Home » Seputar Logistik » Cara Mengatur Stok Barang, Pebisnis Wajib Tahu!

Cara Mengatur Stok Barang, Pebisnis Wajib Tahu!

Pelajari Cara Mengatur Stok Barang

Sebagai seorang pebisnis yang terjun di dalam usaha logistik, perlu rasanya mengetahui bagaimana cara mengatur stok barang dengan baik, agar barang sedang disiapkan tidak mengalami kekurangan atau kelebihan stok dalam penyediaan. 

Jika dalam cara mengatur pengelolaan stok barang tidak baik, dapat mengakibatkan kerugian dan kita tidak bisa mendapatkan keuntungan maksimal untuk pendapatan akan didapatkan. Sebagai pengusaha penting rasanya mengetahui cara untuk mengatur dan mengelola manajemen stok barang dengan baik, agar usaha kini bangun tidak merugi dan bangkrut.

Sebaliknya jika bisa mengatur manajemen stok barang dengan baik, kita dapat mengetahui jumlah barang Anda miliki dan berapa barang sudah di produksi, Anda akan mendapatkan keuntungan besar. Beberapa cara mengatur stok barang dapat dilakukan dapat disimak pada uraian di bawah ini!

5 Cara Mengatur Stok Barang Untuk Pebisnis

5 Cara Mengatur Stok Barang Untuk Pebisnis

Jika kalian adalah seorang pebisnis dan ingin mendapatkan keuntungan besar terhadap bisnis sedang dibangun, perlu dimengerti bagaimana cara mengatur stok barang dengan manajemen benar dan pengelolaan sesuai dengan prosedur. berikut ini 5 cara mengatur stok barang perlu Anda perhatikan

1. Sediakan Tempat Penyimpanan

Cara mengatur stok pertama. Anda perlu menyediakan tempat penyimpanan dengan kapasitas cukup untuk barang-barang kini dimiliki. Tempat penyediaan barang ini perlu kalian tata rapi menggunakan rak dengan mengatur section-sectionnya agar lebih terorganisir dan tidak berantakan. Jika ada pesanan kalian tidak perlu bingung lagi mencari barang yang disimpan karena sudah tertata.

Pastikan Anda tidak menempatkan barang ke section salah, teliti saat menata barang agar tidak terjadi kesalahan penataan barang. 

2. Berikan Tanda Pada Barang

Agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pengambilan barang, Anda perlu memberikan tanda atau kode di setiap barang produksi. Tanda atau label dari suatu barang agar bisa mengenali masing-masing barang dan bisa menjadi sebuah pembeda antara barang satu dengan barang lain.

Penandaan barang juga berfungsi agar barang kini dimiliki tidak tertukar dengan barang lainnya, apalagi jika memiliki kedua barang bentuknya mirip, penanda tersebut sangat berguna untuk mempermudah kalian dalam mengenali dan mengklasifikasikan barang tersebut.

3. Lakukan Pencatatan Harian

Cara mengatur stok selanjutnya, Untuk mengatur dan mengecek barang setiap harinya, agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan barang,  perlu rutin untuk melakukan pencatatan harian pada setiap stok barang dalam setiap harinya, catatan harian ini juga berlaku untuk mengetahui keluar masuknya barang.

Setiap barang masuk dan keluar perlu dicatat agar tidak terjadi kesalahan dalam penghitungan stok barang masih tersedia. Pencatatan harian ini berfungsi sebagai pencatatan data setiap harinya mengenai ketersediaan stok barang masih ada.

4. Persiapkan Stok cadangan

Perlu persiapkan stok cadangan untuk berjaga-jaga stok biasanya disiapkan habis. Jika terjadi kelangkaan produk pada produk dijual, dan Anda masih menyimpan produk tersebut, barang itu bisa memiliki harga tinggi karena kelangkaan barang yang tersedia. kalian dapat memanfaatkan situasi sedang terjadi.

5. Kontrol Stok Barang Dengan Aplikasi

Cara mengatur stok terakhir, Agar kalian tidak melakukan penghitungan secara manual, dan memiliki hitungan yang akurat dengan kuantitas ketersediaan barang, Anda bisa menginput stok tersedia ke dalam aplikasi pengoperasian.

Jika kalian memiliki aplikasi keluar masuknya barang bisa langsung terdeteksi secara otomatis, karena apabila ada customer check out barang yang di jual, otomatis angka barang dari ketersediaan mengalami pengurangan.

Baca Juga: 7 Cara Mengirim Barang Melalui Ekspedisi

Penutup

Jika Anda merupakan seorang pebisnis perlu memperhatikan hal-hal kecil. Seorang pebisnis harus teliti dalam memeriksa setiap produk mereka miliki. Sebagai seorang pebisnis rasanya juga perlu mengetahui cara mengatur stok barang dengan prosedur yang benar, karena berperan besar terhadap keuntungan yang akan didapatkan.

Lakukanlah double check setiap harinya mengenai penulisan data ketersediaan barang, jangan sampai terjadi kesalahan walaupun kecil, kesalahan kecil diremehkan bisa menjadi besar jika tidak cepat mengevaluasi setiap kejadian sedang terjadi. Dengan mengaplikasikan cara mengatur stok barang telah yang telah kami jabarkan, kami yakin nanti Anda dapat mengatur manajemen barang menjadi lebih baik.

Sebagai pengusaha perlu rasanya memperluas jaringan koneksi untuk memasarkan produk yang Anda miliki serta meluaskan target pasar yang Anda tuju kepada sektor-sektor yang belum tersentuh. 

Troben Pack merupakan jasa pengiriman barang, bila Anda membutuhkan jasa ekspedisi cargo murah silahkan Download langsung Aplikasi Pengiriman Barang Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel