Home » Bisnis » 8 Tips Bisnis Grosir Sepatu Berkualitas dan Menguntungkan!

8 Tips Bisnis Grosir Sepatu Berkualitas dan Menguntungkan!

bisnis grosir sepatu

Sepatu adalah salah satu kebutuhan primer untuk melindungi kaki saat beraktivitas sehari-hari. Di industri fashion, bisnis grosir sepatu mampu meraih keuntungan yang cukup besar untuk pertumbuhan ekonomi negara.

Hal ini dikarenakan segmentasi pasar terhadap permintaan produk sepatu cukup beragam mulai dari kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa, laki-laki, dan perempuan. Tak heran mengapa bisnis grosir sepatu ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan dalam jangka panjang.

Peluang Bisnis Grosir Sepatu

Berbagai jenis bisnis sepatu bisa Anda temukan di berbagai gerai mall dan toko butik yang menyasar sesuai dengan target pasarnya masing-masing. Baik dari anak kecil, orang dewasa, hingga orang tua pasti menggunakan sepatu.

Contohnya seperti sepatu sekolah untuk anak-anak hingga remaja, kemudian juga ada jenis sepatu wanita yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari ataupun kerja di kantor. Selain itu, jenis sepatu yang lebih spesifik seperti sepatu olahraga atau sepatu boots untuk aktivitas berat di luar ruangan.

Terlebih lagi industri fashion akan selalu mengalami perubahan yang cukup pesat setiap waktunya. Trend yang terus-terus berubah menjadikan permintaan konsumen di pasar pun semakin beragam.

Itu mengapa bisnis grosir sepatu bisa dikatakan tidak akan ada matinya karena permintaan pasar yang terus bertambah. Sehingga penting untuk Anda memahami tips bisnis sepatu ini agar terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan tren hingga saat ini.

 

Baca Juga: 5 Tips Memulai Usaha Grosir Jeans dan Cara Kirim yang Tepat!

Tips Grosir Sepatu Berkualitas

Ingin sukses dalam berbisnis, pastinya Anda harus menjual produk yang berkualitas. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan bisnis grosir sepatu seperti di bawah ini!

1. Riset Pasar

Langkah paling pertama dalam menjalankan bisnis sepatu adalah melakukan riset pasar untuk mengetahui permintaan yang sedang banyak dicari oleh konsumen. Tahap ini meliputi penentuan target pasar dan segmentasi produk yang akan ditawarkan kepada konsumen bisnis Anda.

Misalnya, Anda ingin menyasar target konsumen untuk wanita usia 25 tahunan. Maka Anda bisa melakukan riset lebih mendalam terkait jenis atau model yang sedang dicari oleh target pasar tersebut.

Target pasar ini juga bisa Anda spesifikasikan kembali mulai dari usia, pekerjaan, penghasilan, domisili, dan faktor pendukung lainnya. Mengingat untuk jenis sepatu wanita, ada banyak jenis model yang tersedia mulai dari flat shoes, high heels, ankle boots, dan lain-lain. Dengan cara begitu, maka akan lebih mudah untuk menentukan jenis atau model sepatu yang sesuai dengan target konsumen Anda.

2. Tentukan Supplier Sepatu

Tips grosir sepatu selanjutnya adalah mencari supplier atau produsen jenis sepatu yang akan dijual. Pilihlah supplier sepatu resmi agar bisa mendapatkan produk original dari brand yang sudah ternama.

Hindari membeli sepatu tiruan dari supplier abal-abal dengan menawarkan harga yang lebih murah. Meskipun Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi, tetapi ini bisa menurunkan kredibilitas toko di mata konsumen.

3. Pilih Jenis dan Model Sepatu

Setelah menentukan supplier sepatu yang tepat, saatnya memilih jenis dan model sepatu yang akan dijual ke pasar. Semakin banyak jenis model sepatu yang Anda pilih, maka semakin besar pula pelanggan akan tertarik untuk berkunjung ke toko Anda.

Misalnya, jika Anda membuka toko sepatu untuk wanita, Anda bisa menyediakan beberapa pilihan sepatu mulai dari flat shoes, high heels, wedges, boots, dan lain-lain. Cara ini bisa membuat Anda lebih fokus untuk mengembangkan bisnis dalam jangka panjang.

4. Tentukan Harga Sepatu

Langkah selanjutnya dalam menjalankan bisnis sepatu yaitu menentukan harga sepatu untuk dijual ke pasar. Harga sepatu biasanya dipengaruhi oleh harga pasar dan jumlah penjualan oleh distributor.

Pastikan harga yang ditentukan sepadan dengan kualitas produk yang ditawarkan. Anda juga bisa memberikan beberapa nilai unggul dari produk tersebut seperti memberikan jaminan garansi, tukar ukuran, dan lain-lain, sehingga konsumen bisa mendapatkan manfaat lebih dari produk unggulan bisnis tersebut.

 

Baca Juga: Ide Bisnis Kreatif Paling Cuan di Tahun 2024 

5. Foto Produk

Ingin memasarkan bisnis Anda secara online? Maka foto katalog produk adalah aset pertama yang wajib Anda miliki. Dengan adanya foto produk, bisnis grosir sepatu Anda semakin besar peluangnya bisa menyasar konsumen ke berbagai daerah.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, ini juga bisa meningkatkan jangkauan konsumen Anda ke pasar internasional. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki foto produk semenarik mungkin yang menggambarkan produk sepatu Anda berkualitas.

6. Promosi di Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Instagram, hingga TikTok menjadi alat pemasaran yang efektif untuk mempertemukan bisnis dengan target konsumennya. Tentunya untuk memaksimalkan penggunaan media sosial ini, pastikan Anda menyajikan berbagai konten video ataupun foto yang dikemas secara menarik.

Perhatikan juga penggunaan caption dengan menjelaskan deskripsi produk secara jelas dan relevan dengan produk yang Anda jual. Tidak lupa juga untuk menghubungkan dengan nomor kontak bisnis Anda atau memasukkan link pembelanjaan agar target konsumen bisa berkunjung langsung ke toko Anda.

7. Manfaatkan Platform e-commerce

Media sosial digunakan sebagai alat promosi, sedangkan platform e-commerce digunakan sebagai alat penjual dan konsumen untuk bertransaksi jual beli. Ada berbagai macam jenis marketplace yang bisa Anda gunakan seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagianya. Pilihlah marketplace yang bisa meningkatkan jangkauan pasar Anda untuk grosir sepatu ke seluruh Indonesia.

8. Gunakan Jasa Pengiriman Profesional

Tips yang terakhir untuk berbisnis sepatu yang berkualitas, tentunya Anda harus menggunakan jasa pengiriman yang profesional. Usaha grosir ini, memungkinkan Anda untuk mengirim paket dengan muatan besar sehingga perlu menggunakan layanan ekspedisi kargo yang terpercaya dan berkredibilitas.

Langkah tips ini bisa Anda lakukan dengan memilih layanan ekspedisi yang terjangkau dan bisa anda pantau pengirimannya secara real time. Ini

Demikian tips yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan bisnis grosir sepatu berkualitas. Untuk memenuhi kebutuhan jasa pengiriman barang yang profesional, Anda bisa mengandalkan Troben sebagai perusahaan kargo dan logistik berbasis aplikasi yang paling dicari pebisnis.

Hadir dengan berbagai fitur yang lengkap, mulai dari service door to door, asuransi, hingga pemantauan status pengiriman secara real time. Tentu ini menjamin proses pengiriman barang lebih aman dan terpercaya. Tunggu apa lagi? Gunakan aplikasi kirim barang terpercaya hanya di Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel