Home » Seputar Logistik » Apa Itu Towing Mobil Beserta Fungsi dan Cara Kerja

Apa Itu Towing Mobil Beserta Fungsi dan Cara Kerja

towing mobil

Apa itu towing mobil? Apakah serupa dengan mobil derek? pertanyaan ini mungkin muncul di benak banyak orang yang baru mengenal dunia otomotif.

Namun, perlu kita ketahui bersama bahwa meskipun memiliki fungsi yang mirip, ternyata mobil derek dan towing itu adalah dua jenis layanan yang berbeda.

Sebagai pengemudi mobil, penting untuk mengetahui dua jenis layanan ini, apalagi jika kendaraan Anda memerlukan pengangkutan mendadak, seperti mogok, kecelakaan, dan insiden lainnya.

Agar Anda tidak salah kaprah dalam memahami fungsi towing mobil yang sesungguhnya, Anda dapat menyimak artikel ini hingga tuntas.

Artikel ini dapat memberikan panduan yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kendaraan Anda di saat mengalami insiden yang memerlukan pengangkutan mendadak.

Fungsi Towing Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi Towing Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi Towing Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jasa Towing Mobil Terbaik Cek Sekarang!

Merujuk kepada istilah towing itu sendiri, towing merupakan proses pengangkutan kendaraan menggunakan truk khusus yang dilengkapi dengan peralatan menarik di bagian belakangnya. 

Beda halnya dengan fungsi derek, towing berfungsi untuk mengangkat body mobil secara keseluruhan, sedangkan derek hanya menderek bagian roda depan atau belakang saja.

Pengangkatan kendaraan yang mengalami kendala saat perjalanan biasanya diangkat oleh towing dengan peralatan towing seperti tali, bar, dan trailer. 

Adapun penggunaan jenis kendaraan r tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kendaraan yang mengalami beberapa permasalahan di jalan, seperti kecelakaan, mogok, terjebak banjir, dan mogok, bahan bakar yang habis secara tiba-tiba, dan insiden lainnya.

Selain mengatasi permasalah di atas, mobil towing ini dapat membantu Anda untuk mengirim berbagai jenis kendaraan kecil roda 4 dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Tarif penggunaan layanan ini ditentukan jarak tempuh dan berat kendaraan yang diangkut.

Dengan pemahaman yang dipaparkan di atas tentang fungsi towing dan manfaat towing mobil, Anda akan lebih aware dalam menghadapi segala insiden yang kemungkinan mendadak terjadi saat perjalanan. 

Cara Kerja Towing Mobil Gendong dan Hidrolik

Cara Kerja Towing Mobil Gendong dan Hidrolik

Cara Kerja Towing Mobil Gendong dan Hidrolik

Baca Juga: Perbedaan Derek dan Towing Dalam Proses Pengangkutan Mobil!

Cara kerja towing mobil gendong dan hidrolik pada dasarnya berbeda dalam proses pengangkutan berbeda. Berikut penjelasan cara kerja dari dua jenis towing tersebut.

Proses pengangkatan kendaraan oleh towing gendong biasanya melibatkan proses yang signifikan, mulai dari mendekatkan kendaraan dengan peralatan penarik seperti tali atau rantai.

Setelah itu, peralatan penarik tersebut dikaitkan ke bagian depan atau belakang kendaraan yang diangkut. Jika, penarik tersebut telah dikaitkan, towing gendong akan menaikkan kendaraan secara perlahan ke bagian bak angkut dari mobil towing gendong.

Berbeda cara pengangkutan yang berbeda dengan towing gendong, towing hidrolik dapat mengangkat kendaraan dengan menurunkan lengan derek yang diturunkan ke permukaan tanah. Setelah itu, kendaraan dinaikkan tepat di atas bak tersebut hingga terangkat otomatis dengan sistem hidrolik.

Selain itu, Jika Anda merasa bingung dalam mengirimkan mobil ke lokasi yang dituju, Anda dapat menggunakan layanan jasa pengiriman mobil TrawLbens yang terjamin keamanannya.

Caranya, cukup mengunduh aplikasi TrawLbens di Play Store atau App Store pada smartphone kesayangan Anda, kami siap menjemput kendaraan Anda di lokasi yang Anda tentukan kemudian mengantarkannya ke lokasi yang Anda inginkan.

Penutup

Sekarang Anda tidak perlu bertanya lagi apa itu towing mobil dan fungsinya. Dari pemaparan yang telah kami paparkan di atas, kita telah mengetahui bersama bahwa mobil towing adalah kendaran yang dikhususkan untuk mengangkat kendaraan lain yang mengalami kendala saat perjalanan.

Tentunya, jenis kedua towing, baik towing gendong dan towing hidrolik memiliki peran yang penting dalam membantu kendaraan Anda yang mengalami kendala seperti mogok ataupun kecelakaan. 

Begitupun jika Anda memiliki keperluan untuk mengirim mobil ke lokasi tertentu, layanan jasa pengiriman mobil TrawLbens yang didukung armada towing mumpuni siap membantu Anda dengan tarif murah dan jaminan aman sampai tujuan.

Dengan pemahaman ini, semoga Anda lebih siap lagi dalam menghadapi situasi darurat pada saat berkendara di jalan dengan memanfaatkan layanan towing sebagai solusi yang dapat mengatasi kendala Anda. 

Trawlbens menyediakan jasa pengiriman mobil bernama TrawLcarier yang mampu mengirimkan mobil Anda hingga ke seluruh Indonesia dengan tarif termurah. Download Aplikasi Cargo Ekspedisi Sekarang Juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel