Home » Seputar Logistik » Cara Packing Aman Tanpa Bubble Wrap

Cara Packing Aman Tanpa Bubble Wrap

Cara Packing Tanpa Bubble Wrap

Bubble wrap menjadi salah satu bahan yang paling banyak dan sering digunakan dalam pengemasan barang. Salah satu bahan packing ini dinilai efektif dalam melindungi barang ketika pengiriman berlangsung, sebab gelembung udara pada bubble wrap mampu menahan benturan dari lingkungan luar. Namun Tahukah Anda? ada cara packing tanpa Bubble Wrap tapi tetap aman lho.

Walaupun terbilang efektif sebagai bahan pembungkus, nyatanya bubble wrap memiliki harga yang cukup mahal. Selain itu, seringkali bubble wrap memberatkan paket ketika pengiriman melalui jasa ekspedisi sehingga tarif ongkir yang harus dibayarkan sedikit lebih mahal dari seharusnya. 

Guna menghindari tersebut, mungkin Anda ingin mencoba cara packing tanpa bubble wrap, dengan memanfaatkan bahan-bahan packing yang mudah ditemui dan pastinya terjangkau.

4 Cara Packing Tanpa Bubble Wrap

4 cara packing tanpa bubble wrap

Baca Juga: 7 Cara Packing Barang Elektronik Anti Rusak 

Guna memberikan rasa aman pada paket Anda, cara packing tanpa Bubble Wrap berikut ini mungkin bisa Anda ikuti. Selain itu, cara ini merupakan solusi tepat sebagai pengganti bubble wrap yang memiliki harga cukup mahal. Simak penjelasannya di bawah ini!

  • Cari Alternatif Bahan Packing

Mencari alternatif bahan lain untuk menggantikan bubble wrap menjadi cara pertama yang dapat Anda lakukan Kertas koran, handuk, kardus daur ulang, hingga pakaian bekas merupakan sedikit dari banyak bahan yang dapat digunakan. 

Setelah menemukan bahan alternatifnya, disarankan untuk Anda menyesuaikan bahan tersebut dengan barang kiriman, sehingga bahan packing dapat bekerja secara maksimal melindungi paket Anda.

  • Bungkus Paket Secara Berlapis 

Setelah selesai dibungkus, pastikan lagi keamanan packing anda dengan membungkusnya satu kali lagi secara berlapis. Anda dapat menggunakan bahan-bahan daur ulang packing sebelumnya seperti kardus, kain, atau lain sebagainya untuk melakukan hal ini. Membungkus paket secara berlapis, bertujuan agar dalam pengiriman dapat memperkecil kerusakan ketika terjadi benturan.

Baca Juga: Warehouse Management System: Contoh, dan Fitur-Fiturnya

  • Minimalisir Celah Packing

Selain membungkus paket secara berlapis, jika Anda menggunakan packing kardus, minimalisir lah celah pada packing Anda. Dengan banyaknya celah yang terdapat pada packing, meningkatkan resiko benturan, karena paket memiliki ruang kosong sehingga dapat bergerak. 

Gunakanlah bahan-bahan lembut seperti kain, busa, ataupun kertas untuk mengisi celah pada packing. Bahan-bahan tersebut mampu menyesuaikan bentuk ruang kosong yang ada pada packing.

  • Gunakan Packing Kayu 

Cara terakhir yang dapat memastikan paket pengiriman Anda aman sampai ke lokasi pengiriman adalah dengan menggunakan packing kayu. Selain menjadi standar pengiriman, menggunakan packing kayu pada paket pengiriman merupakan cara yang efektif terlebih jika produk tersebut merupakan barang elektronik. 

Packing kayu dinilai kuat dari segala jenis cuaca, serta memiliki ketahanan yang baik dalam mengantisipasi goresan, benturan, bahkan tekanan mekanik saat pengiriman berlangsung. 

Tips dan Cara packing Tanpa Bubble Wrap

Tips dan Cara packing Tanpa Bubble Wrap

Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara packing tanpa Bubble Wrap silahkan ikuti cara list dibawah ini.

1. Gunakan Kertas Koran atau Majalah

Gulung benda yang akan Anda bungkus dengan kertas koran atau potongan majalah. Ini akan memberikan lapisan tambahan untuk melindungi barang dari goresan dan benturan.

2. Handuk atau Kain Tebal

Bungkus barang dengan handuk atau kain tebal. Selain melindungi dari benturan, ini juga dapat membantu mengisi ruang kosong di dalam kotak.

3. Pakaian sebagai Pelindung

Manfaatkan pakaian Anda sebagai pelindung. Bungkus barang dengan pakaian yang tidak terlalu ringan, seperti sweater atau jaket tebal.

4. Kardus Bekas atau Kotak Kayu

Gunakan kardus bekas atau kotak kayu untuk memberikan perlindungan ekstra. Pastikan kardus tersebut dalam kondisi baik dan kuat.

Baca Juga: 6 Ekspedisi yang Bisa COD, Pembayaran Jadi Lebih Mudah!

5. Isi Celah dengan Kertas atau Serbuk Popcorn

Isi celah di antara barang dengan kertas gulung atau serbuk popcorn yang dapat didaur ulang. Ini membantu mengurangi gerakan barang di dalam kardus.

6. Gunakan Bola Kertas atau Kain Sisa

Bentuk bola dari kertas bekas atau gunakan kain yang tidak terpakai untuk membungkus benda-benda kecil dan membantu mengamankan mereka.

7. Pisahkan Barang yang Rapuh

Jika Anda memiliki barang yang mudah pecah, pastikan untuk memisahkan mereka dengan lapisan yang cukup tebal. Gunakan kain atau kertas tambahan untuk melindungi setiap item.

8. Label dengan Jelas

Pastikan untuk memberi label pada setiap benda yang Anda bungkus. Ini membantu pengendara pengiriman atau siapa pun yang menangani barang untuk memperlakukan paket dengan hati-hati.

9.Lapisan Ganda dengan Kardus

Jika barang Anda sangat rapuh, pertimbangkan untuk menggunakan lapisan ganda kardus. Tempatkan barang di dalam kardus pertama, dan kemudian masukkan kardus tersebut ke dalam kardus kedua untuk perlindungan ekstra.

10. Gunakan Kantong Kertas atau Kantong Belanja Kain

Barang yang lebih kecil dapat ditempatkan dalam kantong kertas atau kantong belanja kain untuk memberikan lapisan tambahan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengetahui cara packing tanpa bubble Wrap. Semoga barang-barang Anda tetap utuh selama perjalanan!

Baca Juga: Pelajari Jenis dan Tips Memilih Mobil Ekspedisi di Sini!

Penutup

Demikian 4 cara packing tanpa bubble wrap yang dapat Anda lakukan. Penting bagi Anda memperhatikan penggunaan bahan packing. Bahan daur ulang seperti kertas, kain, busa, hingga pakaian bekas dapat menjadi pilihan Anda. Bahan-bahan tersebut digunakan demi menekan biaya packing agar jauh lebih terjangkau serta mencegah kerusakan lebih lanjut terhadap lingkungan akibat limbah pengemasan.

Tidak hanya itu, teknik dan cara packing pun perlu diperhatikan guna keamanan barang. Mulai dari memberikan packing yang berlapis, mengisi ruang dalam paket, serta menggunakan packing berstandar nasional, seperti packing kayu. 

Semua hal itu dilakukan, demi terjaganya paket Anda sampai ke lokasi tujuan. Selain empat hal di atas, memilih dan menggunakan jasa pengiriman paket yang terpercaya juga menjadi cara yang efektif untuk Anda guna memastikan paket pengiriman Anda aman.

Jika Anda membutuhkan jasa ekspedisi cargo murah yang mampu memberikan layanan packing yang aman Troben adalah pilihan tepat. Jadi tunggu apa lagi? Segera Aplikasi Pengiriman Barang Troben dari Sekarang Juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel