Home » Seputar Logistik » 8 Alat untuk Packing Barang yang Wajib Dimiliki 

8 Alat untuk Packing Barang yang Wajib Dimiliki 

alat untuk packing barang

Untuk meningkatkan kelancaran bisnis online Anda jangan lupa perhatikan alat untuk packing barang, penting bagi Anda untuk memenangkan kepercayaan pelanggan. 

Salah satu langkah untuk membangun kepercayaan tersebut adalah Anda harus memiliki perlengkapan alat untuk packing barang dengan kualitas memadai. 

Terutama ketika Anda akan mengirimkan barang ke seluruh Indonesia, keberlanjutan memiliki kualitas alat untuk packing sangat penting untuk menjamin keamanan barang Anda sampai ke tangan pelanggan. 

Agar alat untuk packing toko online Anda optimal, pilihlah alat packing terbaik seperti lakban dengan kualitas terbaik. 

Sehingga Anda sebagai pelaku bisnis wajib untuk memiliki perlengkapan alat packing barang yang lengkap.

Baca juga: Apa Itu Stuffing? Inilah Dokumen Beserta Tipsnya

8 Alat untuk Packing Barang Wajib Ada

 

Anda perlu mempertimbangkan ragam jenis barang saat tersedia di toko online, beragam alat kemasan yang disediakan juga perlu disesuaikan. 

Hal ini disebabkan oleh perbedaan pada setiap alat packing seperti daya tahan, ukuran, bahan baku, dan masa pakai setiap produk. 

Berikut contoh alat untuk packing barang yang wajib dimiliki: 

1. Kardus

kardus

kardus

Alat untuk packing barang pertama adalah kardus. Pemilihan ukuran kardus harus sesuai untuk digunakan sebagai lapisan terluar kemasan barang Anda. 

Selain meningkatkan tingkat keamanan dan alat packing dapat memberikan kesan rapi, toko online menggunakan alat packing seperti kardus sebagai kemasan cenderung lebih dipercayai oleh pelanggan. 

Perhatikan dengan cermat ukuran dan ketebalan kardus ketika Anda akan gunakan sebagai alat packing untuk mengemas barang Anda. 

Karena terdapat berbagai kualitas variasi kardus, sehingga disarankan untuk melakukan penelitian yang teliti dan menyesuaikan kardus dengan jenis barang yang Anda jual. 

Hindari ukuran terlalu besar atau terlalu kecil, karena dapat menyebabkan kardus memiliki banyak ruang kosong dan menjadi kemasan yang kurang efisien. 

Oleh karena itu, disarankan untuk memiliki lebih dari satu ukuran kardus agar dapat menyesuaikan dengan ukuran dan jumlah produk saat dipesan oleh setiap pelanggan. 

2. Bubble wrap

bubble wrap

bubble wrap

Alat untuk packing barang selanjutnya ialah plastik. Plastik ini dirancang khusus untuk melindungi produk dari risiko tekanan selama proses pengiriman. 

Sesuai dengan namanya, plastik ini dilengkapi dengan gelembung atau buble di seluruh permukaannya. 

Dengan adanya gelembung pada bubble wrap menjadi perlengkapan kemasan wajib dan tidak dapat diabaikan bagi toko online. 

Apabila Anda menggunakannya sebagai lapisan terdalam saat mengemas produk, maka produk Anda akan lebih aman dan terlindungi dari benturan serta tekanan.

Baca juga: 5 Cara Mengirim Paket Ke Luar Kota yang Perlu Dipersiapkan 

3. Lakban

lakban

lakban

Perlengkapan kemasan untuk toko online ini akan melengkapi bubble wrap dan kardus sebagai pembungkus produk Anda. 

Lakban berfungsi sebagai perekat kuat, untuk menyatukan alat packing produk dan melindungi dari risiko benturan selama pengiriman. 

Lakban lebih dipilih daripada lem biasa karena daya rekatnya lebih terjamin kuat

Selain itu, lakban dapat menempel dan melekat pada berbagai jenis bahan kemasan, baik itu dari kardus, plastik, karton, hingga kayu. 

4. Styrofoam

styrofoam

styrofoam

Jika produk dari toko online Anda termasuk produk segar seperti sayuran, buah, atau ikan, penggunaan styrofoam biasanya sering dilakukan. 

Hal ini karena styrofoam memiliki sifat kedap air sehingga dapat membantu menjaga kualitas produk selama proses pengiriman. 

Di samping itu, ketebalan styrofoam yang memadai dapat melindungi produk dari risiko tekanan dan benturan selama perjalanan. 

Namun, perlu diingat bahwa styrofoam mungkin tidak menjadi pilihan ekonomis karena harganya cukup tinggi.

Baca juga: 6 Cara Membungkus Paket dengan Kardus, Anti Ribet!

5. Kertas

kertas

kertas

Bagi pemilik toko online, pemilik toko dapat memilih jenis kertas koran hingga kertas tipis dalam pengemasan. 

Penggunaan kertas ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan produk dan mengisi ruang kosong di dalam kardus, sehingga risiko benturan dapat diminimalisir. 

Dengan demikian, proses pengiriman menjadi lebih aman karena adanya kertas sebagai penyangga produk. 

Pelanggan dapat menerima produknya dalam kondisi optimal karena kualitasnya tetap terjaga.

6. Printed tape

printed tape

printed tape

 

Selain menggunakan lakban polos, terdapat opsi lain yaitu lakban cetak untuk meningkatkan keamanan kemasan produk. 

Secara umum, printed tape sangat sering digunakan untuk memberikan tanda atau tulisan seperti fragile atau handle with care. 

Jika produk Anda rentan terhadap kerusakan, penggunaan alat untuk packing ini dapat mengurangi risiko kerusakan pada kemasan. 

Anda dapat mendapatkan printed tape sesuai dengan informasi produk dan identitas toko online Anda melalui pilihan custom-made.

Baca juga: 7 Jenis Packing Barang yang Aman dan Melindungi

7. Karung

karung

karung

Alat untuk packing barang berikutnya, karung menjadi pilihan perlengkapan kemasan yang sesuai untuk ekspedisi pengiriman barang dalam skala besar di toko online Anda. 

Lazimnya, toko online yang mengirimkan produknya kepada agen reseller di berbagai wilayah seringkali menggunakan karung sebagai lapisan kemasan terluar produk. 

8. Kotak kayu

kotak kayu

kotak kayu

Alat untuk packing barang yang tak kalah penting bagi toko online, terutama yang fokus pada penjualan produk elektronik, adalah kotak kayu. 

Produk seperti barang elektronik dan pecah belah yang rentan dan membutuhkan perlindungan ekstra disarankan menggunakan kotak kayu. 

Dengan demikian, produk dapat sampai ke tangan pelanggan tanpa mengalami kerusakan yang signifikan.

Baca juga: Cara Mengatur Stok Barang, Pebisnis Wajib Tahu! 

Itulah perlengkapan alat untuk packing barang kemasan toko online yang perlu Anda miliki untuk memenangkan kepercayaan pelanggan. 

Penting untuk menyesuaikan setiap jenis kemasan dengan produk yang Anda jual agar dapat memaksimalkan fungsi kemasan dalam menjaga kualitas produk. 

Selain itu pilih juga jasa pengiriman barang terpercaya yang dapat membantu kepercayaan konsumen terhadap toko online Anda. TrawLbens adalah jawaban terbaik Anda! Kami menyediakan layanan pengiriman barang, pengiriman motor dan mobil, dan sewa truk. Download aplikasi pengiriman barang TrawLbens sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel