Home » Warehouse » Checker Gudang: 3 Tugas Utama dan Kualifikasi Ideal

Checker Gudang: 3 Tugas Utama dan Kualifikasi Ideal

Checker Gudang

Sebuah perusahaan, apapun niche bisnisnya, pasti memiliki gudang untuk menyimpan persediaan barangnya. Orang yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengelolaan gudang disebut checker gudang.

Checker gudang adalah orang-orang penting dalam perusahaan. Pekerjaan sebagai warehouse checker bertanggung jawab penuh atas operasionalisasi bagian warehouse production.

Profesi checker gudang merupakan posisi yang memegang peranan penting dalam dunia industri logistik dan jasa pengiriman barang. Tanpa kehadiran warehouse checker maka proses pengelolaan gudang dan pengiriman barang bisa terganggu.

Peran penting inilah yang menyebabkan banyak orang berkecimpung dalam pekerjaan ini. Tapi apa sebenarnya warehouse checker itu? Apa tugas dan tanggung jawabnya? Bagaimana klasifikasinya? Artikel ini akan membahas semua itu terkait checker gudang.

Apa itu Checker Gudang?

Menurut Job Description And Resume Examples, checker gudang adalah individu yang dipekerjakan secara permanen, paruh waktu, atau kontrak untuk memeriksa, memproses, menerima, memeriksa, dan menyimpan semua barang dagangan yang masuk dan ada di warehouse.

Lebih detailnya, ZipRecruiter, warehouse checker yang terdaftar memiliki berbagai tugas, termasuk menggunakan peralatan penimbangan industri untuk material curah, mengumpulkan data pengukuran material, dan mencatat sampel material sesuai arahan manajer warehouse.

Sedangkan SIRCLO Store mendefinisikan warehouse checker secara lebih ringkas sebagai orang yang bertanggung jawab memeriksa barang di gudang perusahaan.

Dari ketiga definisi di atas dapat disimpulkan bahwa checker adalah orang yang bertugas memeriksa barang yang ada di warehouse perusahaan.

Tanggung jawabnya meliputi menimbang, mengukur dan memeriksa bahan serta mencatat sampel bahan seperti yang diarahkan oleh pengawas warehouse.

Baca Juga: Mengenal Profesi Admin Warehouse, Lengkap dengan Tugasnya

Tugas dan Tanggung Jawab Checker Gudang

1. Melakukan Pengecekan Barang

Tugas seorang checker gudang yang pertama adalah memeriksa dan memeriksa setiap barang yang keluar atau masuk kedalam warehouse. Oleh karena itu, warehouse checker harus memahami jalur keluar dan masuknya barang.

Ada tiga jalur utama keluar masuknya barang ke gudang yang perlu diperhatikan checker, yaitu barang unloading. Barang unloading adalah barang pesanan dari penjual yang baru dibuka atau dibongkar.

Kedua, barang storage, yaitu barang yang disimpan di gudang untuk keperluan proses produksi. Checker gudang dapat mengambil alih barang yang sudah memiliki ID ini sesuai permintaan bagian produksi.

Terakhir, ada barang retur, maksudnya barang kembalian dari bagian manufaktur/produksi. Bagian produksi akan melakukan pengembalian barang jika barang rusak, proses produksi terhenti atau terjadi kesalahan pemesanan.

Baca Juga: Staff Gudang: Definisi, Tugas, dan Tanggung Jawab

2. Menjaga Kualitas Barang

Selain melakukan pengecekan dan kontrol barang, warehouse checker harus terus memastikan dan menjaga barang agar tetap dalam kualitas yang baik. Oleh karena itu, checker harus memastikan bahwa barang tersebut tidak rusak.

Tidak hanya kualitas isinya yang diperiksa, checker gudang juga harus memeriksa barang dari segi kemasannya. Tujuannya agar barang tetap dalam keadaan baik dan bagus.

Hal ini bukan tanpa alasan, seringkali bagian produksi tidak mau menerima atau bahkan mengembalikan barang yang kualitasnya buruk atau rusak. Hal ini tentu saja akan menjadi permasalahan lain di kemudian hari.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Inventory Control, Fungsi, dan Tugasnya

3. Membuat Laporan

Menyusun laporan adalah tugas dan kewajiban lain dari penjaga toko. Laporan ini dihasilkan ketika agenda kerja dan seluruh permintaan dari bagian produksi telah selesai dan terpenuhi. Laporan ini biasanya dibuat oleh pengontrol gudang sebelum berganti shift dengan pengontrol gudang lainnya.

Laporan ini nantinya akan menjadi acuan bagi personel kontrol dan akuntan warehouse di masa depan yang bertugas memasukkan data ke dalam laporan.

Laporan ini juga mencakup catatan barang-barang yang kehabisan stok atau out of stock. Jadi pengontrol harus menyiapkan laporan ini dengan sangat hati-hati untuk menghindari kesalahan.

Baca Juga: Gudang Sortir: Definisi, Sistem Kerja, dan Fungsinya

Kualifikasi Checker Gudang

Untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada seorang checker gudang, oleh karena itu ada beberapa kualifikasi yang perlu dipenuhi guna menunjang kinerjanya, yaitu:

1. Kemampuan Untuk Berpikir Kritis

Seorang checker gudang harus memiliki kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan masalah. Tentunya dalam mengelola operasional warehouse akan ada permasalahan atau kendala yang menyertainya sehingga pengelola gudang dituntut untuk bisa berpikir kritis.

Setidaknya warehouse checker harus mengatasi berbagai macam masalah yang dihadapi dalam menangani berbagai jenis operasi gudang.

2. Keterampilan Komunikasi

Kualifikasi yang harus dimiliki checker adalah komunikasi. Memiliki keterampilan komunikasi penting bagi setiap departemen kerja, termasuk checker gudang.

Ketika seorang warehouse checker memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ia dapat lebih efektif menyampaikan pesan baik kepada rekan kerja maupun atasannya.

Baik berkomunikasi secara langsung maupun tertulis, checker wajib memiliki keduanya sekaligus untuk menunjang kinerjanya.

3. Bisa Berkolaborasi Dalam Tim

Checker akan selalu berhubungan dengan berbagai pihak selama menjalankan proses pengoperasian gudang. Oleh karena itu, checker gudang juga harus memiliki keterampilan bekerja dengan tim.

Ketika checker gudang mempunyai kesempatan untuk berkolaborasi dengan rekan-rekannya, maka segala macam proses kerja yang dilakukan bersama oleh tim pasti akan berjalan lebih maksimal. Artinya seluruh proses operasional di perusahaan akan berjalan efisien dan efektif.

Baca Juga: Mengenal Beberapa Tipe Gudang Beserta Fungsinya

4. Memiliki Kemampuan Analisis Dengan Baik

Kualifikasi lain yang harus dimiliki oleh checker adalah kemampuan menganalisis berbagai hal dengan baik. Mengapa keterampilan ini begitu penting dan diperlukan?

Pasalnya, proses operasional yang berlangsung di gudang dapat menemui berbagai kendala dan banyak perubahan sistem. Untuk menghadapi kendala dan perubahan tersebut, kemampuan analisis dari checker gudang sangat diperlukan.

Ketika checker gudang memiliki kemampuan analisis yang baik, maka segala macam kendala dapat ditangani dengan baik dan pekerjaan yang dihasilkan dapat diselesaikan secara maksimal.

5. Mempunyai Pengetahuan Dalam Mengoperasikan Sistem Gudang

Saat ini, gudang di perusahaan mana pun sudah memiliki sistem operasional yang tidak lagi dioperasikan secara manual. Hampir semua perusahaan, terutama yang berskala besar, menggunakan banyak alat atau teknologi canggih dalam sistem gudangnya untuk membuat segalanya lebih praktis.

Oleh karena itu, pengontrol warehouse juga dituntut memiliki keterampilan yang baik dalam menangani sistem operasi warehouse. Checker merupakan salah satu profesi yang mempunyai peranan sangat penting dalam perusahaan.

Checker warehouse juga merupakan pekerjaan yang memerlukan ketelitian dalam mengelola dan menjaga kualitas persediaan. Karena tugas pekerjaan utama sangat luas, diperlukan ketelitian untuk bekerja di bidang ini.

Baca Juga: Tugas Operator Warehouse: Kunci Kesuksesan Logistik

Jadi secara singkat seorang checker gudang adalah seseorang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk membantu proses administrasi barang dagangan, menyiapkan permintaan produk dari bagian produksi dan juga melakukan aktivitas inbound logistik untuk mutasi persediaan.

Selain itu, seorang warehouse checker juga bertanggung jawab atas aktivitas manajemen gudang. Berprofesi sebagai checker memiliki peran dan tanggung jawab yang hampir sama dengan quality control atau QC.

Dalam pemeriksaan yang teliti, pemeriksaan sangat diperlukan karena akurat atau tidaknya data di lapangan juga akan mempengaruhi kinerja sistem komputer.

Apabila tidak sesuai dengan data di lapangan maka akan menimbulkan permasalahan yang besar, mempengaruhi pelaporannya, bahkan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu menjawab pertanyaan Anda! Yuk Download aplikasi sewa truk Troben sekarang, terdapat banyak pilihan sewa truk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel