anda ingin grosir batik menjangkau konsumen yang notabenenya berjenis kelamin perempuan yang menggemari motif pakaian unik. Maka, Anda bisa menjual beberapa jenis pakaian batik untuk wanita dengan motif tulis yang memiliki filosofi yang bermakna dengan penggunaan tinta batik berkualitas.

3. Mencari Produsen Terpercaya

Salah satu keberhasilan usaha grosiran adalah produk yang dijual berasal dari produsen terpercaya dan berkualitas. Maka dari itu, Anda bisa melakukan survei untuk mencari pemasok yang menawarkan produk sesuai dengan visi dan misi bisnis Anda.

Agar stok barang terjaga, pilihlah beberapa pemasok yang bisa menjadi supplier bisnis Anda. Dengan menggunakan produsen terpercaya dan berkualitas, ini juga dapat berpengaruh terhadap reputasi bisnis Anda dalam jangka panjang.

 

Baca Juga: 5 Tips Memulai Usaha Grosir Jeans dan Cara Kirim yang Tepat!

4. Atur Strategi Promosi secara Online

Memulai usaha grosir batik di rumah tidak akan menjadi halangan karena bisa Anda pasarkan secara online. Perkembangan media sosial yang terus meningkat, membuat banyak sektor bisnis gencar melakukan promosi di perusahaan mereka.

Begitu pula pada usaha pakaian batik, sebab Anda bisa memasarkannya secara online melalui Instagram, Tiktok, Facebook, dan sejenisnya. Untuk memastikan penjualan berjalan lancar, tidak lupa juga untuk menggunakan situs e-commerce yang bisa meningkatkan omset bisnis Anda.

5. Kembangkan Bisnis dengan Metode Reseller

Tips agar usaha grosir batik Anda semakin besar, kembangkan bisnis dengan menggunakan metode reseller untuk target konsumen Anda. Cara ini bisa dilakukan dengan menawarkan paket usaha untuk reseller dengan biaya yang lebih terjangkau.

Seperti contoh, Anda ingin memiliki paket reseller minimal pembelian 20 potong dengan harga Rp30 ribu per itemnya. Kemudian, reseller tersebut dapat menentukan harga jual batik mereka sendiri dengan margin yang lebih menguntungkan.

Cara ini sangat efektif untuk menjangkau target konsumen terutama bagi mereka yang ingin memulai usaha dengan budget terbatas. Semakin banyak anggota reseller yang Anda punya, maka semakin besar juga peluang bisnis Anda semakin berkembang, bukan?

6. Gunakan Ekspedisi yang Andal

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan bisnis grosir batik adalah mempertimbangkan jasa ekspedisi untuk pengiriman barang. Sebab, usaha grosir memungkinkan Anda untuk mengirim barang dalam jumlah besar setiap harinya.

Tentu, hal ini harus diperhatikan agar keamanan serta keselamatan barang dapat terjamin selama proses pengiriman. Dengan begitu, kualitas barang tetap terjaga sampai ke tangan reseller untuk didistribusikan ke konsumen.

Mulai Bisnis Grosir Batik dengan Mengandalkan Ekspedisi Kirim Barang dari Troben

Demikian penjelasan bagaimana tips menjalankan bisnis grosir batik yang bisa Anda lakukan di rumah. Tips ini tentu sangat berguna untuk Anda yang masih bingung mencari peluang usaha yang menjanjikan.

Menggunakan layanan ekspedisi dari Troben adalah pilihan tepat untuk memudahkan aktivitas bisnis Anda. Selain proses pengirimannya yang terjangkau untuk kalangan usaha, layanan ini juga dilengkapi dengan asuransi sehingga bisa menjamin keselamatan barang kirim Anda.

Tertarik menggunakan jasa pengiriman barang untuk kebutuhan bisnis Anda? Silakan unduh aplikasi kirim barang Troben yang hanya tersedia di Playstore dan Appstore sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel