Home » Seputar Logistik » Ketahui Sistem Logistik Dalam Pengiriman Barang Anda

Ketahui Sistem Logistik Dalam Pengiriman Barang Anda

Sistem Logistik dalam Pengiriman Barang

Logistik merupakan salah satu sektor penting di Indonesia. Sangat berkaitan dengan bidang usaha, menjadikan salah satu alasan mengapa sektor ini krusial. Mulai dari industri perdagangan, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya terbantu akan hadirnya logistik, karena dengannya pasokan atau suplai paket penting dapat terpenuhi, tidak terkecuali kebutuhan pokok.

Kegiatan logistik ini sangat erat kaitannya dengan banyak hal seperti proses pemesanan, organisir persediaan barang, alur transportasi, sistem informasi, komunikasi, serta penyimpanan. 

Semua hal tersebut terangkum satu dalam struktur bernama sistem logistik. Sistem logistik termasuk bagian penting dalam menyeimbangkan proses maupun pelayanan di sektor logistik. Maka dari itu, bagi Anda seorang pengusaha logistik ataupun orang yang ingin menggunakan jasa logistik perlu mengetahui sistem logistik secara seksama. Sehingga dapat menentukan pilihan jasa terbaik srkaligus berkualitas. 

Berikut, kami lampirkan mengenai sistem logistik, guna memastikan proses penyaluran, penyimpanan, pemeliharaan, serta pengiriman dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Kenali Perbedaan Logistik Dan Ekspedisi Ini Agar Tidak Salah

Pengertian Logistik secara Sederhana

Sebelum masuk ke pembahasan sistem logistik, Anda perlu mengetahui lebih lanjut mengenai sektor logistik. Sederhananya, logistik adalah sebuah perencanaan, penyimpanan, pelaksanaan, serts pengawasan pada suatu proses pengiriman berupa paket, jasa, sumber daya dan lain sebagainya dari suatu tempat ke tempat lainnya. Atau lebih jelasnya, logistik merupakan salah satu cara modern pada ekspedisi yang dilengkapi struktur beserta fungsi spesifik demi mencapai tujuan tertentu.  

Dengan struktur maupun alur spesifik memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin menggunakan jasa ini. Di mana hal ini juga termasuk pada tujuan logistik itu sendiri, mulai dari tujuan operasional yang dapat memenuhi stok, menghemat ongkir, serta menjaga paket agar tetap terjaga ketika sampai di tujuan. 

Demi mencapai keuntungan serta tujuan tersebut, perlu adanya sistem terstruktur sekaligus jelas, sehingga proses kirim berjalan dengan baik. Berikut beberapa komponen utama pada sistem logistik.

Sistem Logistik dalam Ekspedisi

Komponen di bawah ini merupakan indikator penting untuk menjaga jalannya proses logistik tetap berkualitas. 

  • Lokasi 

Komponen sistem logistik pertama adalah lokasi. Hal ini tidak hanya sekedar pengiriman dari satu tempat ke tempat lainnya. Lebih rumit dari itu jejaring lokasi juga erat kaitannya dengan dengan gudang, pabrik, dan lain sebagainya. 

Hal ini bertujuan guna memudahkan proses kirim berupa bahan olahan ke berbagai tempat. Serta hal ini juga menjadi bagian dari fasilitas logistik dalam ekspedisi ke banyak tujuan. 

Dalam hal ini perusahaan logistik perlu melakukan pemetaan serta perencanaan sistematis, guna memenuhi efesiensi. Selain itu pertimbangan mengenai pihak penerima, jarak, dan lain sebagainya perlu diperhatikan secara seksama. 

  • Kendaraan Untuk Menyalurkan Logistik

Komponen sistem logistik penting selanjutnya adalh transportasi atau kendaraan. Setelah jalur dan lokasi telah diatur sedemikian rupa, pemilihan armada yang sesuai untuk logistik tentunya perlu diperhatikan. 

Pemilihan transportasi ini haruslah disesuaikan dengan skala pengirimannya. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan hal lainnya seperti estimasi biaya, konsumsi bahan bakar, serta resiko. Agar proses kirim Anda berjalan lancar tanpa ada kendala. 

Dengan pertimbangan faktor di atas juga dapat mempengaruhi konsistensi juga pasokan barang. Terlebih teruntuk jasa logistik. semakin konsisten pengirimannya tentunya akan semakin dipercaya jasa Anda oleh konsumen, dan sebaliknya jika terjadi inkonsisten pada pengiriman maka akan memberikan citra buruk, sehingga mempengaruhi kualitas layanan.  

  • Persediaan Barang 

Keterjagaan pasokan barang,merupakan hal penting lainnya yang harus diperhatikan perusahaan. Faktor ketiga dari sistem logistik ini, merupakan sesuatu yang harus terpenuhi, tujuannya agar dapat memenuhi semua permintaan konsumen serta menghindari kelangkaan produk. 

Anda dapat menggunakan metode manajemen pengadaan persedian. Pengadaan persediaan dapat membantu Anda saat mengatur tingkat persediaan barang. Namun hal utama dalam manajemen persediaan ini adalah guna menjaga kuantitas sehingga target layanan dapat terpenuhi. 

  • Komunikasi

Dalam banyak hal komunikasi merupakan faktor penting. Adanya komunikasi akan memberikan kemudahan pada seluruh aktivitas logistik, dan sebaliknya jika komunikasi berjalan dengan buruk akan menimbulkan masalah serius serta rumit untuk dibenahi. 

Namun tidak hanya itu, dengan komunikasi buruk juga akan berimbas pada kekeliruan arus pengiriman sehingga terjadi masalah pada persediaan ataupun kepada pihak penerima logistik. 

Selain itu, komunikasi buruk akan menyebabkan turunnya reputasi perusahaan yang berimbas pada ketidakpercayaan konsumen, sehingga menimbulkan masalah jangka panjang. 

  • Penyimpanan Barang

Komponen terakhir sistem logistik adalah penyimpanan barang. Penyimpanan menjadi salah satu aspek penting di suatu operasional logistik, karena dapat memastikan pasokan tersedia.

Dalam komponen penyimpanan juga dilengkapi dengan banyak hal seperti pengemasan, organisir barang, serta pengepakan. Semua hal ini tentunya berkaitan guna memastikan aliran persediaan barang, sehingga kebutuhan atas produk dapat terjaga.

Tujuan dan Manfaat Logistik untuk Perusahaan 

Berkat sistem logistik baik dapat memberikan banyak keuntungan serta manfaat untuk perusahaan. Selain penting dalam pengiriman, adanya logistik juga dapat memberikan manfaat lain. 

Logistik memiliki tujuan utama, guna memastikan ketersediaan produk tepat waktu di lokasi sesuai. Demi mencapai tujuan ini, perusahaan melibatkan berbagai kegiatan logistik seperti pengadaan, produksi, beserta distribusi.

Fungsi logistik memiliki standar kinerja yang harus terpenuhi, menciptakan keseimbangan antara kualitas layanan yang diinginkan oleh pelanggan beserta biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dua faktor utama yang sangat mempengaruhi tingkat aktivitas logistik adalah pelayanan maupun biaya. Faktor pelayanan mencakup tingkat layanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Kedua, faktor biaya mencakup pengeluaran biaya perusahaan untuk menyediakan pelayanan berkualitas bagi pelanggan.

Baca juga: Apa Itu Estimasi Pengiriman: Pengertian, Faktor dan Contohnya

Demikian pengertian logistik beserta sistem logistik, serta manfaatnya. Adanya sistem logistik dapat membantu Anda dalam menyediakan pasokan barang serta hal lainnya seperti proses kirim cepat serta aman. 

Namun, untuk menjaga kualitasnya, pengiriman logistik memerlukan perencanaan baik, terstruktur, sera sistematis. Dengan prosedur baik, tidak hanya pengguna jasa logistik saja yang diuntungkan tapi juga reputasi perusahaan Anda akan meningkat seiring konsistennya kualitas layanan. 

Bagi Anda yang bingung dalam menentukan jasa logistik yang mengadakan sistem logistik berkualitas, Anda dapat mencoba jasa pengiriman layanan Tropack dari Troben. Salah satu perusahaan cargo ini memberikan banyak keuntungan menarik seperti pengiriman cepat, murah, beserta aman. 

Selain hal-hal tersebut, jasa pengiriman satu ini juga sangat memudahkan Anda dalam pemesanan jasa. Dengan layanan berbasis aplikasi, Anda dapat mengirimkan produk jual Anda hanya dari rumah saja. 

Tidak hanya itu, Troben juga menyediakan jasa pengiriman barang murah dan juga layanan tambahan seperti asuransi dan packing sehingga pengiriman Anda tetap terjaga sampai ke tujuan. Jadi tunggu apa lagi? Gunakan segera layanan kami lewat aplikasi pengiriman barang yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore. Nikmati berbagai layanannya sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel