Home » Seputar Logistik » Begini Cara Membuat Kardus Packing Aman

Begini Cara Membuat Kardus Packing Aman

Cara Membuat Kardus Packing

Saat Anda akan mengirimkan barang, pasti memerlukan sebuah kardus sebagai tempat tatakan barang yang akan digunakan. Siapkan kardus lalu sesuaikan dengan ukuran barang yang akan dikirimkan, semakin banyak barang akan dikirimkan semakin besar juga kardus packing nantinya diperlukan untuk membungkus barang. Ada cara membuat kardus packing secara aman buat mengirimkan barang.

Dalam mempacking barang yang akan dimasukan ke dalam kardus terdapat langkah-langkah perlu diketahui agar barang Anda packing terjaga dengan aman. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara membuat kardus packing secara benar dan aman, dalam membuat sebuah kardus packing tidak asal-asalan.

Berikut ini adalah langkah-langkah dan cara membuat kardus packing kuat, aman dan detail dengan informasi terkait mengenai pengiriman tercantum pada kardus packing, Simak.

7 Cara Membuat Kardus Packing Aman Untuk Paket

Cara Membuat Kardus Packing Yang Aman Untuk Paket

Baca Juga: Cara Packing Aman Tanpa Bubble Wrap

Agar paket yang dikirimkan sampai dengan kondisi aman dan tetap terjaga, perlu mempelajari langkah-langkah cara membuat kardus packing yang aman dan kuat untuk nanti dipakai sebagai wadah pengiriman barang. Berikut ini 7 cara perlu Anda lakukan untuk mempacking kardus. 

1. Cetak Resi Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencetak resi terlebih dahulu sebelum membuat sebuah packingan kardus. Tujuannya adalah untuk mencantumkan informasi secara lengkap mengenai pengirim maupun penerima paket, pastikan alamat dan nama tercantum tidak salah sebelum di tempelkan di kardus.

  • Sesuaikan Ukuran

Anda perlu menyesuaikan kardus yang akan gunakan, apakah kardus tersebut memiliki bentuk besar ataupun bentuk kecil. Sesuaikan kebutuhan berdasarkan banyaknya barang dan paket akan kirimkan, pastikan kardus akan digunakan muat untuk menampung semua barang akan dipacking. hal ini sangat penting dalam membuat packing menjadi sesuai dengan kebutuhan pengiriman.

  • Lakban Sisi Kardus

Setelah cara-cara diatas sudah dilakukan, mulailah untuk menyusun kardus dengan cara merekatkan sisi-sisi kardus dengan lakban telah disiapkan. Lakukan langkah ini secara perlahan dan jangan terburu-buru, pastikan setiap sisinya di rekatkan dengan rapi dan tidak mengalami kebocoran di setiap sisi direkatkan. merekatkan lakban juga membuat setiap sisi kardus menjadi tertutup rapat.

  • Masukan Barang

Jika kardus sudah terbentuk dengan rapi, maka sudah siap untuk dimasukan kedalam kardus sudah dirakit. Masukan barang ke dalam kardus satu persatu tata barang dengan rapi, jangan membuat adanya ruang kosong agar memaksimalkan penyimpanan kardus tersedia. Jangan lupa untuk sediakan koran sebagai pelindung tambahan.

  • Tutup Sisi Kardus

Apabila semua barang sudah Anda masukan kedalam kardus secara rapi dan bersamaan, langkah selanjutnya adalah tutup setiap sisi kardus menggunakan lakban coklat sudah disiapkan. Agar packing lebih aman lapisi kardus menggunakan bubble wrap untuk meminimalisir terjadinya pecah atau kerusakan di dalam kardus.

Anda juga bisa menggunakan kresek hitam sebagai membuat pelindung kardus agar tidak terkena air dan tidak basah, sehingga permukaan kardus tetap aman dan terjaga.

  • Lapisi Kardus

Anda juga bisa menggunakan kresek hitam sebagai pelindung kardus agar tidak terkena air dan tidak basah, sehingga permukaan kardus tetap aman dan terjaga. Penggunaan lapisan kardus ini agar memberikan ekstra pengamanan, karena kardus mudah rusak jika terkena air dapat mudah robek dan terjadi kebocoran terhadap kardus.

  • Tempelkan Resi

Jika sebelumnya Anda sudah mencetak resi pada tahap awal cara membuat kardus packing, pada langkah terakhir Anda perlu menempelkan resi sudah dicetak. Setelah resi sudah melalui proses double cek, Anda sudah bisa melakukan pengiriman.

Penutup

Dalam mengirimkan sebuah paket atau barang perlu mempelajari terlebih dahulu mengenai cara membuat kardus packing dengan cara aman. Anda perlu melakukan prosedur-prosedur sesuai diatas secara bertahap, pastikan tidak ada langkah yang terlewatkan dalam membuat sebuah kardus packing. Pengetahuan mengenai cara membuat kardus packing ini perlu diketahui dikarenakan aktivitas pengiriman sekarang ini sangat sering dilakukan orang-orang. 

Jika sewaktu-waktu mendapatkan giliran untuk mengirimkan barang, Anda tidak perlu bingung lagi karena sebelumnya sudah mempelajari bagaimana cara untuk membuat sebuah packing kardus. Semoga Artikel ini bisa membantu Anda yang sedang kebingungan bagaimana cara untuk membuat packingan kardus secara benar dan aman.

Bila Mancari layanan Jasa pengiriman barang yuk gunakan Tropack jasa ekspedisi cargo dengan tarif lebih hemat, langsung saja Download Aplikasi Pengiriman Barang Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel