Home » Bisnis » Ide Bisnis Kreatif Paling Cuan di Tahun 2024

Ide Bisnis Kreatif Paling Cuan di Tahun 2024

Ide Bisnis Kreatif yang menguntungkan.

Perubahan zaman menuntut para pelaku usaha untuk bereksplorasi dan meningkatkan kreativitas sehingga mampu bisnis kreatif. Dengan menghadirkan inovasi produk yang menarik, ini bisa meningkatkan peluang pasar yang cukup besar di kalangan masyarakat.

Jika Anda ingin menjadi salah satu pebisnis di bidang kreatif, beberapa ide bisnis kreatif ini memiliki peluang yang cukup untuk di tahun 2024. Berikut simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah berikut ini!

Ide Bisnis Kreatif Tahun 2024

Sama seperti jenis usaha lainnya, bisnis kreatif memiliki tantangan tersendiri untuk mempertahankan dalam jangka waktu panjang. Meski begitu, beberapa jenis bisnis ini bisa menjadi sumber paling cuan di tahun 2024. Apa saja itu?

1. Bisnis Kerajinan Tangan

Ada banyak berbagai jenis kerajinan tangan yang bisa dibuat sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Anda bisa membuat beragam kerajinan tangan seperti dekorasi rumah, aksesoris, hingga mainan sesuai dengan bisnis Anda.

Ide bisnis ini bisa Anda lakukan menggunakan sistem pre-order sehingga produk bisa dibuat sesuai dengan permintaan pelanggan. Cara ini cukup efektif untuk Anda yang baru memulai usaha dengan modal terjangkau.

2. Bisnis Florist

Jika Anda suka merangkai bunga, bisnis ini tentu sangat cocok untuk meraih keuntungan di tahun 2024. Hal ini dikarenakan kreasi rangkaian bunga yang dibuat bisa menjadi hadiah pada momen-momen spesial setiap orang.

Misalnya, membuat rangkaian bunga untuk ulang tahun, wisuda, lamaran, atau acara pernikahan. Untuk memperbesar peluang keuntungannya, Anda bisa memasarkannya di media sosial. Anda juga bisa menawarkan kepada konsumen dengan sistem pre-order sehingga bisa menghemat biaya modal.

3. Toko Perlengkapan Seni

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah membuka toko perlengkapan seni dan kerajinan tangan. Anda bisa menyediakan berbagai perlengkapan seni seperti alat lukis, kanvas, cat, dan lain-lain.

Memulai bisnis ini juga tidak mengharuskan Anda untuk menyewa toko secara fisik terlebih dahulu. Anda bisa memasarkannya secara online dan memanfaatkan situs e-commerce untuk menjangkau konsumen dari berbagai daerah.

4. Bisnis Aksesoris

Aksesoris merupakan kerajinan kreatif yang banyak diminati masyarakat Indonesia, baik untuk dipakai pribadi atau dibagikan sebagai cendera mata. Kamu bisa merangkai sendiri aksesoris yang akan dijual, atau bisa juga membelinya dari supplier untuk menghemat waktu dan tenaga.

Setelah memastikan jenis bisnis yang ingin dikembangkan, pastikan kamu mempunyai alur pembayaran online yang mudah dan aman. Instapay adalah platform pembayaran online yang dapat dikelola melalui aplikasi mobile tanpa integrasi rumit.

 

Baca Juga: 10 Ide Jualan Makanan Modal Kecil, Pebisnis Pemula Wajib Coba!

5. Jasa Makeup Artist

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah menjadi penyedia jasa Makeup Artist atau bisa disebut dengan MUA. Jenis usaha ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki keterampilan khusus di bidang kecantikan seperti tata rias atau busana.

Bisnis ini dikatakan memiliki potensi yang cukup menguntungkan karena banyak dibutuhkan pada momen-momen spesial. Anda bisa menawarkan paket makeup mulai dari untuk photoshoot, wisuda, bridesmaid, lamaran, hingga pernikahan.

4. Sewa Pakaian

Ada beberapa jenis pakaian yang biasanya hanya digunakan beberapa kali saja pada acara tertentu. Misalnya acara pentas seni, lamaran, pernikahan, royal party, dan lain-lain. Oleh karena ini, banyak orang yang mempertimbangkan memilih untuk menyewa daripada membeli pakaian yang baru.

Peluang ini tentu bisa menjadi ide usaha yang paling menguntungkan dengan menyediakan jasa sewa pakaian. Misalnya, penyewaan dress, kebaya, hingga pakaian custom. Tentunya Anda juga perlu memahami tren bagaimana perkembangan minat masyarakat saat ini agar produk usahamu laku keras di pasar.

7. Jasa Desain Grafis

Ide bisnis kreatif selanjutnya yang bisa Anda pilih di bidang kreativitas adalah menawarkan jasa desain grafis. Saat ini, hampir semua jenis usaha membutuhkan jasa desain grafis baik untuk mendesain konten, membuat pamflet, brosur, atau logo brand.

Peluang ini bisa Anda dapatkan dengan mempresentasikan hasil karya Anda sebagai desainer grafis. Nantinya, Anda bisa memberikan penawaran kepada klien berapa harga jasa yang diberikan untuk satu kali proyek.

8. Agensi Kreatif

Untuk meningkatkan brand awareness suatu bisnis, perusahaan harus menerapkan berbagai strategi promosi usahanya agar lebih dikenal oleh target konsumen. Salah satu caranya adalah dengan menyajikan konten-konten yang menghibur dan menarik.

Tak heran mengapa profesi content creator kini cukup banyak dicari untuk memproduksi konten promosi terhadap suatu brand. Peluang ini bisa Anda gunakan dengan mendirikan agensi kreatif seperti agensi periklanan, agensi produksi konten, dan lain-lain.

9. Event Organizer

Event organizer sebuah jasa yang bertanggung jawab dalam merencanakan, mengeksekusi, hingga mengatur berjalannya sebuah acara. Tentu Event Organizer harus memiliki ide dan kreativitas agar acara tersebut sukses berjalan dengan meriah.

Jika Anda adalah individu yang terbiasa bergabung dalam suatu kepanitiaan atau acara di komunitas, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis ini bersama dengan rekan tim Anda. Pelajari seluruh sistem kerja yang efektif mulai dari membuat rundown, kelola budget, mengatur waktu acara, hingga berkolaborasi dengan brand lain untuk memeriahkan acara yang Anda selenggarakan.

 

Baca Juga: 7 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan 

10. Souvenir Pernikahan

Pernikahan adalah sebuah momen untuk membagikan momen kebahagiaan bersama keluarga, saudara, dan kerabat di sekitar kita. Dalam momen ini, pihak pengantin juga ingin menjamu tamu sebaik mungkin dengan memberikan souvenir kepada para undangan yang hadir.

Peluang ini tentu bisa menjadi ide bisnis kreatif dengan potensi meraih cuan yang menguntungkan di tahun 2024. Mengapa bisa? Karena permintaan pasar yang cukup besar dan bisa meraih keuntungan secara signifikan.

Itu dia beberapa ide bisnis kreatif yang bisa Anda coba untuk memulai usaha di bidang kreatif. Pastikan Anda melihat terlebih dahulu apa saja peluang usaha yang paling menjanjikan di tahun 2024 ini!

Saat memulai bisnis, penting juga untuk memperhatikan layanan pengiriman yang akan digunakan untuk kelancaran bisnis Anda. Jasa pengiriman barang dari Troben bisa menjadi pilihan untuk mendukung bisnis Anda semakin berkembang.

Layanan Troben Cargo memudahkan Anda untuk melakukan pengiriman dengan muatan besar mulai dari 10kg saja. Yuk, mulai bangun bisnis kreatif Anda dan mengandalkan aplikasi kirim barang hanya di Troben!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel