Home » Seputar Logistik » Apa Itu Estimasi Pengiriman: Pengertian, Faktor & Contohnya

Apa Itu Estimasi Pengiriman: Pengertian, Faktor & Contohnya

Estimasi Pengiriman Barang

Saat Anda akan menggunakan jasa ekspedisi dan cargo murah untuk mengirimkan paket Anda, biasanya setiap jasa pengiriman itu akan menetapkan estimasi pengiriman berbeda-beda. Tetapi apakah sebelumnya Anda sudah mendengar istilah dari kata “Estimasi”?

Apa itu estimasi pengiriman? Bagi Anda yang sudah sering menggunakan jasa pengiriman pasti tidak asing dengan itu.

Estimasi itu memiliki pengertiannya sendiri, tidak hanya itu, terdapat adanya faktor mengapa adanya estimasi pada pengiriman.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail pembahasan mengenai perkiraan waktu pengiriman.

Penjelasan mengenai apa itu estimasi pengiriman akan dibahas pada paragraf dibawah ini.

Simak penjelasan ini baik-baik dan pahami agar Anda mendapatkan pemahaman baik mengenai apa itu estimasi pengiriman.

Baca juga: Begini Cara Membuat Kardus Packing Aman

Apa Itu Estimasi Pengiriman?

apa itu estimasi pengiriman

apa itu estimasi pengiriman

Apa itu estimasi pengiriman? Arti dari kata estimasi pengiriman adalah Prediksi atau perkiraan berapa lama paket dikirimkan sampai ke tempat tujuan.

Biasanya penghitungan estimasi pengiriman itu bisa dihitung melalui jarak dari kota asal ke kota tujuan, semakin jauh jarak antar kota, semakin lama juga barang kiriman itu sampai pada kota tujuan.

Agar mempersingkat estimasi biasanya jasa ekspedisi itu akan memberikan layanan-layanan, agar paket titipan Anda menggunakan jasa mereka lebih cepat sampai dibandingkan waktu normal.

Layanan- layanan itu seperti jasa ekspedisi sameday yang dapat mengirimkan barang dalam waktu satu hari saja.

Pilihlah opsi pelayanan yang tersedia dengan ketersediaan budget Anda.

Baca juga: 6 Cara Packing Paket Makanan yang Aman

Daftar Lama Estimasi Pengiriman JNE, J&T, Sicepat

Lama Estimasi Pengiriman JNE, J&T, dan Sicepat

Lama Estimasi JNE, J&T, Sicepat

Berikut kami berikan beberapa daftar estimasi ekspedisi dari 3 jasa ekspedisi ternama di Indonesia, JNE, J&T, Sicepat.

JNE

telah menjadi pionir dalam layanan kurir di Indonesia sejak tahun 1990, menawarkan tiga pilihan layanan utama: JNE Reguler, JNE OKE, dan JNE YES. JNE Reguler menyediakan ekspedisi standar dalam estimasi 2-3 hari, sedangkan JNE OKE menawarkan tarif ekonomis dengan perkiraan estimasi ekspedisi lebih lama, yaitu 4-7 hari. Sementara itu, JNE YES memberikan layanan ekspres dengan waktu sampai ke tujuan pada keesokan hari, termasuk hari Minggu & libur nasional, hanya dalam waktu 1 hari.

J&T Express

mulai beroperasi di Indonesia lima tahun yang lalu sebelum meluas ke Asia Tenggara, menjadi pilihan utama masyarakat untuk ekspedisi barang karena beroperasi 24 jam sehari. J&T menyediakan dua layanan utama, yaitu EZ J&T Eco dengan perkiraan waktu ekspedisi 5-14 hari & J&T Super dengan waktu ekspedisi cepat hanya dalam 1-2 hari.

Sicepat

sebagai pesaing terbaru dalam industri jasa kurir, menawarkan empat opsi layanan: Regular, Best, Cargo, dan Cash On Delivery. Layanan Regular Sicepat menjamin barang sampai dalam waktu 15 jam (khusus Jabodetabek & Bandung), Best memberikan layanan antar kota dan provinsi dalam waktu 1 hari, Cargo menjadi alternatif untuk barang berkapasitas besar dengan harga terjangkau dalam waktu 1-3 hari, dan Cash On Delivery hadir sebagai opsi pembayaran di tempat untuk ekspedisi dari situs belanja online, dengan waktu maksimal 8 jam.

Beberapa Faktor yang Dapat Mempengaruhi Estimasi Pengiriman

Pada umumnya setiap penyedia jasa ekspedisi itu memiliki estimasi berbeda untuk waktu ekspedisi barang. Seberapa cepat atau lamanya waktu pengiriman barang, biasanya disebabkan akan beberapa faktor hal lainnya. Pada paragraf dibawah ini adalah penjelasan mengenai apa apa saja yang bisa berpengaruh terhadap apa itu estimasi pengirimannya.

1. Pemilihan layanan Pengiriman

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi berapa lamanya perkiraan ekspedisi itu bisa terdapat pada pemilihan jasa ekspedisi Anda gunakan untuk mengirimkan paket. Beberapa layanan ekspedisi memiliki layanan ekspedisi berbeda. Contohnya, penggunaan jasa ekspedisi sameday, next day serta ekspedisi reguler memiliki durasi ekspedisi berbeda.

Biasanya ekspedisi dengan layanan reguler atau apa itu memiliki durasi lebih lama dibandingkan dengan pengiriman next day dan same day. Tentunya perbedaan layanan itu memiliki tarif berbeda. Semakin lamanya estimasi ekspedisi dibutuhkan, akan semakin murah juga tarifnya, semakin cepat perkiraan ekspedisi yang ditawarkan semakin besar juga pengeluaran biayanya. Pilihlah layanan sesuai dengan persiapan dana Anda.

2. Letak Lokasi Tujuan

faktor yang dapat memengaruhi estimasi pengiriman

faktor yang dapat memengaruhi estimasi pengiriman

Letak lokasi tujuan ekspedisi oleh pengirim juga dapat mempengaruhi apa itu lama pengirimannya.

Jika lokasi tujuan ekspedisi itu memiliki jarak jauh dan perlu memakan banyak waktu, apa itu barangnya tidak akan bisa sampai dengan sekejap dan memerlukan durasi berhari-hari.

Sebab apa itu paketmya tidak bisa dikirimkan dalam waktu sekejap, karena dalam proses ekspedisi perlu melalui berbagai macam tahapan proses yang perlu dilalui dan dikarenakan jaraknya cukup jauh, perlu menempuh durasi tidak sebentar untuk mengantarkan paket itu untuk sampai ke alamat tujuan. 

Salah satu lokasi daerah sulit untuk digapai seperti daerah pelosok di Indonesia, perlu memakan waktu tidak sebentar untuk mengantarkan barang ke apa itu tempatnya.

3. Terjadinya Insiden Saat Proses Pengiriman

Estimasi ekspedisi barang itu dapat dipengaruhi dengan terjadinya sebuah insiden ketika proses pengiriman. Apa itu insidennya bisa berupa berbagai macam hal seperti, cuaca buruk, terhambatnya perjalanan karena suatu hal seperti jembatan roboh, atau kerusakan pada armada truck yang digunakan. Apa itu hal-halnya terkadang tidak bisa Anda kontrol karena terjadi secara alamiah selama proses ekspedisi .

Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi lamanya waktu pengiriman juga seperti, terjadinya kecelakaan saat perjalanan dengan armada truk, karena itu pihak jasa ekspedisi harus menetapkan standar kemanan tinggi untuk supir.

Baca juga: Inilah 7 Tips Kirim Barang Murah. Pebisnis Wajib Tahu!

Contoh Layanan Estimasi Pengiriman Cargo

Pelayanan estimasi yang dimiliki oleh berbagai macam jasa pengiriman terdiri dari berbagai macam.

Setiap jasa pengiriman memiliki layanannya tersendiri dengan berbagai macam estimasi waktu berbeda dan biaya ongkos kirim berbeda juga. Berikut ini adalah salah satu contoh estimasi yang disediakan Troben.

1. Pengiriman Express 

Penggunaan layanan express itu biasanya digunakan untuk mengirimkan barang dengan jarak antar kota tidak terlalu jauh.

Sebagai contohnya ekspedisi Jakarta-Bandung hanya memakan waktu 1-2 hari untuk sampai ke alamat tujuan.

2. Pengiriman Reguler

Estimasi waktu untuk pelayanan reguler memakan waktu lebih lama.

Biasanya estimasi ekspedisi reguler digunakan untuk tujuan lokasi yang memiliki jarak jauh, seperti lokasi berbeda pulau.

Apa itu contohnya seperti Jakarta-Makassar, ekspedisi estimasi tersebut bisa memakan estimasi hingga 5-6  hari.

Penghitungan waktu ekspedisi reguler disesuaikan dengan seberapa jauhnya jarak diperlukan untuk barang sampai ke tempat tujuan.

Baca juga: Kenali Perbedaan Layanan Door to Door dan Port to Port

Kami berharap dengan adanya artikel ini, Anda mendapatkan informasi berguna mengenai dunia logistik dan ekspedisi barang. Jangan lupa untuk menggunakan jasa ekspedisi cepat dan terpercaya, untuk memastikan keamanan titipan barang kiriman kepada jasa ekspedisi. 

Jika Anda membutuhkan jasa ekspedisi terpercaya dan sudah berpengalaman, Troben adalah jawabannya. Dengan menggunakan jasa ekspedisi Troben, Anda bisa memeriksa estimasi ekspedisi pada kolom menu cek tarif pada website Troben.id

Barang kiriman Anda akan diproses oleh tim profesional kami. Kami menjamin, bahwa kami adalah ekspedisi dengan tarif termurah di seluruh Indonesia. Gunakan Troben sekarang juga! Download aplikasi ekspedisi cargo Troben atau hubungi CS kami untuk order layanan!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel